Nasi vs Roti

Pilih makan nasi atau roti? Di Indonesia nasi merupakan makanan pokok utama yang biasa dikonsumsi bila dibandingkan dengan roti. Namun tidak sedikit pula orang yang lebih memilih roti bila dibandingkan dengan nasi. Terlebih lagi para wanita yang sedang berdiet menghindari nasi, mungkin berlari ke roti untuk mengganti asupan karbohidrat. Tetapi masih ada kekhawatiran dengan konsumsi roti sebagai asupan utama. Terdapat anggapan bahwa makan roti justru dapat merusak program diet yang sedang dijalani. Apakah benar roti membuat gemuk?

Makan Roti Saat Sedang Diet?

Roti ada berbagai jenis macamnya dan tak sedikit pula yang memiliki aroma dan tampilan yang menggugah selera. Aroma roti yang baru selesai dipanggang kadangkala membuat kita tertarik mampir ke toko roti dan membelinya. Jadi, apakah aman untuk mengonsumsi roti saat sedang diet? Tentu saja boleh! Tetapi perlu diingat, memang nasi masih lebih baik daripada roti jika Minasan sedang dalam program diet. Pilihan berasnya juga perlu diperhatikan, kalau ingin diet yang efektif, beras merah memang lebih baik daripada beras putih.
source: http://weheartit.com/entry/190597583/search?context_type=search&context_user=IluminaLaOscuridad&query=bread
Kesimpulannya, makan roti saat sedang diet itu tidak menjadi masalah. Yang perlu Minasan perhatikan adalah jenis roti yang dikonsumsi.

Pilihan Jenis Roti yang Tepat Saat Sedang Diet

Pilihlah jenis roti yang tepat! Roti manis biasanya mengandung banyak gula serta lemak. Meskipun berukuran kecil jumlah kalori yang terkandung bisa mencapai 400kcal. Sedangkan 1 buah roti belum tentu bisa membuat perut kenyang. Bayangkan jika Minasan mengonsumi 2 hingga 3 buah roti manis dalam satu waktu, berapa banyak kalori yang sudah masuk ke dalam tubuh? Jadi, sebisa mungkin hindari roti manis karena selain mengandung banyak gula dan lemak, roti ini juga tidak mengenyangkan.
source: http://weheartit.com/entry/178334446/search?context_type=search&context_user=Skaina28&query=baguettes
Jika Minasan ingin makan roti lebih baik pilih jenis roti putih atau yang lebih dikenal dengan istilah white bread. Roti ini direkomendasikan karena dibuat tanpa menggunakan tepung terigu, melainkan tepung gandum. Selain itu, Minasan juga bisa pilih jenis roti baguette, rice bread (roti yang terbuat dari tepung beras), atau bagel. Roti yang memiliki tekstur keras dan harus dikunyah dengan baik pada saat dikonsumsi seperti ini, jika dikonsumsi dalam jumlah sedikitpun bisa membuat perut terasa kenyang.
Roti sejenis Danish pastry dan juga croissant lebih baik dihindari. Roti jenis ini biasanya mengandung banyak mentega, sehingga sudah tentu tinggi kalorinya. Jadi, mesikpun roti ini biasanya juga dijual dalam bentuk salad sandwich dengan berbagai macam sayuran, lebih baik dikurangi atau bahkan dihindari, ya!

Tips Makan Roti Saat Sedang Diet

Roti dengan tekstur keras seperti baguette ini tentunya akan lebih enak dimakan dengan menggunakan pendamping. Lalu bahan makanan apa yang sebaiknya dijadikan pendamping roti ini?
Jika ingin membuat sandwich dengan roti ini Minasan bisa pilih sayur-sayuran, udang, telur, atau bahkan alpukat sebagai isian. Bagaimana dengan daging dan keju? Tidak masalah kok asal masih dalam jumlah yang wajar.
source: http://weheartit.com/entry/53256763/search?context_type=search&context_user=bimagenta&query=baguette+sandwhich
Bila dibandingkan dengan nasi, roti memang kurang bisa memberikan rasa kenyang di perut. Oleh karena itu, Minasan bisa coba konsumsi roti dibarengi dengan sup ataupun salad. Perlu diperhatikan juga jenis sup yang dipilih. Sebaiknya pilih sup dengan sayur sebagai bahan utamanya seperti minestrone soup, atau sup bening yang tidak terlalu kental seperti consomme soup. Hindari sup kental sejenis potage sup dan cream soup karena biasanya dibuat menggunakan heavy cream sehingga memiliki kalori yang tinggi.
source: http://weheartit.com/entry/27746656/search?context_type=search&context_user=rizbef&query=bagel+soup
Dengan menu roti yang dikombinasikan dengan salad ataupun sup, perut bisa terasa kenyang lebih lama meskipun dengan jumlah roti yang sedikit. Selain itu, makan roti bisa menjadi lebih menyenangkan jika Minasan memilih makanan pendamping yang bervariasi.

Menuju Diet yang Efektif

Menjalani program diet dengan mengonsumsi roti tentu tidak masalah dengan pilihan yang tepat. Namun perlu diperhatikan lagi, kunci utama menuju diet sukses adalah keseimbangan nutrisi di dalam tubuh.
source: http://weheartit.com/entry/190636489/search?context_type=search&context_user=zumar_khan_142&query=healthy+food
Pola makan dengan satu bahan makanan saja sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan malnutrisi pada tubuh. Jika tubuh mengalami malnutrisi maka metabolisme tubuh akan memburuk sehingga tidak hanya berdampak para proram diet, tetapi juga kecantikan. Oleh karena itu, selain mengandalkan nutrisi dari sayur-sayuran jangan lupakan asupan buah juga ya Minasan. Buah juga memiliki segala manfaat baik bagi kesehatan dan juga kecantikan. Semoga dietmu berhasil! :)