Lemon dan Jeruk Nipis

Kedua buah ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang hampir sama. Kadar vitamin C pada jeruk nipis lebih tinggi daripada lemon, sedangkan lemon mengandung asam sitrat yang mampu meluruhkan sel-sel kulit mati, dan membantu regenerasi kulit baru yang membuat kulit tampak lebih cerah. Cara memanfaatkan kedua buah ini yaitu dengan mengambil air perasannya dan dioleskan ke wajah, Hindari terkena sinar matahari dahulu setelah melakukan proses ini karena kulit menjadi lebih sensitif.

Pepaya

Pepaya mengandung zat papain yang mendorong proses terbentuknya sel-sel kulit baru. Pepaya hijau mengandung zat papain yang lebih tinggi daripada pepaya yang sudah matang. Akan tetapi, pepaya hijau akan terasa lebih menyengat saat dioleskan ke kulit. Pepaya yang sudah matang juga sama baiknya untuk digunakan, jadi Minasan bebas untuk memilih. Oleskan pepaya yang sudah dihaluskan hingga seperti bubur ke bagian wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan hingga 15 menit lalu bilas wajah hingga bersih. Minasan juga boleh menambahkan perasan jeruk nipis ke campuran pepaya.

Kentang

Kentang kaya akan vitamin dan mineral. Kentang mengandung vitamin C, B kompleks, serta mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor, dan seng yang bermanfaat dalam merangsang terbentuknya kolagen dan elastin sintesis. Vitamin C yang terdapat di dalamnya berfungsi mengelupas sel-sel kulit mati sehingga mengurangi bintik-bintik hitam pada wajah. Siapkan 2-3 buah kentang, parut dan tambahkan air kemudian peras parutan tersebut dengan saringan. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa tetes jeruk nipis dan setengah sendok madu. Oleskan campurang tersebut ke wajah dan diamkan hingga 20 menit sebelum dibilas.
source: http://www.ohjerawat.com/alami-cara-mengobati-jerawat-dengan-kentang.html

Semangka

Semangka yang kaya akan serat serta vitamin A, B, dan C dikenal sebagai obat yang ampuh dalam mengatasi flek hitam. Bagian semangka yang dibutuhkan adalah kulitnya saja. Pisahkan buah dari kulit semangka, lalu gosokkan bagian dalam kulit semangka ke bagian wajah dengan flek hitam. Lakukan hal ini selama beberapa menit dan diamkan sejenak sebelum dibilas. Lakukanlah hal ini secara rutin selama 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Teh

Selain dengan buah atau sayuran, air rendaman teh juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah flek hitam. Rendamlah teh selama semalaman, kemudian esok harinya usapkan air tersebut ke wajah dan biarkan hingga kering sendiri. Bilas wajah Minasan dengan air hangat hingga bersih.

Mentimun

Mentimun memang terkenal bermanfaat bagi kulit. Salah satu manfaat mentimun adalah dapat menghilangkan flek hitam. Caranya dengan memarut 2 atau 3 buah mentimun untuk dijadikan masker. Oleskan masker ini ke wajah setiap dua hari sekali. Hasilnya akan tampak dengan cepat bila Minasan rutin melakukannya.
source: http://berbagisolusi.com/masker-buah-racikan-sendiri-untuk-kulit-wajah/