Mengenal Perbedaan Prenatal Yoga Dengan Yoga Pada Umumnya

Yoga telah menjadi salah satu olahraga populer saat ini. Olahraga ini digemari semua kalangan, karena sangat fleksibel, bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun serta memberikan efek relaks. Minasan yang sedang hamil dapat menjaga kondisi agar tetap fit dengan melakukan Yoga khusus untuk ibu hamil, yakni Prenatal Yoga. Prenatal Yoga dikatakan juga berguna untuk mempersiapkan tubuh Minasan saat persalinan, dan olahraga ini bagus untuk kesehatan bayi yang terdapat di kandungan.
source: http://omolulu.com/blog/introducing-the-pregnancy-yoga-dvd/
The aim of yoga is to realize that we are all connected. We share one heart, one consciousness, and one divine source.
source: http://omolulu.com/blog/introducing-the-pregnancy-yoga-dvd/
Bagi Minasan yang sedang menjalani masa kehamilan dapat mencoba Prenatal Yoga untuk mengisi kegiatan aktivitas fisik. Pilih kelas Prenatal Yoga yang diajarkan oleh instruktur yoga bersertifikat. Minasan juga akan lebih bersemangat, karena dapat mengenal teman baru, para ibu hamil yang juga tengah mempersiapkan diri menjadi orangtua. Pose (biasa disebut Asana dalam yoga) yang diajarkan lebih lembut dan ringan dibanding kelas Yoga biasa. Properti Yoga seperti blok dan bantal juga dapat digunakan untuk mensupport bagian tubuh agar terasa lebih nyaman saat melakukan Yoga. Prenatal Yoga dilakukan pada suhu ruangan normal, tidak seperti kelas Hot Yoga. Hal ini dikarenakan melakukan Yoga dalam suhu ruangan yang cukup tinggi dapat menyebabkan ibu hamil mengalami dehidrasi. Selain itu, Prenatal Yoga fokus terhadap teknik pernafasan, yang sangat bermanfaat bagi Minasan untuk menjalani proses kontraksi dan mengejan dalam proses persalinan.

Manfaat Prenatal Yoga

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa prenatal yoga dapat membantu Ibu hamil mengatasi kesulitan tidur, menurunkan tingkat stres dan kecemasan, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot yang dibutuhkan saat persalinan, serta mengurangi resiko lahirnya bayi prematur. Kelas Prenatal Yoga didesain khusus untuk mempelajari teknik pernafasan yang sangat berguna saat menjalani proses persalinan.
prenatal yoga classes offer a balanced sequence of joint mobility exercises, seated postures, standing postures, hip openers, breathing, and relaxation exercises -- leaving out the contraindicated postures, but still offering a balanced practice.
source: http://www.parents.com/pregnancy/my-body/fitness/difference-between-regular-yoga-and-prenatal-yoga/
Prenatal Yoga juga dapat mengatasi masalah low back pain, yang umumnya dialami pada sebagian besar Minasan yang hamil terkait kenaikan berat badan yang cukup besar. Gerakan stretching pada prenatal yoga dapat mengatasi nyeri pada bagian-bagian tersebut.

Apa yang Dapat Minasan Pelajari di Kelas Prenatal Yoga?

Kelas Yoga akan diawali dengan berbagai breathing technique (cara bernafas), hirup dan keluarkan nafas melalui hidung. Minasan juga akan belajar bernafas sambil mengeluarkan suara seperti "humming". Teknik pernafasan ini akan sangat bermanfaat selama Minasan menjalani proses kontraksi saat persalinan, karena cara bernafas yang benar membuat sirkulasi darah dan detak jantung berjalan dengan baik sehingga membuat calon ibu tetap tenang dan rasa nyeri akan sedikit berkurang.
Master your breath, let the self be in bliss, contemplate on the sublime within you. - Tirumalai Khrisnamacharya
source: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/af/93/a1/af93a1944e2db4b19e974edc411a8233.jpg
Lalu dilanjutkan dengan stretching ringan, postur tubuh yang membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Minasan akan diajak menggerakan bagian tubuh seperti leher dan lengan. Saat hamil, ukuran perut, payudara Minasa akan membesar, sehingga akan menyebabkan tegang pada punggung bagian atas dan bawah (low back pain), leher, dan bahu. Kelas akan diakhiri dengan gerakan cool down yang membantu proses relaksasi. Kita akan diajak fokus kepada pernafasan kita dan mengikuti kata hati dan kemauan dalam tubuh kita. Tidak ada paksaan dalam melakukan berbagai pose Yoga, karena yang paling memahami kemampuan tubuh ialah Minasan sendiri. Jangan terlalu memaksakan diri sendiri bila belum cukup fleksibel.
Begitu banyak manfaat yang bisa Minasan dapatkan melalui latihan Prenatal Yoga. Tidak hanya baik bagi calon ibu, tetapi juga baik untuk bayi di kandungan. Bertemu dengan sekumpulan wanita hamil yang sedang mengalami proses yang sama juga akan membuat Minasan merasa termotivasi.
Pregnancy is such an amazing time in a woman's life. Like anything she does while pregnant, the most important aspect of prenatal yoga is to listen to your body and honor what it needs. That goes for exercise, food, sleep, etc. Your body knows whats best for you and your baby -Mika Oakes-
source: http://yoursoulstyle.com/tag/prenatal-yoga/
Setelah membaca artikel di atas mungkin Minasan ingin segera mencoba prenatal yoga. Setelah mengikuti kelas Prenatal Yoga, sebaiknya Minasan terus berlatih di rumah, dan tetap mencari sumber informasi sebanyak-banyaknya. Minasan bisa melihat video tutorial seputar Yoga yang banyak tersedia di situs YouTube, agar pose Yoga yang dilakukan semakin sempurna. Dengarkan tubuh Minasan dan lakukan semampu yang Minasan bisa.