Membersihkan Dengan Baby Oil

Untuk menggunakan cara ini Minasan dianjurkan melakukannya dalam posisi tubuh terbaring, maka pusar akan menghadap ke atas. Teteskan baby oil dalam lubang pusar dan diamkan selama 10 menit. Setelah kotoran pusar melunak gosok perlahan dan lembut pusar dengan kapas agar kotoran terangkat. Keringkan bekas baby oil dengan tisu atau handuk lembut dan bersih.
source: http://www.wikihow.com/Clean-Belly-Button-Lint

Menggunakan Scrub

Minasan bisa menggunakan scrub alami yang terbuat dari sedikit air dan kopi bubuk. Caranya hampir sama seperti menggunakan lulur di tubuh. Namun saat menggosok pusar harus dilakukan secara perlahan dan lembut. Hal ini dikarenakan kulit yang ada di pusar sangat tipis dan rentan iritasi.

Menggunakan Air Lemon

Untuk bahan alami, Minasan bisa menggunakan air lemon. Caranya cukup mudah, yaitu rendam kapas dengan perasan air lemon. Kemudian gosok lembut area pusar dengan kapas yang sudah direndam. Selain bisa membersihkan, air lemon ini bisa menghilangkan bau akibat tumpukan kotoran yang ada di pusar.
source: https://monyogachaud.wordpress.com/author/djofang/page/2/

Membersihkan Saat Mandi

Minasan dapat mencampurkan sedikit air dan sabun mandi secukupnya. Lalu basahi handuk kecil yang berbahan lembut dengan campuran tadi. Bersihkan dengan cara mengosok secara halus bagian pusar Minasan dengan handuk tersebut. Cara menggosok pusar yang baik disarankan dari arah dalam pusar kearah luar pusar. Bila sudah bersih keringkan pusar dengan tisu atau lap kering.
source: https://www.dokter.id/berita/jarang-bersihkan-pusar-ternyata-picu-berbagai-penyakit-berbahaya
Untuk menyempurnakan cara ini, Minasan bisa menggunakan sedikit lotion untuk melembabkan pusar yang kering karena air sabun.

Menggunakan Alkohol

Nah, kalau cara ini biasanya digunakan jika kotoran pada pusar kaku. Caranya ambil cotton bud dan basahi dengan alkohol. Lalu gosok-gosok di area pusar secara perlahan sampai kotoran terkikis.
source: http://www.ehow.com/how_7794357_rid-belly-button-odor.html
Kulit pusar umumnya lebih tipis dibandingan kulit bagian lainnya. Oleh karena itu, jangan menggosok terlalu keras agar pusar tidak terluka dan iritasi. Selain itu, perlu Minasan ketahui juga bahwa membersihkan pusar tidak perlu dilakukan tiap hari. Cukup 1-2 minggu sekali. Selamat mencoba!