Penyebab Rambut Rontok

Penyebab umum rambut rontok pada wanita adalah karena berkurangnya hormon kewanitaan atau yang lebih dikenal dengan hormon esterogen. Berkurangnya hormon ini berpengaruh terhadap kilau rambut yang kemudian dapat berujung pada kerontokan. Hormon ini akan mengalami penurunan misalnya saat wanita memasuki masa menopause dan setelah melahirkan.
source: http://biyoumoteru.seesaa.net/article/396432104.html
Selain gangguan hormon, kerontokan rambut bisa disebabkan akibat stres, tidak rutin mencuci rambut sehingga minyak dan kotoran menumpuk, masalah pada kulit kepala seperti ketombe, terlalu kuat mengikat rambut, hair styling, dan lain sebagainya. Gejala yang dialami misalnya setiap helai rambut menjadi lebih tipis dan rambut di hampir sebagian besar kepala juga mulai menipis karena kerontokan.

Jenis-Jenis Sampo

1) Sampo berbasis asam amino: Menggunakan asam amino pada komposisi deterjen yang berfungsi membersihkan kotoran. Biasanya sampo jenis ini tidak terlalu berbusa, minim iritasi, dan harganya cukup mahal.
2) Sampo berbasis detergen: Mengandung sabun (kalium dari asam lemak, didapat dari minyak yang direaksikan dengan alkali), bebas zat aditif, dan daya cucinya cukup baik.
3) Sampo berbasis alkohol: Menggunakan petroleum dalam komposisinya. Biasanya sampo jenis ini yang paling sering ditemui di iklan televisi dan brand ternama yang sudah cukup dikenal. Sampo jenis ini memiliki daya cuci yang sangat kuat sehingga tidak terlalu baik bagi kulit kepala.
source: https://bruneatelier.wordpress.com/2012/07/21/review-kiehls-amino-acid-shampoo-conditioner/
Terutama untuk kalian yang sedang mengalami masalah rambut rontok, coba pilih jenis sampo yang dapat membersihkan kulit kepala dengan baik tanpa membebaninya seperti sampo yang berbasis asam amino, ya.

Mencuci Rambut dengan Benar

Salah mencuci rambut bisa membebani kulit kepala dan berujung pada kerontokan rambut. Berikut cara mencuci rambut yang benar agar rambut bersih dan tetap sehat.

1) Brushing

Sebelum mencuci rambut pastikan kamu menyisir rambut supaya rambut tak kusut saat keramas sekaligus menghilangkan kotoran pada rambut.
source: http://www.beritasatu.com/gaya-hidup/278176-cegah-rontok-ini-trik-menyisir-rambut-dengan-benar.html

2) Basahi Rambut dari Bagian Kulit Kepala.

Gunakan air hangat untuk membasahi kulit kepala dan membersihkan kotoran di rambut. Air hangat berfungsi membuka pori-pori rambut untuk membantu penyerapan nutrisi sampo. Membasahi kulit kepala dan rambut terlebih dahulu akan membuat sampo yang kamu gunakan mudah menghasilkan busa yang cukup untuk membersihkan rambut.
source: http://www.stylishandtrendy.com/beauty/hair-care/wash-hairs-efficiently-to-reduce-hair-fall/

3) Kurangi Kadar Air pada Rambut

Tekan bagian ujung rambut dengan telapak tangan untuk mengurangi kadar airnya. Jika kadar air terlalu banyak, sampo akan menjadi sulit berbusa.
source: http://beauty-matome.net/body/treatmenttadashiikouka.html

4) Busakan Sampo di Telapak Tangan

Langsung menggunakan sampo pada kulit kepala tanpa membusakan terlebih dahulu bisa menyumbat pori-pori kulit kepala dan menjadi awal terjadinya masalah pada kulit kepala.
source: http://blog.ecostore.com.au/2013/11/20/nasty-chemical-of-the-month-cocamide-dea/

5) Pijat Kulit Kepala Dengan Busa Sampo

Pijat perlahan dengan menggunakan bantalan jari-jarimu, ya. Hindari penggunaan kuku untuk memijit karena akan melukai kulit kepala.
source: http://www.lifeeo.com/tips/1690/8-manfaat-madu-yang-bisa-membuat-kulitmu-terlihat-lebih-cantik-dan-aman-buat-kantong

6) Bilas Dengan Benar

Pastikan kamu membilas kulit kepala dan rambut secara menyeluruh. Gunakan air dingin untuk membilas sehingga kutikula rambut kembali tertutup. Atau kamu bisa menggunakan air hangat terlebih dahulu, baru kemudian diakhiri dengan air dingin.
source: http://www.trusper.com/tips/Beauty-Tips-Every-Girl-Must-Know/19207756
Ada 2 hal yang perlu kamu perhatikan saat mencuci rambut, yaitu:
1) Waktu yang tepat untuk mencuci rambut adalah malam hari. Pada saat tidur, sel-sel tubuh berganti dengan yang baru, termasuk sel rambut dan kulit kepala. Kulit rambut yang bersih saat pergantian sel terjadi akan memberi pengaruh baik bagi pertumbuhan rambut. Mencuci rambut di pagi hari tidak terlalu disarankan karena biasanya kamu akan sibuk di pagi hari sehingga melupakan poin-poin penting yang perlu dilakukan saat mencuci rambut.
source: http://repimo.org/175
2) Batasi mencuci rambut sehari sekali. Beberapa orang yang merasa kulit kepalanya terasa lengket karena kelebihan produksi minyak atau keringat mungkin akan lebih sering mencuci rambut dalam sehari. Namun hal ini tidak disarankan karena bisa menyebabkan minyak yang diproduksi untuk kesehatan kulit kepala akan ikut hilang terbawa sampo. Layaknya mencuci wajah lebih dari 2 kali sehari, mencuci rambut lebih dari sekali dalam sehari bisa memicu produksi minyak secara berlebihan.
source: http://usefulshampoo.com/shampoo-for-oily-scalp
Coba perbaiki kebiasaan mencuci rambut dan hal-hal yang harus dihindari agar rambut rontokmu tak semakin parah, ya.