Apa Itu Laser Hair Removal?

Laser hair removal adalah teknik menghilangkan bulu pada tubuh dengan bantuan sinar laser. Energi cahaya laser yang dipaparkan ke kulit kita akan berubah menjadi cahaya panas, sehingga dapat menghentikan pertumbuhan bulu dan rontok dengan alami dalam 2 hingga 3 minggu setelah treatment. Ketimbang proses shaving atau waxing yang cukup menyakitkan, proses menghilangkan bulu dengan laser tentu lebih terasa nyaman dan minim iritasi.
source: http://serenitymedspa.com/laser-hair-removal-is-it-permanent-2/

Cara Kerja Laser Hair Removal

Pada awalnya, kulit pada area yang bulunya ingin dihilangkan akan diolesi dengan gel khusus. Gel ini adalah sebagai perantara panas antara alat laser dengan kulit kita. Saat di sinari, kulit akan terasa hangat dan sesekali sakit seperti dicubit-cubit kecil.
Namun, rasa sakitnya tidak sesakit apabila kamu melakukan waxing. Oya, pastikan untuk mengikuti petunjuk dari operator selama proses, misalnya menggunakan kacamata khusus untuk menghindari mata dari paparan sinar laser.
Bulu-bulu pada area tubuh yang dapat dihilangkan dengan teknik ini antara lain pada ketiak, tangan, kaki, dan bikini line. Berbeda tempat, berbeda pula proses pengerjaannya. Misalnya ada pula yang mengawali prosesnya dengan pencukuran, terutama jika bulu dirasa terlalu panjang.
source: http://www.whitethornmediclinic.co.uk/laser-hair-removal/

Bagaimana Hasilnya?

Hasil dari laser hair removal ini, bulu halus akan rontok secara alami. Apakah akan hilang secara permanen? Bila dibandingkan dengan waxing atau threading, hasil treatment ini akan lebih awet. Laser hair removal biasanya hanya akan menghilangkan 70% bulu di tubuh secara permanen, namun 30% sisanya akan tumbuh kembali namun dalam bentuk yang lebih tipis dan halus.
Jika ingin menghilangkan secara permanen, satu-satunya cara adalah dengan menghancurkan folikel, yaitu bagian dalam kulit yang mengatur pertumbuhan dan pewarnaan bulu dan rambut. Kamu bisa melakukan treatment rutin satu kali dalam setahun.

Perhatikan Hal Ini

Penting untuk diperhatikan sebelum melakukan laser hair removal ini.
1. Hindari melakukan waxing, bleaching, atau krim perontok bulu minimal 2 minggu sebelum treatment. Hal ini bertujuan agar kulit tidak bereaksi terhadap bahan kimia lain sebelum treatment laser.
2. Hindari paparan cahaya matahari langsung selama 2 minggu sebelum dan sesudah treatment. Cahaya matahari dapat berpengaruh pada kondisi kulit, seperti iritasi atau terbakar. Pastikan kulit dalam kondisi fit saat melakukan treatment.
3. Hindari berenang dan mandi air hangat selama kurang lebih 2 hari setelah treatment. Kulit akan bereaksi menjadi lebih sensitif sesaat setelah treatment. Kolam renang yang mengandung kaporit dan air yang hangat akan membuat kulit terasa tidak nyaman.
4. Sebelum treatment, pastikan area penyinaran bersih dari makeup, lotion, atau deodorant. Hal ini bertujuan agar gel kimia tidak bercampur dengan kimia lain, dan treatment berjalan dengan maksimal.
5. Jarak ideal untuk treatment selanjutnya adalah sekitar 6 minggu. Kulit membutuhkan waktu untuk memulihkan diri. Jarak treatment yang terlalu dekat tidak akan berdampak baik untuk kulit.
Tertarik untuk mencobanya?