1. Mencuci Wajah dengan Benar

Jika cara mencuci wajah yang salah terus dilakukan, lama-kelamaan wajahmu akan cenderung menjadi kering. Kulit yang kering akan cenderung memproduksi minyak atau sebum lebih banyak untuk menyeimbangkan kelembaban wajah. Sebum yang menumpuk dan bercampur dengan sel kulit mati berikutnya akan membentuk komedo dan membuat pori-pori tersumbat dan melebar.
source: http://paternoslegacy.com/sitorisenganryou.html
Agar pori-pori besarmu tak semakin parah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mencuci wajah dengan benar untuk menekan produksi sebum berlebih.
source: http://happy-red-peach.com/galleryetc.html
Cara mencuci wajah yang benar:
1) Cuci tanganmu terlebih dahulu. Lalu cuci wajah dengan air hangat.
2) Busakan face cleanser di telapak tangan.
3) Cuci wajah perlahan dengan busa. Pijat ringat bagian-bagian yang menurutmu perlu dengan bantalan jari. Utamakan bagian hidung dan daerah berpori besar, ya.
4) Bilas dengan air hangat.
5) Keringkan dengan handuk lembut. Jangan digosok! Cukup tekan lembut saat mengeringkan wajahmu. Satu hal lagi, bedakan handuk untuk tubuh dan wajah agar bakteri dari tubuh tak berpindah ke wajahmu.

2. Pola Makan

Pola makan yang tak seimbang dapat mengganggu aliran darahmu dan membuat sebum diproduksi secara berlebihan, lho! Buruknya aliran darah membuat sel kulit mati tak segera diganti sehingga mengendap di kulit dan menjadi awal dari masalah pori-pori besar dan komedo. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat memperlancar aliran darah agar produksi sebum tak berlebihan.
source: http://yakudatta.com/archives/9512.html
Produksi sebum berlebih dapat ditekan dengan mengonsumsi vitamin C, B2, B6, dan lain sebagainya. Selain itu produksi kolagen akan membantu pori-pori tak terlihat mencolok. Vitamin A dan E dapat membantu mempercepat proses metabolisme dan regenerasi kulit. Proses metabolisme yang menurun akan berdampak aliran darah yang tak lancar, dan masalah kulit kering. Jadi jika merasa kulitmu tak sehat, coba konsumsi makanan berikut ini.

Vitamin C

source: http://www.kamdora.com/2014/08/07/foods-eat-every-day-perfect-skin/
Makanan yang mengandung vitamin C misalnya paprika merah, daun peterseli, kubis brussel, buah jeruk, kesemek, kiwi, stroberi, lemon, dan lain sebagainya.

Vitamin B2

source: http://www.fitforeverything.com.au/nutritian-for-life/
Yang termasuk dalam makanan yang mengandung vitamin B antara lain hati sapi, susu, telur ikan, kacang almond dan lain sebagainya.

Vitamin B6

source: http://www.ediblebrooklyn.com/event/the-history-of-garlic/
Vitamin B6 bisa kamu dapatkan dari bawang, tuna, sarden, ikan cakalang, daging ayam, kacang pistachio, wijen, dan lain sebagainya.

Vitamin A

source: http://www.kamdora.com/2014/08/07/foods-eat-every-day-perfect-skin/
Makanan yang mengandung vitamin A di antaranya adalah wortel, bayam, daging ayam, belut, susu, keju, telur, dan lain sebagainya.

Vitamin E

source: http://www.annmariegianni.com/ingredient-showcase-hazelnut-oil-moisturizes-and-calms-excess-oil-production/
Vitamin E dalam makanan bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi hati ikan, kacang almond, hazelnut, dan lain sebagainya.

3. Istirahat

Kurang tidur akan mengganggu proses pergantian sel-sel kulit, sehingga sel kulit mati tak segera diganti dan menyebabkan penumpukan dan berujung pada komedo. Inilah mengapa istirahat cukup sangat penting dalam mencegah kulitmu berpori-pori besar.
source: http://www.irasutoya.com/2013/03/blog-post_3166.html
Hormon pertumbuhan banyak diproduksi pada 3 jam awal tidurmu dan proses regenerasi kulit pun dimulai. Tidak hanya untuk kulit, tubuh juga akan menjadi lebih sehat karena istirahat yang cukup dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuhmu.

4. Olahraga dan Mandi

Olahraga teratur berkaitan langsung dengan aliran darah yang lancar. Dalam kaitannya dengan kulit, aliran darah yang lancar akan berpengaruh terhadap pergantian sel kulit dan mencegahnya menjadi komedo. Kamu bisa lakukan gerakan ringan seperti berjalan kaki.
source: https://nanapi.jp/116413
Mandi juga membantu memperlancar aliran darah, lho! Tidak hanya tubuh, aliran darah pada wajah juga akan mengalir dengan baik.

Senam Wajah yang Bisa Kamu Lakukan di Mana Saja

1) Penuhi mulut dengan udara sampai pipi mengembung seperti pada gambar.
source: http://hadalove.jp/skin-pore-tightening-9359
2) Lalu pindahkan udara ke salah satu bagian pipi (kanan atau kiri) saja secara bergantian.
source: http://hadalove.jp/skin-pore-tightening-9359
Lakukan gerakan memindahkan udara dari pipi kanan ke kiri dan sebaliknya sebanyak 10 sampai 20 kali.