Terlalu Sering Memakai Deodoran

Bau badan seringkali timbul di area ketiak. Bagi sebagian orang, bau badan ini membuat mereka tidak percaya diri ketika berdekatan dengan orang lain. Bau di ketiak muncul karena adanya keringat yang keluar dan bercampur dengan bakteri di sekitar kulit ketiak sehingga hal ini menyebabkan bau yang tidak sedap di area ketiak. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa orang memilih untuk mengambil jalan pintas yaitu dengan menggunakan deodoran. Tahukah Minasan bahwa deodoran ini tidak selalu baik untuk kulitmu? Deodoran tentunya mengandung zat-zat kimia yang mungkin berbahaya untuk kulitmu. Jika dipakai secara terus-menerus, zat kimia dari deodoran ini akan meresap ke dalam kulit dan meninggalkan residu sehingga menyebabkan ketiak menjadi kusam.
source: http://log.viva.co.id/news/read/574848-benarkah-deodoran-yang-anda-pakai-itu-aman-

Cara Mengatasi

Untuk mengatasinya, kurangilah pemakaian deodoran pada ketiak. Jika Minasan biasanya memakai deodoran 2 kali sehari sehabis mandi, pakailah hanya sekali saja. Jika tidak sedang keluar rumah atau harus berdekatan dengan teman atau kolega, sebaiknya menghindari pemakain deodoran ini. Selain itu, kurangi konsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya bau badan, seperti daging merah, kunyit, bawang, dan makanan pedas. Jika masih dirasa kurang, Minasan bisa menggunakan deodoran alami seperti tawas.
source: http://naturalspasupplies.co.uk/product-info/alum-crystals/alum-blog-info/

Mencukur Ketiak

Selain bau badan, adanya bulu-bulu yang tumbuh di ketiak juga dapat menurunkan rasa percaya diri Minasan, bukan? Tak hanya itu, bulu-bulu ketiak yang terlalu lebat dapat menjadi sarang bakteri. Jika ketiak berkeringat dan keringat ini bercampur dengan bakteri, maka aka menimbulkan bau yang tidak sedap. Dua alasan inilah yang mendorong seseorang untuk menghilangkan bulu ketiak. Salah satu cara yang mudah dan praktis dilakukan untuk menghilangkan bulu di ketiak adalah dengan mencukurnya. Selain murah meriah, prosesnya juga tidak memerlukan waktu yang lama sehingga tidak sedikit orang yang memilih cara ini.
source: http://nisrina.co.id/blog/jangan-salah-cukur-ketiak/
Namun, tahukah Minasan bahwa mencukur ketiak ini dapat menyebabkan dampak yang fatal, terutama bagi wanita? Mencukur ketiak dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi kusam. Mengapa demikian?
source: http://azka.org/cara-mengatasi-kulit-hitam-kasar-dan-kusam
Mencukur bulu ketiak dapat menyebabkan kulit ketiak stres. Pernahkah Minasan perhatikan saat selesai mencukur bulu ketiak maka kulit ketiak akan berwarna kemerah-merahan? Jika mencukur tidak dengan pisau cukur yang steril dan tidak dengan cara yang benar, maka akan dapat memungkinkan terjadinya luka atau bahkan peradangan pada kulit ketiak. Selain itu, gesekan antara pisau cukur dan kulit ketiak dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Mencukur bulu ketiak juga dapat menimbulkan residu berupa sel-sel kulit mati sehingga lama-kelamaan sel-sel kulit mati ini terperangkap di area ketiak. Hal inilah penyebab kulit ketiak menjadi kusam.
Jika kulit ketiak sudah menjadi kusam, maka akan cukup sulit untuk mencerahkannya kembali. Mencerahkan kulit ketiak dengan bahan alami memerlukan waktu yang cukup lama. Jika dengan cara instan memang bisa, namun tentunya akan menguras kantong kita, bukan? Oleh sebab itu, kurangilah intensitas mencukur ketiak.

Alternatif Lain

Jika ingin menghilangkan bulu ketiak, Minasan bisa mencoba wax. Saat ini banyak salon kecantikan yang menyediakan layanan wax. Namun, sebelum menentukan salon mana yang ingin dikunjungi, Minasan juga harus pandai-pandai mencari referensi sana-sini untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Hal ini dikarenakan wax yang tidak tepat juga dapat menyebabkan inflamasi pada kulit ketiak.
source: http://www.wikihow.com/Wax-Your-Armpits
Cara lain yang cukup ampuh namun murah untuk dilakukan adalah dengan mencabut bulu ketiak. Namun kekurangannya, mencabut ketiak ini akan lebih menyakitkan. Jadi, Minasan harus lebih bersabar, ya. Hasil yang didapatkan juga lebih baik daripada dengan cara mencukur. Waktu yang diperlukan bulu ketiak untuk tumbuh kembali setelah dicabut relatif lebih lama daripada bulu yang dicukur.
source: http://reidko.com/harga-jual/pinset-chirurgis-tajimaco/
Semoga bermanfaat!