Bayam

Sayuran hijau ini banyak sekali mengandung zat besi. Untuk pasca kelahiran zat besi ini dapat membantu untuk memproduksi sel-sel darah baru yang banyak hilang saat proses kelahiran. Selain itu fungsi bayam juga sebagai sumber kalsium yang baik untuk perkembangan tulang.

Jeruk

Buah jeruk ini banyak sekali mengandung vitamin C yang berguna untuk menambah tenaga. Jika dibandingkan, pasca melahirkan ini jauh lebih banyak membutuhkan vitamin C daripada saat sedang hamil. Selain itu, vitamin C juga membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga Minasan akan terlindung dari serangan penyakit.
source: https://secrettkitchen.wordpress.com/2012/02/22/fresh-produce-from-the-debeche-garden/

Air Putih

Air putih ini dibutuhkan bukan hanya untuk mencegah dehidrasi saja, tetapi juga bisa membantu memproduksi ASI.
Jika saat Anda hamil Anda memerlukan konsumsi 2,5 liter air per hari, maka saat menyusui Anda perlu menambah konsumsi air minum Anda menjadi 3 liter dalam sehari. Air yang cukup dalam tubuh juga membantu mengatasi masalah konstipasi yang biasa dialami oleh wanita pasca melahirkan.
source: http://majalahonlinewanitaindonesia.com/makanan-tepat-bagi-ibu-pasca-melahirkan.html

Pisang

Manfaat pisang memang sangat banyak sekali. Salah satunya adalah jika dikonsumsi oleh Minasan yang mengalami pasca melahirkan, karena pisang dapat mencegah pendarahan berlebih.
source: http://www.financialgazette.co.zw/govt-engages-sa-to-lift-banana-ban/
Selain itu, buah pisang ini juga bisa dijadikan menu diet untuk mengecilkan perut. Satu lagi yang tidak kalah penting yaitu pisang juga bisa merapatkan organ intim setelah proses kelahiran.

Susu

Susu yang harus Minasan pilih di sini adalah susu rendah lemak.
Susu dan produk susu sangat penting untuk ibu yang menyusui karena dapat memberikan banyak protein dan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Kedua nutrisi ini akan hilang dari tubuh seorang ibu saat mereka menyusui.
source: https://klinikpengobatanalami.wordpress.com/2013/10/26/makanan-sehat-pasca-melahirkan/

Ikan

Banyak mitos yang berkembang mengatakan bahwa jika setelah melahirkan dilarang mengonsumsi ikan. Hal itu tidaklah benar, justru dalam ikan banyak sekali kandungan protein yang berguna untuk proses penyembuhan luka, baik luka pada jahitan maupun pada dinding rahim.
source: http://nypost.com/2015/03/24/this-mega-market-is-the-eataly-of-french-food/
Selain itu, ikan adalah sumber omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi otak bagi bayi.

Cuka Apel

Nah, kalau yang ini merupakan makanan yang bisa mengembalikan bentuk tubuh Minasan seperti sebelum melahirkan. Hal ini dikarenakan cuka apel banyak sekali mengandung asam asetat yang berguna untuk mengkikis timbunan lemak berlebih dalam tubuh. Sehingga berat tubuh Minasan bisa kembali normal. Akan lebih baik jika cuka apel ini dikonsumsi secara rutin.