1. Hindari Penggunaan Puff yang Kasar

Buang jauh-jauh puff bedak atau foundation yang biasa kamu gunakan jika sudah mulai kasar. Jika kamu menggunakan brush untuk bedak atau foundation, segera ganti jika bulu brush mulai kasar dan tak halus lagi.
source: http://blog.goo.ne.jp/lily634/e/82f42f4c71de9310f5abbfa5a3ea550b
Wajah berjerawat sangat sensitif terharap gesekan. Puff atau bulu brush yang kasar bisa membuat kondisi jerawatmu semakin parah, lho! Jadi sebisa mungkin hindari hal ini, ya.

2. Cuci Puff Bedak Secara Berkala

Biasakan untk mencuci puff bedak secara teratur! Hal ini sering kali terlewat karena kamu terlalu malas mencuci puff yang digunakan setiap hari. Jangan gunakan bagian puff yang sama sampai kamu mencucinya lagi, ya.
source: http://blog.livedoor.jp/waiwai_oasis/tag/%E8%B6%85%E9%9F%B3%E6%B3%A2%E6%B4%97%E6%B5%84%E6%A9%9F?p=2
Bakteri dari kulit berjerawat yang menempel pada puff semakin lama akan mengendap di dalamnya, lho! Jadi sudah pasti jerawatmu akan menjadi semakin parah jika puff tersebut menyentuh kulitmu yang sedang berjerawat.
Biasakan satu puff digunakan maksimal 4 hari dengan pembagian sebagai berikut:
Hari pertama: Depan atas
Hari kedua: Depan bawah
Hari ketiga: Belakang atas
Hari keempat: Belakang bawah
Cuci puff 4 hari sekali saat semua bagian telah kamu gunakan. Jadi setidaknya kamu harus punya 2 puff bedak agar dapat digunakan bergantian saat yang lain sedang dicuci.
source: http://hadalove.jp/wash-puff-2777
Cuci puff dengan sabun batang merupakan cara paling mudah karena bisa mengangkat kotoran dengan cepat. Namun jika kamu tidak punya sabun batang, gunakan deterjen cair secukupnya. Rendam sabun batang dan puff dalam baskom berisi air, lalu gosok permukaan puff dengan sabun sampai noda hilang. Setelah itu cuci sabun dan puff dengan air mengalir untuk menghilangkan noda yang mungkin masih menempel.

3. Perhatikan Produk Cleansing yang Kamu Gunakan

Wajah berjerawat sangat sensitif terhadap segala bentuk produk perawatan wajah. Sama seperti kosmetik, cleansing juga salah satu produk yang perlu diperhatikan untuk kulit berjerawat. Kabarnya cleansing merupakan produk yang paling membebani kulit di antara produk perawatan kulit lainnya.
source: http://evonnz.com/2013/12/faster-gentler-makeup-removal-with-new-biore-cotton-cleansing-sheets/
Hindari produk cleansing berbentuk sheet atau semacam tisu basah dan semua jenis minyak termasuk minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung Oleic Acid yang disebut-sebut merupakan umpan empuk untuk bakteri penyebab jerawat.
source: http://www.girlscosmo.com/how-to-remove-makeup-properly/
Pilih cleansing milk karena teksturnya lembut sehingga sangat minim gesekan pada kulit berjerawat. Satu jenis minyak alami yang bisa kamu jadikan pilihan cleansing adalah jojoba oil karena mengandung Wax Ester yang juga diproduksi oleh kulit, berfungsi sebagai anti-bacteria dan dipercaya dapat membunuh bakteri jerawat. Gunakan handuk hangat saat kamu membersihkan wajah dengan jojoba oil karena seperti yang kamu tahu, minyak tidak bisa dibersihkan dengan air.
source: http://seramido-oginau.info/
Mungkin hal-hal seperti di atas sering terlewat dari perhatianmu sehingga menyebabkan jerawatmu semakin parah. Jadi pastikan kamu tidak mengulanginya lagi supaya wajahmu cantik bebas jerawat :)