Pori-pori yang terbuka memiliki 2 kemungkinan, tersumbat komedo atau tidak.
Pori-pori tersumbat oleh komedo (tipe 1).
source: http://hadalove.jp/skin-pore-tightening-9359
Pori-pori terbuka (tipe 2).
source: http://hadalove.jp/skin-pore-tightening-9359
Jika kamu mengalami masalah pori-pori besar sekaligus komedo (tipe 1), perhatikan poin mulai nomor 1. Namun jika kamu mengalami masalah pori-pori terbuka (tipe 2), perhatikan poin mulai nomor 2.

1. Menghilangkan Komedo dari Pori-Pori

Kalau kamu memiliki tipe pori-pori besar yang tersumbat komedo, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membersihkan komedo tersebut. Disarankan menggunakan produk enzyme cleanser seminggu sekali agar kotoran di dalam pori-pori segera tuntas.
source: https://www.b-lab.jp/nayami/keana/
Produk pembersih bubuk enzim dengan butiran seperti scrub ini akan membantumu menghilangkan komedo yang tersumbat di dalam pori-pori.
Sekitar 70% dari komedo yang tersumbat dalam pori-pori terbentuk dari protein (komedo lama) dan 30% sisanya adalah lemak.
source: http://www.shutterstock.com/pic-269258984/stock-photo-blackheads-removing-and-pore-cleansing-symbols-set-cartoon-pore-emotions-angry-pore.html
Protein tidak dapat mencair dengan menaikkan suhunya, sehingga komedo tidak bisa hilang hanya dengan menempelkan handuk hangat pada bagian yang berkomedo. Enzim akan memudahkanmu mengangkat komedo yang lama tertinggal di dalam pori-pori.
source: http://www.wishtrend.com/skin-care/62-cleansing-powder-ciracle.html
Sebagian besar jenis enzyme cleanser memiliki tekstur bubuk dan biasanya digunakan bersama dengan produk face cleanser pada umumnya.

2. Moisturizing

Untuk mengecilkan pori-pori wajah yang melebar, kamu perlu menjaga kelembaban wajah setelah mencuci wajah. Kulit wajah cenderung lebih kering setelah dibersihkan dengan face cleanser karena kelembaban alami wajah akan ikut terangkat bersama proses mencuci wajah.
source: http://xn--40-sb4am3989a8gar6duxl25d080fxsftu1c.biz/ynhk2.html
Jika kelembaban wajah berkurang, sel kulit akan menyusut sehingga pori-pori kulit akan tertarik dan terbuka. Dengan menjaga kelembaban wajah, pori-pori kulit juga akan semakin tersamarkan.
Pastikan kamu menggunakan pelembab wajah dengan tekstur cair cukup banyak karena pelembab jenis ini mudah diserap oleh kulit. Kemudian gunakan pelembab dengan tekstur padat seperti krim tipis-tipis saja pada wajahmu karena pelembab jenis ini mengandung minyak yang bisa menyumbat pori-pori. Pilih pelembab atau lotion cair yang mengandung komposisi moisturizer seperti di bawah ini:
- Hyaluronic acid (asam hialuronat)
- Vitamin C (turunan vitamin C)
- Collagen
- Elastin
source: http://sweetpeach90.blogspot.com/2013/12/review-hada-labo-shirojyun-ultimate.html
Pelembab dengan tekstur krim yang mengandung oil berfungsi mengunci kadar air dari lotion cair yang kamu gunakan sebelumnya. Pilih krim pelembab dengan komposisi moisturizer seperti berikut ini:
- Ceramide
- Stearic acid cholesterol

3. Gunakan Astringent Lotion

Astringent adalah zat yang dapat membantu mengecilkan jaringan atau pembuluh darah. Beberapa lotion cair memiliki kandungan ini, jadi pastikan lotion cair yang kamu gunakan mengandung astringent jika kamu bermasalah dengan masalah pori-pori besar.
source: http://manface.uk/la-roche-posay-effaclar-purifying-foaming-gel-astringent-lotion-mat/
Lotion cair biasa memang memiliki fungsi menjaga kelembaban wajah, namun dengan tambahan astringent, kamu akan mendapatkan manfaat ganda yaitu pori-pori wajah merapat. Kamu bisa menggunakannya pada bagian yang berpori besar saja, kok.
Lotion jenis ini biasanya dijual dengan nama seperti toning lotion, tightening lotion, astringent lotion, dan lain sebagainya. Biasanya jenis astringent lotion mengandung beberapa komposisi di bawah ini:
- Plant extracts (witch hazel extract, artichoke leaf extract, etc.)
- Vitamin C
- Alcohol (seperti ethanol, menthol)
source: http://www.clarinsusa.com/en/toning-lotion-with-camomile/C010103001.html
Jenis astringent lotion biasanya digunakan dengan menggunakan kapas sebelum mengaplikasikan pada wajah sehingga suhu kulit akan turun dan pori-pori kulit akan mengecil.
Urutan yang benar untuk mengaplikasikan astringent lotion adalah setelah pelembab.
[Cuci Muka - Lotion Cair - Krim Pelembab - Astringent Lotion].
Namun bagi kamu yang sedang mengalami pori-pori besar jenis kedua, lakukan dengan urutan:
[Cuci Muka - Astringent Lotion - Lotion Cair- Krim Pelembab]
Menggunakan produk dengan kandungan alkohol setelah mencuci wajah akan membebani wajahmu. Jadi kalau kamu menggunakannya setelah mencuci wajah, pilih astringent lotion yang bebas alkohol, ya.
source: http://www.stockngo.com/neutrogena-alcohol-free-toner-8-5-oz.html
Satu hal lagi, kalau kamu pemilik kulit sensitif, hindari semua produk yang mengandung alkohol karena bisa menyebabkan iritasi dan kemerahan.
Cara menggunakan astringent lotion:
1) Tuangkan astringent lotion pada kapas. Tuangkan hampir memenuhi kapas.
2) Tepuk-tepuk ringan di bagian yang kamu inginkan. Utamakan area yang berpori besar dan area mana saja yang menurutmu perlu.
3) Ulangi sampai bagian yang kamu tepuk-tepuk sebelumnya terasa dingin.
source: http://skin-care-girl.com/85
Lakukan teratur setiap pagi dan malam untuk hasil yang maksimal. Semoga berhasil, ya!