Sinar UV Bisa Mengakibatkan Flek dan Noda Hitam

Sinar ultraviolet adalah musuh wanita! Tanamkan pikiran itu pada diri Minasan terlebih dahulu. Terkena paparan sinar ultraviolet secara terus menerus tanpa perlindungan dapat menimbulkan flek dan noda hitam pada wajah Minasan. Mungkin hal ini tidak langsung muncul begitu saja, tapi jangan menyesal kalau permasalahan kulit ini baru muncul saat Minasan menginjak usia 40 tahun nanti. Bagaimana bisa terbentuk flek dan noda hitam?
source: http://kenz0.s201.xrea.com/weblog/2011/11/post_378.html
Untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet, sel-sel kulit akan membentuk pigmen melanin. Flek dan noda hitam ini dihasilkan oleh peningkatan pigmen melanin tersebut. Oleh karena itu, terkena paparan sinar ultraviolet dapat meningkatkan risiko terbentuknya flek dan noda hitam pada wajah.

80% Penyebab Kulit Menua Adalah Sinar UV

Keriput dan garis-garis halus pada wajah merupakan tanda-tanda penuaan yang paling mudah terlihat. Memang seiring dengan bertambahnya umur, kemunculan keriput tak dapat dicegah. Tapi jangan sampai wajah kita menjadi terlihat lebih tua dari umur sebenarnya karena malas merawat kulit dari paparan sinar ultraviolet di saat masih muda.
Dengan melindungi wajah kita dari paparan sinar ultraviolet, berarti kita membantu menunda munculnya keriput dan dan garis-garis halus yang membuat kita terlihat lebih tua. Siapa yang tidak suka kalau dipuji wajah kita terlihat awet muda?

Sinar UV Membentuk Bulu-Bulu Halus

Menurut sebuah penelitian yang diadakan oleh Universitas Austrlia, tumbuhnya bulu-bulu halus pada tubuh disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet. Hal ini disebabkan karena meningkatnya produksi hormon laki-laki pada tubuh.
Sinar ultraviolet yang masuk ke dalam kulit akan bertemu dengan enzim yang terdapat pada akar bulu, sehingga menstimulus sel-sel induk untuk bekerja menumbuhkan bulu. Namun proses ini membuat bulu menjadi sulit tumbuh dan malah menjadi bulu-bulu halus.
Pada intinya, paparan sinar ultraviolet dalam intensitas yang tinggi hanya akan menimbulkan segala macam masalah pada tubuh wanita. Selain menghindari paparan sinar ultraviolet secara langsung dan menggunakan sunblock, penting untuk merawat bagian tubuh yang sering terekspos seperti wajah.

Penanganan yang Tepat

1. Pusatkan Perawatan Pada Daerah Rawan Munculnya Flek dan Noda Hitam
Bagian wajah yang paling rawan adalah hidung dan pipi. Pastikan Minasan mengoleskan sunblock secara rata dan menyeluruh pada daerah ini sebelum pergi keluar. Jika Minasan rajin merawat bagian ini, tentu hasilnya akan terlihat dalam beberapa tahun ke depan.
source: http://www.organicauthority.com/delicious-beauty/diy-homemade-natural-and-safe-sunscreen.html
2. Percepat Pembaruan Sel Kulit
Kulit Wajah akan mengalami regenerasi kulit setiap periode tertentu. Untuk wanita usia 20-an, biasanya butuh 28 hari. Untuk usia 30-an, biasanya butuh 40 hari. Agar tak menjadi flek atau noda hitam, penting untuk meningkatkan regenerasi sel kulit Minasan. Gunakan produk perawatan kulit yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati secara teratur.

Perbaiki Pola Makan

1. Makan 5 Kali Sehari
Jika gula darah dalam tubuh tinggi, maka akan mempermudah pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Hal ini akan membuat flek dan noda hitam lebih gampang muncul. Salah satu cara mencegahnya adalah makan 5 kali dalam sehari, tapi dengan porsi yang lebih kecil. Pola makan seperti ini dapat menekan naiknya gula darah dalam tubuh yang dapat membantu timbulnya flek dan noda hitam pada wajah.
2. Konsumsi Yoghurt
Yoghurt mengandung bakerti lactobacillus protectus yang dapat memperlancar pencernaan sekaligus peredaran darah. Jika peredaran darah dalam tubuh lancar, kulit akan mendapatkan asupan oksigen dan gizi yang cukup sehingga tercipta kulit yang sehat. Kulit yang sehat akan mengalami regenerasi tertatur dan mampu menjaga kelembaban kulit. Itulah mengapa yoghurt dikatakan sebagai makanan kecantikan bagi kulit.
3. Makan Makanan Berempah
Kare India dibuat menggunakan berbagai macam rempah, salah satunya kurkumin yang dapat menghambat pergerakan radikal bebas di dalam tubuh. Makan makanan berempah seperti kare India berarti membantu melindungi terbentuknya flek dan noda hitam pada wajah. Penting untuk makan makanan seperti ini sesekali untuk detoksifikasi tubuh dan kecantikan kulit.
source: http://cant-live-without.com/2012/02/14/chicken-tikka-masala/
4. Perbanyak Konsumsi Buah yang Kaya Akan Vitamin C
Radikal bebas dapat diperangi dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C. Perbanyak konsumsi jeruk, lemon, kiwi, dan buah favorit Minasan yang lainnya untuk melindungi kulit dari dari dalam.
Sudahkah Minasan sadar akan bahaya sinar ultraviolet pada kulit kita? Mulai sekarang jangan lupa memakai sunblock saat keluar rumah dan lakukan perawatan kulit yang cukup untuk mencegah pembentukan flek dan noda hitam.