Buah dan Sayur

Konsumsi buah dan sayur bertujuan mengikat minyak melalui serat. Dengan demikian, produksi minyak berlebih tidak akan mengganggu pori-pori kulit yang rentan terhadap bakteri. Kurangi atau tidak mengkonsumsi makanan berminyak sama sekali untuk menjaga keseimbangan hormon.
Wajah perempuan dapat terlihat lebih berminyak. Minyak menjadi makanan untuk bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri ini menyebabkan keluarnya jerawat dan inflamasi kulit menjelang menstruasi.
source: http://klikdokter.com/tanyadokter/masalah-kulit/jerawat-muncul-sebelum-menstruasi

Air Putih

Mengkonsumsi air putih dianjurkan sebanyak 8 gelas per hari minimalnya. Namun anjuran ini banyak diabaikan sehingga menimbulkan banyak masalah pada kulit. Hal ini penting karena fungsi air putih yang dapat membersihkan kotoran dan minyak yang menempel pada organ tubuh.

Teh Hijau

Di dalam teh hijau terdapat antioksidan yang disebut cathecins dan polifenol yang efektif meningkatkan kinerja hormon melawan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan kandungan asam aminonya yang disebut L-thanine berperan menurunkan kadar hormon penyebab kecemasan dan stres yang menjadi penyebab munculnya jerawat menjelang menstruasi.
source: http://www.corepower.com/blog/tea-health-benefits/

Suplemen Kulit

Mengkonsumsi suplemen kulit juga dianjurkan untuk menyeimbangkan hormon. Saat ini ada banyak suplemen kulit yang dijual bebas di pasaran. Namun, disarankan memilih suplemen yang efektif membantu mempercepat regenerasi kulit seperti klorofil, spirulina, atau minyak ikan.
Asam lemak Omega-3 membantu dalam mengontrol kelebihan hormon yang pada gilirannya mengurangi kemungkinan pembentukan jerawat. Secara ringkas, Omega-3 pada minyak ikan sangat bermanfaat untuk kulit dan mengurangi jerawat.
source: http://health.detik.com/read/2010/12/01/112956/1506548/766/ada-obat-jerawat-dalam-minyak-ikan

Probiotik

Probiotik adalah bakteri yang berkembang biak pada makanan atau minuman yang memiliki manfaat kesehatan. Bakteri baik inilah yang akan menyeimbangkan bakteri di dalam tubuh sehingga mampu mengontrol produksi sebum agar tidak menimbulkan jerawat. Makanan dan minuman yang mengandung probiotik adalah sayuran, buah-buahan, madu, serta hasil fermentasi seperti kefir, yogurt, dan kimchi.
source: http://amazingwellnessmag.com/12-immune-boosting-supplements/
Jika diminum, probiotik dapat meningkatkan bakteri pada usus yang membantu meringankan peradangan di seluruh tubuh dan hasilnya akan berdampak pada permukaan kulit.
source: http://www.womenshealth.co.id/beauty/kilas.cantik/salah.satu.cara.ampuh.atasi.jerawat.yaitu.mengonsumsi.probiotik/006/002/75