Lokasi Pantai Air Cina

Kurang lebih 42 Km dari pusat kota Kupang, Minasan bisa mendapati pantai yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan, yaitu Pantai Air Cina.
source: https://www.facebook.com/Jalan2com/photos/a.414529908611910.99850.407359699328931/456979261033641/
Jauh di ujung barat pulau Timor kurang lebih, 42 Km dari Kota Kupang, NTT Anda akan sampai di sebuah pantai yang indah, namanya Pantai Air Cina. Pantai ini bagaikan sebuah mutiara yang tersembunyi, begitulah kira-kira saya menggambarkannya. Pertama, lautan yang berwarna kebiru-biruan menjadi pemandangan yang indah di sini. Setelah beberapa kali mengunjungi pantai-pantai di Bali, saya bisa menyamakan keindahan pantai ini dengan Pantai Dream Land di Bali, namun ombaknya lebih tenang. Kedua, Anda tidak akan mengira menjumpai pantai seindah ini karena pantai ini belum dikelola pemerintah sebagai aset wisata.
source: http://www.kompasiana.com/arnoldasyeradoe/keindahan-pantai-air-cina-dan-sejarahnya_54f7c248a33311f81f8b4a1e

Sejarah Pantai Air Cina

Mengapa pantai ini dinamai Pantai Air Cina, padahal letaknya di Indonesia? Karena pantai ini dulunya adalah tempat bersandar kapal dari Cina.
source: http://www.kompasiana.com/arnoldasyeradoe/keindahan-pantai-air-cina-dan-sejarahnya_54f7c248a33311f81f8b4a1e
Penamaan Pantai Air Cina tak lepas dari kisah puluhan tahun lalu, pantai ini sebagai tempat bersandar kapal dari Cina, versi lain menyebutkan bahwa orang dari Desa Nefo menyebut pantai ini oe sina. Oe berarti air dan kata sina berasal dari nenek moyang orang Desa Nefo yang hidup di sekitar pantai.
source: http://www.travelmatekamu.com/2015/01/06/pantai-air-cina-satu-lagi-keindahan-dari-kupang-barat/

Akses Menuju Pantai Air Cina

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 42 Km dari kota Kupang, Minasan masih harus menempuh 5 Km lagi dengan berjalan kaki melewati jalan yang penuh batu. Mungkin karena aksesnya yang agak sulit inilah, maka pantai Air Cina masih sepi pengunjung. Akan tetapi, manfaat lain bisa Minasan peroleh karena tempat relatif sepi maka Minasan bebas bermain, berfoto atau memancing.
source: http://twicsy.com/i/nC4Hyd
Pantai Air Cina terletak di antara Desa Nefo dan Desa Panaf, kabupaten Kupang, NTT. Anda harus menyusuri jalanan yang berbatu sekitar 5 Km dari jalan utama untuk masuk ke daerah pantai ini. Hal inilah yang membuat perjalanan terasa lama, tapi Anda tidak akan menyesal. Setibanya di daerah pantai Anda tidak akan menemukan perumahan penduduk, mungkin karena itulah pantai ini cukup terlihat bersih, namun karena belum dikelola dan masih alami. Kotoran yang ada kebanyakan berasal dari daun atau ranting yang jatuh dari pohon di sekitar pantai, intinya sampah-sampah alami dan bukan akibat perbuatan manusia.
source: http://www.kompasiana.com/arnoldasyeradoe/keindahan-pantai-air-cina-dan-sejarahnya_54f7c248a33311f81f8b4a1e

Aktivitas di Pantai Air Cina

Penduduk sekitar bekerja sebagai nelayan dan melakukan budidaya rumput laut. Jadi di tempat ini Minasan bisa memancing sekaligus melihat bagaimana budidaya rumput laut. Ikan di daerah perairan ini terkenal dengan ikannya yang berukuran besar-besar. Pantai di sini terbilang bersih juga karena masih sepi pengunjung.
source: http://twicsy.com/i/TvqWAd
Selain menjadi tujuan bagi para pemancing, Pantai Air Cina juga merupakan daerah pantai yang difungsikan sebagi tempat pengembangan dan pembudidayaan rumput laut oleh masyarakat sekitarnya. Maka tidak perlu merasa aneh jika kita berkunjung ke Pantai Air Cina ini dan melihat ada banyak botol-botol yang terapung dipantai. Botol-botol tersebut memang difungsikan untuk membantu pembudidayaan rumput laut agar terapung.
source: http://backpacker-wisata.blogspot.com/2014/02/berwisata-ke-pantai-air-cina-kupang.html