Kulit Kusam Pasca Melahirkan? No Way

Setiap wanita yang baru saja melahirkan tentu memiliki impian untuk kembali menjadi cantik seperti saat sebelum hamil. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit wanita yang justru memiliki penampilan berbeda 180 derajat dari saat sebelum hamil. Perubahan juga terjadi pada kondisi kulit wajah. Sebagian besar wanita yang baru melahirkan mengalami perubahan kulit wajah menjadi kering, kusam, berjerawat, dan keluar bintik-bintik. Tidak sampai di situ, kondisi tersebut diperparah dengan keluarnya kantung mata akibat kelelahan merawat buah hati yang baru lahir.

Kulit Terlihat Kusam dan Gelap

Kondisi kulit wajah pada wanita pasca melahirkan dipengaruhi oleh hormon yang naik turun. Perubahan hormon tersebut menyebabkan munculnya masalah kulit, yang disebut melasma. Melasma adalah keluarnya bercak-bercak pada bagian kulit wajah yang terpapar matahari, seperti dahi, pipi, dan daerah sekitar bibir. Kulit wajah akan terlihat lebih gelap dan kusam.
Pada masa kehamilan, kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh sangat tinggi sehingga meningkatkan kadar cairan dan garam dalam tubuh, yang berefek pada kekenyalan kulit. Kondisi tersebut berubah drastis pada masa setelah melahirkan, kadar air dan garam dalam tubuh akan menurun, sehingga kulit terlihat tidak segar dan layu. Kondisi alamiah tubuh pasca melahirkan, diperparah dengan situasi sang Ibu. Ibu akan sibuk dengan bayi yang baru dilahirkannya sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk merawat diri, meskipun hanya sekedar mengolesi pelembab pada wajah.

Perawatan Kulit Wajah Pasca Melahirkan

Minasan tidak perlu khawatir, karena kondisi kulit pasca melahirkan yang bagaikan momok ini akan kembali normal secara alami dalam dua atau tiga bulan. Melasma akan berangsur memudar meskipun tidak akan hilang sepenuhnya. Untuk mempercepat prosesnya, Minasan dapat melakukan perawatan-perawatan di bawah ini secara intensif.

1. Menghindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari langsung akan memperparah kondisi kulit wajah. Karena hormon estrogen dan progesteron membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Minasan sebaiknya menghindari terlalu lama beraktivitas di bawah paparan sinar matahari.

2. Memakai Krim Wajah Dengan Kandungan Vitamin C, E, dan A

Vitamin C, E, dan A membantu melembabkan kulit dan menjaga kekenyalan kulit wajah. Gunakan krim tersebut dua kali sehari sambil dipijat perlahan supaya meresap. Selain itu, Minasan juga dapat mencoba mengaplikasikan minyak zaitun atau minyak almond pada wajah Minasan.

3. Oleskan Pelembab atau Lotion Oil Setelah Mandi

Oleskan pelembab atau lotion oil yang dapat mengunci kelembaban kulitmu tepat setelah mandi karena kondisi kulit masih lembab dan pori-pori masih terbuka.

4. Hindari Penggunaan Sabun yang Bersifat Kering

Membersihkan wajah merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Jika Minasan menggunakan sabun untuk membersihkan wajah, hindari memilih sabun yang membuat kulit kering. Karena kulit yang kering akan memperparah kondisi kulit Minasan.

5. Gunakan Kosmetik yang Mengandung SPF

Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunblock atau krim yang mengandung SPF jika akan melakukan aktivitas di bawah terik matahari, minimal SPF 15. SPF akan menghalau sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari, sehingga akan melindungi kulit wajah Minasan dari efek buruknya seperti bercak hitam dan kulit menghitam.

6. Pilihlah Kosmetik, Pembersih dan Sunblock yang Melembabkan

Dalam memilih kosmetik dan pembersih, Minasan sebaiknya memlilih produk yang memberikan kelembaban tinggi dan tidak menyumbat pori-pori.

7. Hindari Produk Kecantikan yang Mengandung Alkohol

Alkohol yang terkandung dalam kosmetik akan memberikan dampak kering pada kulit kita. Jadi sebaiknya Minasan menghindari menggunakan kosmetik yang mengandung alkohol. Selain itu, kandungan alkohol juga dapat menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya bagi Minasan yang memiliki jenis kulit sensitif.

8. Gunakan Masker Wajah Dengan Bahan Alami

Mengoleskan masker pada wajah akan membantu proses pengelupasan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Minasan dapat membuat masker sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai bahan dasar masker antara lain, pepaya, ketimun, tomat, jeruk nipis, nanas, dan putih telur.

9. Perbanyak Konsumsi Air Putih, Buah dan Sayuran

Selain mengaplikasikan krim dan kosmetik, Minasan juga harus menjaga asupan makanan untuk memulihkan kulit wajah. Yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan dan air putih minimal 2 liter setiap hari untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam.
Merawat wajah pasca melahirkan sangat penting untuk mengembalikan kelembaban dan kelembutan kulit wajah. Kulit kusam pasca melahirkan berangsur-angsur akan menghilang seiring dengan berjalannya waktu. Nah, bagi Minasan yang saat ini sedang dalam masa pasca melahirkan tidak ada salahnya mencoba tips di atas. Semoga bermanfaat.