Perawatan di dokter akan menggunakan bahan kosmetik khusus yang tentu saja butuh banyak biaya. Namun buat kamu yang tak ingin melakukan perawatan di dokter, kamu juga bisa memilih kosmetik yang beredar di pasaran. Ada berbagai merek dengan kualitas harga yang berbeda yang bisa kamu dapatkan.
Meski demikian, perawatan baik di dokter maupun menggunakan produk kosmetik yang beredar di pasaran tidak semua dapat cocok di kulit. Jika memiliki kulit sensitif, penggunaan kosmetik sembarangan justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Nah, untuk itu kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa memilih bahan alami yang yang ada di sekitar untuk membantu mencerahkan kulit.
Berikut ini adalah 10 bahan alami yang bisa kamu pilih untuk memutihkan kulit:

1. Paprika

Untuk memutihkan wajah, kamu bisa memilih masker yang dibuat dari olahan paprika. Masker yang dibuat dari bahan ini mampu meningkatkan aliran sirkulasi darah di wajah. Caranya kamu dapat mengaluskan paprika merah atau hijau untuk dijadikan krim agar bisa digunakan sebagai masker wajah. Kemudian oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu basuh dengan air dingin hinggar bersih.
source: http://www.theluxuryspot.com
Dengan rutin melakukan masker dengan krim paprika ini, kamu akan bisa mendapatkan kulit cerah alami. Selain itu tentu saja dapat menyehatkan sel-sel wajah.

2. Yogurt

Tak hanya enak disantap sebagai pilihan makanan untuk diet atau pun pencuci mulut, yogurt memiliki manfaat lain untuk kecantikan. Kandungan dalam yogurt mampu memberikan kelembapan untuk kulit wajah. Masker yang dibuat dari yogurt mampu menghaluskan kulit wajah dan membantu untuk merawat kulit hingga mencerahkannya. Caranya dengan mencampur yogurt dengan sedikit madu lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 menit kemudian basuh dengan air hingga bersih.
source: http://www.womenshealthmag.com

3. Chamomile

Jika biasanya chamomile dijadikan teh, kini kamu bisa memilih bunga yang satu ini sebagai salah satu bahan merawat kulit. Antioksidan dalam chamomile dapat membantu untuk mengatasi kantong mata. Dengan merawat kulit di sekitar mata akan membuat kulit wajah terlihat lebih cerah. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan kantong teh yang sudah digunakan. Setelah didiamkan hingga dingin, kamu bisa menempelkan kantong teh pada mata. Lakukan ini selama dua minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
source: http://idiva.com

4. Susu

Untuk mencerahkan kulit, kamu bisa menggunakan susu. Di salon seringkali ada paket perawatan mandi susu untuk mencerahkan kulit. Bukan tanpa alasan, susu memang mengandung bahan yang mampu membantu mencerahkan kulit dan mencerahkan kulit wajah. Kamu tidak perlu repot pergi ke salon karena bisa melakukannya sendiri di rumah.
source: http://www.ummi-online.com
Caranya tuangkan beberapa tetes susu pada kain lalu gunakan untuk menggosok wajah dengan lembut. Dengan cara ini akan membantu untuk mengangkat sel kulit mati serta menutrisi kulit sehingga mampu membantu mencerahkannya.

5. Minyak Alpukat

Lezat disantap sebagai teman salad buah yang menyegarkan atau dijadikan jus, alpukat mengandung banyak vitamin yang juga bermanfaat untuk kulit. Kamu bisa mendapatkan minyak alpukat dan menggunakannya untuk membersihkan wajah. Jika tak sempat mencuci wajah sebelum tidur, minyak alpukat adalah pilihan tepat untuk membersihkan wajah yang menggunakan makeup seharian. Setelah bersih, serap sisa minyak di wajah menggunakan tisu.
source: http://indonesian.alibaba.com

6. Jeruk Nipis & Putih Telur

Jeruk nipis dan putih telur adalah perpaduan sempurna bagi kamu yang mendambakan kulit putih cerah alami. Kamu bisa menggunakan masker jeruk nipis dan putih telur ini secara rutin satu minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Caranya adalah dengan campur perasan jeruk nipis dan putih telur hingga rata kemudian oleskan ke wajah. Setelah itu diamkan hingga mengering selama 5-10 menit kemudian basuh dengan air dingin hingga bersih.
source: http://febrianahikmah.blogspot.com

7. Almond

Enak dijadikan camilan, almond ternyata bermanfaat untuk mengurangi warna gelap pada kulit. Dengan menggunakan masker almond ini akan membantu untuk mencerahkan kulit. Masker almon yang ampuh untuk merawat kulit adalah jika kamu mencampur almond dengan susu dan sedikit kunyit.
source: http://www.starnutca.com
Cara membuatnya adalah dengan merendam 4-5 biji almond dan 1 ruas kunyit dalam susu cair pada pagi hari. Kemudian tiriskan kunyit pada malam hari dan haluskan almond dalam susu hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan pada wajah dan leher dan diamkan semalaman. Bilas dengan air dingin hingga bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan setiap 2 minggu sekali, ya.

8. Tomat

Segar dan menyehatkan, tomat tak hanya enak dijadikan jus. Kandungan vitamin C dalam tomat bermanfaat untuk memutihkan kulit, lho. Untuk mengambil manfaat dari tomat untuk kecantikan ini, kamu tidak perlu repot. Cukup pilih tomat segar lalu parut dan tambahkan 2-3 perasan air lemon dan juga air mawar. Aduk hingga rata lalu oleskan pada wajah dan leher dengan menggunakan kuas. Diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Kamu pun akan merasa kulit wajah terasa lebih segar. Lakukan setiap seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
source: https://baliaromaticspa.wordpress.com

9. Pepaya

Pepaya tak hanya berkhasiat untuk membantu pencernaan. Pepaya memiliki khasiat mencerahkan kulit. Dengan kandungan enzim papain, papaya hijau baik untuk memutihkan kulit. Caranya dengan menghaluskan 1 sdm pepaya hijau atau pepaya mangkal. Kemudian campurkan dengan 1 sdm pepaya yang sudah matang. Setelah tercampur dengan merata oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Masker ini dapat digunakan setiap hari untuk hasil yang optimal.
source: http://pelangiflora.com

10. Kentang

Kentang menjadi salah satu makanan yang dipilih saat diet. Selain itu kentang juga banyak diolah menjadi makanan yang lezat untuk disantap. Namun di balik manfaatnya untuk dimakan, kentang juga memiliki manfaat lain untuk mencerahkan kulit. Kentang yang sudah dihaluskan dapat menjadi pemutih alami untuk kulit.
source: https://klinikpengobatanalami.wordpress.com
Caranya dengan mencampur satu buah kentang yang sudah diparut dengan 1 sdt madu. Setelah itu oleskan pada kulit wajah dan leher dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan rutin seminggu sekali untuk mendapatkan hasil kulit cerah dan sehat.
source: https://klinikpengobatanalami.wordpress.com
Nah, ada banyak pilihan bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan kulit secara alami. Berbagai bahan alami ini mudah didapat dan bebas bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Kamu yang punya kulit sensitif pun tak perlu khawatir terkena iritasi karena bahan dari alam jelas lebih aman digunakan dan menyehatkan. Selamat mencoba!