Berburu kuliner merupakan hal yang wajib dilakukan saat kita berwisata ke suatu tempat. Salah satu destinasi wisata kuliner yang terkenal adalah Kota Solo, dan Solo terkenal dengan sebutan "gudang kuliner". Berbagai macam makanan, minuman maupun jajanan khas Kota Solo sangat mudah ditemui di berbagai sudut Kota Solo. Lidah Minasan akan dimanjakan dengan citarasa makanan dan minuman khas Solo yang tersebar di kota tersebut.
Namun, tidak semua kuliner Solo cocok bagi Minasan yang sedang melakukan diet. Sebagian besar dari jenis makanan dan minuman di Solo merupakan "sumber kolesterol" dan "sarat lemak". Sebut saja nasi liwet, tengkleng, timlo Solo, gudeg ceker, sate buntel, gule goreng dan sebagainya. Bagi Minasan yang sedang menjalani diet, jangan berkecil hati, ada 5 jenis makanan khas Solo yang bisa bersahabat dengan program diet. Apa saja kelima jenis makanan dan minuman itu? Yuk kita lihat satu per satu.

1. Bakmi Toprak

Kuliner sehat Solo yang pertama adalah Bakmi Toprak. Jika Minasan tinggal di Jakarta, mungkin akan membayangkan Bakmi Toprak ini mirip dengan Ketoprak Jakarta. Namun kenyataannya sangat berbeda. Jika ketoprak Jakarta berisi lontong, kecambah dan tahu yang dilengkapi dengan sambel kacang, maka tidak dengan bakmi toprak Solo. Bakmi toprak Solo merupakan makanan segar berkuah bening. Isian dari bakmi toprak adalah mie kuning, irisan kol, tahu tempe goreng, telur dan sosis, yang kemudian disiram dengan kuah kaldu bening, dan dilengkapi dengan irisan tetelan daging sapi serta taburan selederi dan bawang goreng.

2. Tahu Kupat Solo

Jenis kuliner sehat yang kedua adalah tahu kupat. Dari namanya, tentu sudah dapat ditebak bahwa kuliner ini berbahan dasar tahu dan kupat (ketupat). Berbeda dengan tahu kupat Magelang, tahu kupat Solo tidak menggunakan bumbu kacang untuk kuahnya. Selain tahu dan kupat, bahan lain yanh disajikan dalam makanan ini adalah bakwan, mie kuning, touge, dan kol. Semua bahan tersebut diletakkan di atas piring lalu disiram dengan kuah. Kuah tahu kupat terbuat dari bawang putih, gula merah, gula pasir, kecap manis, garam, dan daun jeruk. Jika Minasan penyuka pedas, dapat menambahkan cabai. Sebagai pelengkap, taburi dengan selederi dan kacang goreng.

3. Selat Solo

Selat Solo merupakan makanan sehat yang juga dapat Minasan jumpai saat berwisata ke Solo. Selat Solo ini merupakan sebuah asimilasi western taste yang dipadukan dengan local taste. Jika dilihat, penyajian selat Solo mirip dengan penyajian steak ala Barat. Irisan tipis daging yang dipadu dengan sayuran rebus (buncis, kentang dan wortel) dilengkapi dengan telur pindang dan mayonaise, yang kemudian disiram dengan kuah kecap encer. Mengenyangkan sekaligus menyehatkan bukan?
source: http://www.surakarta.go.id/sites/default/files/selat%20segar.jpg

4. Pecel Ndeso

Pecel ndeso yang ditemui di Solo, pada dasarnya sama seperti kebanyakan pecel di daerah lain, yaitu berupa nasi dan sayuran rebus yang disiram dengan sambal. Namun, yang membedakan adalah jenis nasi dan sambal yang digunakan. Pecel ndeso di Solo, menggunakan nasi merah dalam penyajiannya. Sedangkan untuk sambalnya, pecel Ndeso Solo menggunakan sambel wijen putih atau hitam. Jenis sayuran yang biasa digunakan untuk isian pecel ndeso adalah jantung pisang, kenikir, daun petai cina, bunga turi dan kacang panjang.
source: http://www.surakarta.go.id/sites/default/files/pecel-ndeso.jpg
Pecel ndeso ini sangat cocok disantap Minasan yang sedang menjalankan program diet, karena kaya akan serat dan protein.

5. Tahok

Kuliner sehat khas Solo yang terakhir adalah makanan yang berasal dari Cina, yaitu Tahok. Tahok terdiri dari ampas kedelai yang menggumpal seperti agar-agar lembek, yang kemudian disiram dengan kuah berbahan dasar jahe, gula merah, daun sereh, dan pandan. Selain menghangatkan, tahok menyimpan banyak manfaat, antara lain tahok merupakan sumber kalsium yang dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis, mengandung senyawa yang menyerupai estrogen sehingga memiliki manfaat menunda menopouse dan mencegah kanker prostat bagi laki-laki.
source: http://www.surakarta.go.id/sites/default/files/Tahok.jpg
Minasan juga dapat mencoba menu tahok untuk mendukung program diet, karena tahok juga dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Sangat menggoda untuk dicoba bukan?
Bagi Minasan yang ingin berwisata kuliner di Solo namun takut akan bayang-bayang kolesterol dan lemak yang menggunung, dapat mencoba kelima kuliner khas Solo di atas. Hati senang, tubuh pun tetap sehat dan terbebas dari lemak.