Apa itu Merkuri?

Merkuri (Hg/air raksa) adalah zat logam berbentuk cair yang memiliki warna keperakan. Zat ini bisa ditemukan sebagai gas alam yang tersebar melalui bebatuan, tambang, tanah, dan air. Meskipun bahan ini dilarang dalam penggunaan produk perawatan wajah, merkuri justru dibutuhkan dalam industri dan pertambangan. Merkuri dibutuhkan dalam pembuatan baterai sebagai anti jamur sehingga baterai lebih tahan lama. Sedangkan pada termometer, merkuri berguna sebagai konduktor panas.
source: http://ecocycleaust.com.au/services/resource-industrial-mercury/
Elemen air raksa relatif tidak berbahaya kecuali kalau menguap dan terhirup secara langsung pada paru-paru.
source: http://skincerity-indonesia.com/bahaya-zat-merkuri/

Efek Merkuri pada Krim Pemutih

Sebagai bahan anti jamur pada industri elektronika, merkuri dalam krim pemutih berperan sebagai penghambat pembentukan melanin. Sementara, melanin sendiri terbentuk secara alami dan dibutuhkan untuk mencegah kerusakan kulit akibat sengatan sinar UV penyebab kanker kulit. Oleh sebab itulah, merkuri diklaim sebagai penyebab kanker yang sangat berbahaya di produk kecantikan karena mencegah pembentukan melanin.
Selain menimbulkan kanker kulit, merkuri yang terserap melalui aliran darah juga mengakibatkan gagal ginjal yang parah. Ada pula kasus di mana merkuri menyebabkan gangguan saraf yang didiagnosis sebagai Alzheimer.

Penggunaan Merkuri pada Kosmetik

Merkuri memang tidak diperbolehkan digunakan untuk bahan pembuatan krim wajah, termasuk krim pemutih. Akan tetapi, ternyata merkuri diperbolehkan BPOM untuk pembuatan kosmetik pada produk tata rias mata dan pembersih tata rias mata sebagai pengawet. Selain digunakan sebagai produk kosmetik tersebut, akan dianggap sebagai penyalahgunaan dan dilarang diedarkan.
Berdasarkan lampiran dari Peraturan Kepala BPOM disebutkan dua jenis merkuri yang diperbolehkan dalam kadar 0,007 persen dan hanya untuk digunakan pada produk tata rias mata dan pembersih tata rias mata.
source: http://www.alodokter.com/waspadai-pemutih-kulit-mengandung-merkuri

Fakta Uji Merkuri pada Perhiasan

Jika ciri-ciri krim pemutih bermerkuri sudah banyak dijelaskan dan dapat dikenali dengan mudah, lalu bagaimana dengan kosmetik seperti bedak? Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa emas memberikan reaksi terhadap kosmetik bermerkuri, ada pula pendapat yang berlawanan. Meskipun masih kontroversial, perhiasan emas dianggap kurang memadai untuk dijadikan alat tes.
source: http://www.home-health-chemistry.com/Mercury-Strips.html
Kalau bukan karena merkuri, mengapa bedaknya bisa menghitam jika digosok cincin emas? Tenang, itu karena kandungan sunscreen dalam bedaknya. Bedak yang mengandung titanium dioxide atau zinc oxide punya kecenderungan menghitam jika digosok dengan cincin emas. Penyebabnya simpel, karena komponen sunscreen bereaksi dengan emas.
source: http://randomandquick.blogspot.com/2014/03/heboh-uji-merkuri-dalam-kosmetik.html
Gosok cincin emas ke krim merkuri bisa, tapi KURANG tepat untuk pembuktian. Kenapa? Karena warna hitam baru keluar kalau kadar merkuri TINGGI. Kalau kadarnya rendah suka belum tentu nongol si hitam2 itu.
source: http://forum.femaledaily.com/showthread.php?5602-Merkuri-Bahayanya-Keracunan-dan-Cara-Mengatasinya/page15
Cara yang paling tepat tentu saja harus dengan tes laboratorium yang membutuhkan biaya tidak murah. Adapun cara lain yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan menggunakan kertas indikator khusus merkuri yang bisa dibeli di toko alat-alat kimia.

Terlanjur Memakai Krim Pemutih Bermerkuri

Apabila Minasan sudah terlanjur menggunakan produk ini dalam waktu yang cukup lama, cara untuk mengatasinya adalah dengan metode detoksifikasi. Segera hentikan pemakaian produk bermerkuri. Sebaiknya selama satu minggu tidak menggunakan krim apapun agar zat kimia tidak terserap oleh kulit dan menumpuk menjadi racun. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah atau makanan dan minuman dengan antioksidan yang sangat tinggi yang mampu membuang racun dalam tubuh. Apabila efek yang ditimbulkan terlalu parah, segera hubungi dokter.
Next, start by eating whole foods such as fruits and vegetables. Vegetables have a chelation property which helps to remove heavy metal toxins from the body.
source: http://www.juixing.com/heavy-metal-poisoning-detox/
Ada banyak cara untuk tidak tergoda pada iming-iming krim pemutih wajah instan. Misalnya dengan memastikan apakah sudah terdaftar BPOM, tanyakan kandungan pada penjual, dan hindari nama lain merkuri yang tertera di kemasan seperti: thimerosal, parabens, formaldehida, DMDM hydantoin, diazolidinil urea, dan imidazolidinyl urea. Tetap waspada dalam memilih krim yang tepat, ya Minasan!