1. Hindari Menyentuh Wajah

Meski kesannya sepele, namun kebiasaan yang satu ini cukup berpengaruh dengan timbulnya jerawat pada wajah kita, lho. Usahakan agar tangan kita untuk tidak melakukan kontak dengan wajah, terutama saat belum mencuci tangan. Karena, tangan cukup banyak melakukan kontak dengan benda-benda "sumber bakteri" misalkan saja handphone, gagang pintu, keyboard laptop, dan masih banyak lagi. Jangan biarkan bakteri dan kotoran tersebut berpindah ke wajah kita ya. Jika ingin menyentuh wajah, misalnya saat mengaplikasikan skincare atau makeup, cucilah tangan terlebih dahulu.

2. Cuci Wajah 2 Kali Sehari

Ingin mencegah jerawat datang lantas kamu jadi sering mencuci wajah? Ini bukan cara yang tepat, lho. Membersihkan wajah memang salah satu cara mencegah jerawat, karena dengan begitu bakteri, sel kulit mati, akan terangkat sehingga pori-pori tidak tersumbat. Namun tahukah kamu jika hal ini juga bisa membuat kulit menjadi sangat kering, sehingga lebih rentan dengan iritasi?
Untuk itu, cukup bersihkan wajah pada pagi hari sebelum memulai aktivitas, dan setelah beraktivitas atau sebelum tidur. Jika kamu merasa 2 kali saja tidak cukup karena minyak yang berlebih pada wajah, silakan konsultasi pada dokter. Sehingga, kamu mendapatkan perawatan khusus dan sabun pencuci wajah yang cocok dan tidak membuat kulit kering.
Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah perhatikan kebersihan tangan sebelum mencuci wajah. Cucilah tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan sabun pembersih wajah. Tangan yang kotor saat mencuci akan membuat bakteri menempel pada sabun dan wajah.
source: http://i24women.com/2015/06/29/watch-out-for-these-mistakes-when-washing-your-face/

3. Hindari Pemakaian Kosmetik Berlebihan

Kosmetik yang mengandung banyak bahan kimia juga bisa membuat kulit iritasi. Yap, hal ini disebabkan karena penggunaan kosmetik berlebihan akan menutup pori-pori sehingga kulit tidak bisa bernafas dengan baik. Alhasil, kotoran dan bahan kimia menumpuk pada pori-pori sehingga dapat menimbulkan jerawat.
Oya, berhati-hatilah dalam memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit kamu ya, Minasan. Jika setelah menggunakan kosmetik tertentu lalu kulit kita langsung bereaksi, misalnya gatau dan timbul jerawat, hentikan penggunaan produk tersebut. Bebaskan juga kulit dari kosmetik saat tidur malam. Gunakan pembersih kosmetik agar kosmetik dapat terhapus dengan sempurna, lalu bilas kembali dengan air.

4. Hindari Memencet Jerawat

Hal yang satu ini mungkin kerap kita lakukan, terlebih saat jerawat sudah mulai menunjukkan tanda-tanda "matang" Tapi tahukah kamu kalau memencet jerawat bisa membuat bakteri menyebar, menambah peradangan, dan membuka peluang bertambahnya iritasi baru pada kulit di sekitarnya? So, hindari menyentuh jerawat terlebih memencetnya ya Minasan. Kamu bisa mengompresnya dengan es batu untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan jerawat.

5. Berkeringat dan Berolahraga

Berolahraga akan membuat tubuh lebih fit dan bugar, termasuk membuat kulit lebih sehat. Kenapa? Karena berolahraga adalah salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun, termasuk pada kulit. Kotoran dan racun yang tertimbun pada pori-pori akan ikut keluar bersama dengan keringat.
source: http://gallery4share.com/w/woman-running.html

6. Hindari Stres

Tidak hanya berbahaya bagi tubuh, stres juga menimbulkan produksi hormon yang dapat menimbulkan jerawat pada kulit. Rajinlah melakukan relaksasi secara rutin, misalnya beberapa menit di sela-sela waktu bekerja, atau sebelum tidur.

7. Minum Banyak Air Putih

Cara mencegah jerawat berikutnya adalah dengan memastikan kebutuhan air untuk tubuh terpenuhi. Minum air putih yang mencukupi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh dapat membantu proses detoksifikasi (mengeluarkan racun) dari dalam tubuh. Selain itu proses metabolisme tubuh juga berjalan lebih lancar karena cairan tubuh tercukupi. Jika cairan tubuh tercukupi, kulit pun akan terasa lembab. Kulit yang kering akan lebih rentan mengalami iritasi.
Wanita membutuhkan sekitar 2,5 liter air per hari. Untuk wanita hamil dan jika cuaca sedang terik, maka dibutuhkan porsi yang lebih banyak, sekitar 3 liter air per hari. Selain air putih, kamu juga bisa mendapat asupan air dari makanan seperti buah-buahan.

8. Mandi dan Bersihkan Tubuh dengan Baik

Malas mandi? Ups, jangan heran jika jerawat betah untuk bertengger di wajah atau punggung. Minyak dan kotoran yang menumpuk di pori-pori kulit dapat menyebabkan jerawat, lho. Maka dari itu, rutinlah mandi dua kali sehari, pastikan seluruh bagian tubuh dibersihkan dengan baik, termasuk rambut. Ya, debu dan polusi yang menempel pada rambut juga merupakan salah satu faktor timbulnya jerawat pada wajah, lho, Minasan.

9. Tidur Cukup

Jerawat terus muncul pada wajah atau bagian tubuh lainnya? Mungkin kamu perlu menambah waktu untuk beristirahat. Saat tidur, tubuh mengalami proses detoksifikasi dan regenerasi. Sehingga, bagi orang dewasa dibutuhkan waktu sekitar 7-8 untuk mengistirahatkan tubuh. Jika kurang dari itu, proses ini akan terganggu. Kurang tidur juga bisa membuat tubuh lelah dan stres, sehingga memicu hormon yang menyebabkan timbulnya jerawat. Ingin mencegah jerawat? Yuk, kurangi kebiasaan begadang, dan istirahatkan tubuh sesuai dengan kebutuhannya.

10. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Kandungan vitamin dan nutrisi pada buah dan sayur sangat bagus untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit. Sehingga, tubuh memiliki daya tahan tubuh yang tinggi dan dapat mengganti sel yang rusak akibat iritasi yang disebabkan oleh bakteri. Buah paling bagus dikonsumsi saat perut kosong, atau sebelum makan. Buah juga cocok untuk dijadikan camilan sore, sebelum makan malam. Serat yang terkandung pada buah dapat menahan lapar dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan kandungan airnya bisa membantu kulit menjadi lebih lembab.

11. Rutin Mengganti Handuk, Seprai, dll.

Benda-benda yang rutin melakukan kontak dengan kulit kita seperti handuk, seprai, dan lainnya bisa menjadi sarang kuman dan bakteri lho. Maka dari itu, rutinlah menggantinya agar kebersihannya tetap terjaga.
Misalnya saja mengganti handuk 1-2 kali seminggu, atau seprai 2 kali sebulan. Atau, gantilah sarung bantal dan guling lebih sering daripada mengganti seprainya. Usahakan untuk tidak langsung menuju tempat tidur setelah beraktivitas di luar ruangan, agar bakteri dan polusi tidak menempel pada sarung.

Penanganan Lebih Serius?

Sudah melakukan berbagai kebiasaan di atas sebagai cara mencegah jerawat, namun jerawat tetap muncul dan mengganggu penampilan? Saatnya kamu berkonsultasi dengan ahlinya untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius. Berikut adalah berbagai rekomendasi klinik kecantikan yang bisa kamu datangi:
source: http://www.droliviaong.com/?lang=en
Jakarta Aesthetic Clinic. Jl. Gunawarman No. 30, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (021) - 72792305 / 085101999993
source: http://hanglekiumc.com/
Klinik Hang Lekiu. Jl. Hang Lekiu 3 No. 10, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12120. (021) 7208152, 7399301
source: http://www.natasha-skin.com/
Natasha Skin Clinic Center. Jl. Kaliurang No. 53 KM. 5 Depok, Sleman Yogyakarta. (0274) 542040
source: http://wijayaskincare.com/index.php
Wijaya Skincare. Cabang Kelapa Gading Jl. Boulevard Barat Raya LC.7 No.24 (021) - 4533037 / 38