1. Hindari Penggunaan Makeup Base

Makeup base adalah benda penting yang tak boleh terlupakan jika kamu ingin riasan yang tahan lama. Tapi sayangnya makeup base ini mengandung banyak kadar minyak. Kandungan minyak ini bisa menjadi umpan empuk buat para bakteri penyebab jerawat.
source: http://hadalove.jp/a-pimple-foundation-2985
Menutup jerawat dengan makeup base juga bukan pilihan baik karena akan cenderung membuatnya sulit bernafas dan semakin meradang. Sebagai gantinya jika kamu sedang berjerawat, gunakan serum wajah sebelum mengaplikasikan foundation.

2. Pilih Bedak Tabur atau Two Way Cake

Kandungan foundation dalam two way cake merupakan rahasia di balik makeup tahan lama, tapi sekaligus musuh besar bagi wajah berjerawat karena mengandung oil! Usahakan pilih bedak tabur saat wajahmu sedang berjerawat karena tak mengandung oil di dalamnya.
source: http://www.gaulgelaa.com/gelaa-lifestyle/wanita-dunianya/cara-menentukan-jenis-jenis-bedak-wanita-yang-cocok-untukmu/
Bedak tabur biasa memang tidak tahan lama karena fungsinya digunakan setelah foundation sehingga daya coverage memang tidak sebaik two way cake. Jika kamu butuh riasan tahan lama sementara sedang berjerawat, pilihlah two way cake dengan kandungan oil paling sedikit. Boleh juga kamu pilih loose foundation, yaitu foundation dengan tekstur powder.

3. Hati-Hati Memilih Mineral Foundation

Mineral foundation dengan kandungan bahan alaminya menjadi cukup populer karena dianggap aman bagi wajah yang sedang berjerawat. Tapi kamu perlu hati-hati! Tak semua produk yang mengklaim nama mineral foundation menggunakan bahan-bahan mineral alami.
source: http://www.beautymakeuponline.com/skin-care/mineral-makeup-is-perfect-for-people-with-flawless-skin/
Perhatikan pula kandungan oil dalam mineral foundation! Usahakan pilih mineral foundation yang oil-free atau setidaknya memiliki kandungan oil paling sedikit.

4. Big NO untuk Liquid dan Cream Foundation!

Berbanding terbalik dengan foundation berbentuk powder, foundation dengan tekstur liquid atau krim mengandung oil sangat tinggi. Selain itu, jenis foundation ini juga mengandung lebih banyak zat aditif untuk mengawetkan kandungan oil tersebut. Dengan kata lain, foundation jenis ini akan sangat membebani kulitmu.
source: https://blushmakeupblog.wordpress.com/tag/dark-foundation/
Semakin baik daya coverage dan fungsinya menutup noda di wajah, maka semakin besar pula "beban" di wajahmu sehingga produk ini sangat tidak disarankan untuk kulit berjerawat.

5. Tutupi dengan Concealer Boleh Juga

Bagian yang berjerawat sebaiknya dihindarkan dari segala produk yang mengandung oil, termasuk concealer. Namun jika kamu sedang ingin tampil sempurna untuk acara tertentu, daripada menggunakan foundation berlapis-lapis atau liquid foundation yang mengandung oil cukup tinggi, gunakan saja concealer untuk menutupi jerawat.
source: http://www.beautezine.com/mark-save-the-day-anti-acne-concealer-sticks-review-photos-swatches/
Gunakan concealer sebelum bedak tabur atau two way cake. Jangan lupa usahakan memakai concealer dengan kandungan oil paling sedikit, ya.