Letak Pulau Samalona

Pulau Samalona adalah pulau di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan dan dekat dengan Pantai Losari. Berbagai fasilitas dan akomodasi sudah tersedia di pulau ini. Meskipun dekat dari kota Makassar, pulau ini jauh dari kesan hingar bingar kota Makassar.
source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2057959/sejuta-pesona-pulau-samalona-di-makassar
Samalona adalah sebuah pulau kecil di Selat Makassar, tepatnya di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Posisi lebih tepatnya berada di sebelah barat kecamatan Wajo, Makassar, berjarak sekitar 2 Km dan bisa dilihat dengan jelas dari kecamatan tersebut.
source: https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Samalona

Akses Menuju Pulau Samalona

Karena dekat dari kota Makassar, maka lama perjalanan menuju pulau ini hanya memakan waktu 30 menit saja. Minasan bisa menyewa kapal motor dengan menyeberang pulang pergi sesuai jadwal yang ditentukan atau menyewa kapal secara harian.
source: http://www.cumilebay.com/2012/10/pulau-samalona.html
Untuk menuju Pulau Samalona, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 2 Km dengan menggunakan perahu motor. Jasa sewa perahu motor bisa ditemukan di dermaga Kota Makassar yang letaknya tidak jauh dari Pantai Losari.
source: http://www.indonesiakaya.com/kanal/detail/menikmati-eksotisnya-pulau-samalona-di-bumi-makassar

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Pulau Samalona?

Hal yang utama saat mengunjungi sebuah pulau dan pantai adalah menikmati sunset dan sunrise, tergantung minat Minasan saja. Tinggal disesuaikan waktunya. Hal yang kedua adalah diving dan snorkeling. Lalu yang ketiga Minasan bisa berjemur atau bermain pasir. Nah, banyak bukan yang bisa dilakukan? Apalagi menghabiskan waktu di salah satu pulau indah di Makassar ini, mungkin Minasan justru akan menginap karena merasa kurang puas jika hanya sebentar di pulau ini.
source: http://www.wafertango.com/index.php?page=readshare-detail&id=2404
Walau kecil, pulau ini dilengkapi berbagai fasilitas penunjang wisata, seperti penginapan, kamar bilas, dan kedai. Jika pengunjung ingin melihat keindahan bawah laut, juga tersedia jasa sewa alat-alat diving dan snorkeling lengkap dengan pemandu jika diinginkan. Harga sewa alat-alat snorkeling Rp50.000-Rp100.000, tergantung kepandaian pengunjung dalam menawar harga.
source: http://www.indonesiakaya.com/kanal/detail/menikmati-eksotisnya-pulau-samalona-di-bumi-makassar
source: http://www.cumilebay.com/2012/10/pulau-samalona.html
Sajian utama di Pulau Samalona adalah keindahan dunia bawah laut. Saat menyelam, Anda dapat bertemu dengan terumbu karang yang cantik dan ikan laut berwarna-warni, serta kuda laut. Airnya yang jernih pun, menambah keelokan dunia bawah lautnya.
source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2057959/sejuta-pesona-pulau-samalona-di-makassar

Penginapan dan Rumah Makan

Apabila Minasan memutuskan untuk menginap, di pulau ini juga tersedia penginapan yang terjangkau. Jika ingin menikmati makanan juga ada rumah makan seafood tersedia pulau ini.
source: http://travel.detik.com/readfoto/2013/02/08/135500/2161734/1026/3/
Untuk akomodasi dan fasilitas yang ada di tempat wisata Pulau Samalona, Makassar ini tersedia penginapan yang sederhana yang berbentuk rumah panggung dengan kapasitas sekitar 20 orang, dengan harga sewa sekitar Rp150.000-Rp250.000 per malam untuk setiap penginapannya. Selain itu di Pulau Samalona ini juga tersedia warung makan yang menyediakan aneka makanan seafood yang segar dengan harga yang terjangkau.
source: http://www.telusurindonesia.com/tempat-wisata-pulau-samalona-di-makassar.html