Diet Dengan Madu Sebelum Tidur

Diet minum madu sebelum tidur ini awalnya sempat booming di Inggris karena memiliki efek dapat membakar lemak di saat tidur, sehingga tubuh menjadi lebih langsing. Ada pula pelaku diet yang mengaku telah turun 2 Kg dalam 2 minggu setelah melakukan diet ini. Wah, bagaimana madu bisa membuat tubuh langsing selama tidur?
source: http://mery.jp/34172
Jika diteruskan selama sebulan, ada pula seorang wanita yang mengaku telah turun 3.6 Kg dalam 1 bulan. Hal ini dikarenakan semakin banyak lemak yang dibakar oleh madu saat tidur dan membuat bobot tubuh makin berkurang.

Alasan Madu Dapat Mengurangi Berat Badan di Saat Tidur

Mungkin Minasan beranggapan minum minuman yang manis seperti madu justru akan membuat tubuh gemuk karena berarti konsumsi gula semakin bertambah. Tapi jangan salah, simak teori menarik di balik metode diet ini!
Jika Anda mengkonsumsi madu sejam sebelum tidur, otak akan bekerja menggerakkan otot untuk menghasilkan energi yang disebut dengan energi madu. Proses ini juga dapat memproduksi hormon pertumbuhan, sehingga membuat tubuh lebih langsing.
source: http://syayoyu.com/nerumaehacimitudiet-5973.html
source: http://www.gettyimages.co.jp/detail/165558021
Untuk memproduksi hormon pertumbuhan, otak memerlukan sumber energi berupa gula yang tersimpan pada organ liver manusia. Konsumsilah madu sebelum tidur agar liver dapat langsung memproses gula yang tersimpan di dalam liver dan diproses menjadi sekresi hormon pertumbuhan. Dengan adanya hormon pertumbuhan, pembakaran lemak pun akan terasa lebih maksimal.
source: http://fytte.jp/tips/tabeyase/1304/post_42.php
Tubuh manusia dapat memproduksi hormon pertumbuhan di saat tidur. Konsumsi madu sebelum tidur dapat mengoptimalkan sekresi hormon dalam tubuh yang dapat memudahkan pembakaran lemak di dalam tubuh. Wah, teori yang menarik!
Kombinasikan kualitas tidur yang baik dengan madu yang dapat mengoptimalkan kerja otak dalam memproduksi hormon pertumbuhan. Semakin pulas tidurmu, semakin banyak pula hormon pertumbuhan yang dihasilkan oleh tubuh. Semakin banyak hormon pertumbuhan yang dihasilkan, semakin mengoptimalkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Manfaatnya untuk Kecantikan

Selain tubuh langsing, rutin mengkonsumsi madu juga memiliki manfaat yang baik bagi kecantikan kulit karena vitamin B dan mineral yang dikandungnya. Untuk Minasan yang sedang menjalani diet ketat dan cenderung mengalami kulit kering atau gatal, madu dapat mengatasi permasalahan kulit yang sering dialami saat diet.
source: http://woman.mynavi.jp/article/141021-153/

Memperkuat Rambut

Minasan yang memiliki permasalahan rambut tipis juga bisa berbahagia, karena diet madu ini juga akan memperkuat rambut. Penyebab rambut yang semakin menipis bergantung pada produksi hormon pertumbuhan yang dihasilkan tubuh. Untuk menghasilkan rambut yang kuat, dibutuhkan hormon pertumbuhan sehingga metode diet yang satu ini juga cocok untuk perawatan rambut.
source: http://woman.excite.co.jp/article/beauty/rid_E1357696754106/

Cara Menerapkan Diet Madu

Jika Minasan sudah mengerti manfaat dari diet ini dan ingin mencoba, langkah apa yang harus diambil? Minasan cukup minum 1 sendok makan madu sebelum tidur. Sudah? Ya, itu saja! Minasan bisa langsung meminumnya atau melarutkannya dengan air hangat.
source: http://www.motherearthnews.com/homesteading-and-livestock/prevent-bedwetting-country-lore-zmaz92amzshe.aspx
Tapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan diet madi ini. Pastikan Minasan mematuhi aturan berikut untuk hasil yang efektif:
1. Makan Makanan Bergizi Seimbang, Kurangi Karbohidrat di Malam Hari
source: http://www.foodnetwork.com/topics/low-carb-recipes.html
Jangan makan secara berlebihan, tapi tetap cukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, dan gizi lainnya secara seimbang dalam sehari. Jika kebutuhan gizi dalam tubuh tidak tercukupi, produksi hormon pertumbuhan pun akan semakin sedikit. Hal ini dapat menyebabkan rasa lapar semakin bertambah dan Minasan akan semakin kesulitan mengontrol nafsu makan. Tapi kalau Minasan terlalu banyak makan karbohidrat di malam hari, gula yang masuk ke dalam tubuh akan menjadi terlalu banyak. Pastikan Minasan makan makanan rendah karbohidrat di malam hari untuk memaksimalkan metode diet ini. Kalau Minasan merasa lapar, meminum 1 sendok madu sebelum tidur juga dapat memanipulasi otak untuk mengurangi perasaan lapar.
2. Makan 3-4 Jam Sebelum Tidur
source: http://www.trendhunter.com/trends/cdock-clock
Jika Minasan biasa tidur pukul 10, pastikan untuk menyelesaikan kegiatan makan pukul 6-7 malam karena sisa makanan yang belum dicerna dengan baik hanya akan membuat tidur kurang pulas. Akibatnya, produksi hormon pertumbuhan jadi kurang maksimal. Penting untuk membatasi asupan kalori, lemak dan gula di malam hari agar diet ini berhasil.
3. Tidur Berkualitas
source: http://4meee.com/articles/view/268798
Tidur merupakan bagian penting dari kesuksesan diet ini. Pastikan Minasan tidur pulas dengan kondisi yang nyaman dan cukup. Jika kualitas tidur Minasan buruk, produksi hormon pertumbuhan akan berkurang dan kurang efektif membakar lemak pada tubuh. Bukan hanya itu saja, kurang tidur hanya akan meningkatkan produksi hormon yang dapat membuat tubuh merasa lapar terus menerus, membuat Minasan semakin gendut nantinya! Pastikan Minasan bangun dalam keadaan segar di pagi hari untuk sekresi hormon pertumbuhan yang maksimal.
Selamat mencoba dan semoga berhasil!