Apakah Peredaran Darah Pada Tubuhmu Lancar?

Kondisi tubuh yang tidak fit dan sering sakit mungkin disebabkan oleh peredaran tubuh yang tidak lancar. Apakah Minasan sering merasa kurang bersemangat, tubuh mudah kedinginan, dan malas beraktivitas?
source: http://ara4.info/40dai-jyoseihormone-169.html
Coba cek berapa di antara hal-hal di bawah ini yang cocok dengan kondisi Minasan:
1. Setiap hari mengalami stres berat akibat pekerjaan
2. Sering minum minuman dingin
3. Suka makan junk food
4. Sering melewatkan jam makan
5. Sering makan makanan yang sama
6. Sensitif terhadap udara dingin
7. Jarang olahraga
8. Pembuluh darah di balik lidah berwarna merah kehitam-hitaman

Semakin banyak yang cocok, berarti semakin besar kemungkinan Minasan mengalami peredaran darah yang tidak lancar dan mempraktekkan gaya hidup yang kurang sehat. Perbaiki peredaran darahmu dengan cara-cara di bawah ini.

Perbaiki Pola Makan

1. Konsumsi Vitamin Dengan Minyak

Mengkonsumsi vitamin bersamaan dengan minyak disinyalir dapat membuat vitamin dapat diserap oleh tubuh dengan baik. Minyak dengan kualitas yang baik juga dapat mempengaruhi kelancaran peredaran darah dalam tubuh.
source: https://www.pinterest.com/pin/87679523969752346/
Beberapa minyak yang baik untuk dikonsumsi adalah minyak yang mengandung Omega-3 dan lemak baik seperti flax oil, perilla oil, chia seed oil, dan minyak ikan. Minasan bisa mengkonsumsi tomat yang kaya akan vitamin A dengan dressing yang mengandung salah satu minyak di atas.
2. Hindari Minuman Dingin dan Junk Food

Minuman dingin dapat menurunkan suhu tubuh dan kadar lemak yang tinggi dalam junk food hanya akan memperburuk peredaran darah dalam tubuh, maka sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan seperti ini. Snack yang tinggi kandungan MSG seperti chiki juga termasuk dalam kategori junk food, lho.
source: http://www.huffingtonpost.com/peter-a-georgescu/fast-food-could-end-obesi_b_3536124.html
Minumlah air putih dalam suhu temperatur ruangan. Jika ingin makan snack, usahakan untuk mengecek bahan-bahan yang dikandung sebelum mengkonsumsinya. Hindari snack yang mengandung lemak jenuh dan tinggi gula maupun garam.
3. Penuhi Kebutuhan Gizi Dengan Suplemen

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi 4 sehat 5 sempurna dalam sehari memang tak mudah, apalagi kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh juga tak sedikit. Jangan takut untuk minum-minuman suplemen atau vitamin tablet di hari-hari sibuk, karena gizi yang seimbang merupakan kunci dari tubuh yang sehat.
source: http://www.prevention.com/mind-body/natural-remedies/diet-pill-dangers-truth-behind-weight-loss-supplements
Perhatikan makanan yang Minasan makan dalam beberapa hari terakhir. Jika dirasa kurang makan sayur, penuhi kebutuhan akan sayuran dengan meminum minuman suplemen yang mengandung zat gizi dari sayuran. Jika tubuh terasa lemas dan tidak sempat mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C, konsumsilah minuman bervitamin yang banyak dijual di pasaran.

Perbaiki Peredaran Darah Dengan Akupuntur

Menekan titik-titik tertentu pada tubuh dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Oleskan body lotion atau massage oil dan tekan titk-titik berikut ini:

1. Lutut

Regangkan kaki, cari bagian samping lutut yang dirasa agak lembek. Bagian ini biasanya berada di atas tempurung lutut dan menempel satu sama lain jika kaki Minasan dirapatkan. Tekan-tekan bagian ini dengan ujung jempol dari bawah mengarah ke atas. Ulangi selama beberapa menit.
source: http://jikotiryousoudan.com/tanashi/?p=5497
2. Pergelangan Kaki

Cari bagian pergelangan kakimu yang menghadap ke dalam, letakkan keempat jari tangan di atasnya dan tekan titik di atas keempat jari tanganmu. Bagian ini baik ditekan untuk Minasan yang sensitif terhadap dingin atau sering merasa keram saat menstruasi.
source: http://www.reiki-masters.com/NEWS/47/
3. Kaki

Cari titik pertemuan antara tulang jempol dengan tulang telunjuk pada kaki. Bagian ini akan terasa nyaman saat ditekan sehingga mudah ditemukan. Tekan-tekan dengan telunjuk atau jempol.
source: http://hk.apple.nextmedia.com/supplement/health/art/20100910/14434573

Pasang Aromaterapi di Kamar

Stres berkepanjangan merupakan salah satu penyebab peredaran darah yang tidak lancar dan mengakibatkan tubuh menjadi kurang fit. Aromaterapi merupakan salah satu cara untuk mengatasinya, karena wewangian dapat membuat tubuh merasa lebih rileks. Keadaan tubuh yang rileks tentu akan membantu peredaran darah dalam tubuh lebih menjadi lebih lancar.
source: http://www.worldlifestyle.com/beauty-style/best-scents-your-home
Minasan bisa menyalakan lilin aromaterapi dengan wangi favorit. Lavender, clary sage, dan rosemary merupakan wewangian yang dapat melepaskan stres secara efektif.

Kurang Olahraga Adalah Sumber Segala Penyakit

Keep that in mind. Jika Minasan merasa selalu disibukkan oleh kegiatan sehari-hari, carilah waktu luang untuk menyempatkan olahraga. Awali dengan olahraga seminggu sekali, lalu tingkatkan frekuensi menjadi 2-3 kali dalam seminggu setelah terbiasa agar tubuh tidak terlalu lelah. Jika tak sempat olahraga di pagi hari, Minasan juga bisa olahraga 1-2 jam setelah pulang kerja setelah beristirahat sejenak.
source: http://womensbrainhealth.org/great-minds-think-alike/new-research-on-depression-why-women-need-to-exercise
Dengan rutin berolahraga, peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh menjadi lebih sehat dan tidak gampang sakit-sakitan.
Kelancaran peredaran darah memang bukan hal yang kerap diperhatikan oleh kebanyakan orang, tapi merupakan kunci dari tubuh yang sehat. Dengan sirkulasi darah yang lancar, tubuh akan terasa lebih fit dan kecantikan lebih terpancar dengan jalan. Ayo terapkan gaya hidup sehat mulai sekarang agar peredaran darah tubuhmu selalu lancar.