Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat

Alam memberikan manfaat yang tak terhingga untuk manusia. Selain menyehatkan, beberapa bahan alami juga bisa menambah kecantikan kita, lho! Madu dan minyak zaitun adalah dua bahan alami yang sangat ampuh digunakan untuk mengatasi jerawat. Selain kedua bahan tersebut masih ada lagi bahan-bahan alami lainnya. Apa saja? Yuk, kita simak!

Minyak Zaitun dan Madu

Kombinasi masker yang pertama adalah zaitun dan madu. Zat antiseptik dan antibiotik yang terdapat pada madu mampu membunuh kuman penyebab jerawat. Minyak zaitun berperan untuk meremajakan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati di daerah sekitar jerawat. Tak hanya jerawat yang hilang, kulit wajah juga akan menjadi lebih cerah dan kencang. Untuk membuatnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.
Olive oil has a wide array of benefits and its moisturizing capabilities make it the perfect ingredient for soothing dry winter skin. Honey is deeply antibacterial and a wonderful acne-fighter that is still gentle on the skin.
source: http://michellephan.com/new-tutorial-1-minute-diy-olive-oil-honey/

Stroberi, Madu, dan Lemon

Jerawat disebabkan oleh pori-pori wajah yang tersumbat oleh sel kulit mati dan bercampur dengan sebum. Stroberi mengandung asam salisilat yang berguna untuk mengurangi infeksi pada jerawat dengan cara membuka pori-pori kulit wajah yang tersumbat tersebut. Stroberi juga dapat mencerahkan kulit wajah. Perpaduan antara stroberi yang mampu mengurangi penyumbatan pori-pori wajah dan madu yang bersifat anti bakteri dapat Minasan manfaatkan untuk mengatasi jerawat.
source: http://www.artifactgirl.com/blog/2014/01/strawberry-mask-for-zits-1.html
1. Lumatkan buah strawberry sampai hancur.
2. Tambahkan 1 sendok teh madu atau dapat diganti dengan yoghurt tanpa rasa.
3. Diamkan selama 30 menit.
4. Bilas dengan menggunakan air dingin.
source: http://kumpulan.info/cantik/tips-kecantikan/68-cantik-dengan-strawberry.html

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman hias yang sering kita jumpai di sekitar kita. Tak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, lidah buaya mengandung gel alami yang memiliki beragam manfaat untuk kebaikan kulit. Gel yang terdapat di bagian dalam lidah buaya mengandung zat anti inflamasi yang baik untuk mengurangi jerawat yang meradang. Selain itu, gel lidah buaya juga bersifat menenangkan bagi kulit. Vitamin E yang terdapat pada gel lidah buaya juga baik untuk peremajaan kulit.
source: http://www.healthyfoodhouse.com/aloe-vera-health-beauty-benefits/
Antrakuinon, komponen yang terdapat dalam gel lidah buaya ini bermanfaat dalam proses pemulihan luka yang ditimbulkan akibat jerawat, dengan meregenerasi kulit, sehingga memudarkan noda hitam bekas jerawat.
source: http://caramenghilangkanjerawatalananospray.blogspot.com/2014/06/cara-menghilangkan-jerawat-dengan-lidah-buaya.html
Caranya memanfaatkannya cukup mudah. Ambil sebatang lidah buaya dengan mengirisnya langsung pada bagian pangkalnya. Cuci bersih. Potong menjadi beberapa bagian. Ambil salah satu bagian lalu belah di bagian tengah dan Minasan akan melihat gelnya. Oleskan gel ini pada area berjerawat dan tunggu beberapa menit. Rasakan sensasi dingin dan segar yang ditimbulkannya. Jika sudah, bilas dengan air.

Pepaya

Siapa sangka buah yang satu ini juga baik untuk kecantikan kulit Minasan? Tak hanya mampu melancarkan pencernaan, ternyata pepaya juga menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi jerawat, lho! Cara menggunakannya juga mudah. Minasan tinggal mengoleskan daging buah pepaya yang sudah dihaluskan ke area yang berjerawat. Jika Minasan ingin memadukannya dengan bahan alami lainnya juga bisa, misalkan dengan madu.
source: http://www.myhealthtips.in/2013/06/amazing-benefits-of-papaya-for-skin-and-hair.html
Oleskan masker pepaya dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Bagian berdaging dari pepaya, dapat dijadikan sebagai masker wajah, dan bermanfaat sebagai agen anti-mikroba. Hal ini dapat membantu mengurangi jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri penyebab jerawat.
source: http://manfaatbuah-daun.blogspot.com/2014/12/tips-menghilangkan-jerawat-dengan-pepaya.html

Lemon

Terakhir adalah lemon. Dibanding buah jeruk, lemon memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak. Asam sitrat pada buah lemon sangat baik untuk mengatasi jerawat karena bersifat anti bakteri. Selain itu lemon juga berfungsi sebagai astringent alami yang mampu mengeringkan luka bekas jerawat.
source: http://everydayroots.com/acne-remedies
Sebelumnya basuh wajah dengan air hangat kemudian ambil satu sendok sari lemon dengan memeras lemon yang telah dipotong menggunakan kapas, lalu oleskan air lemoon tersebut pada jerawat maupun bekasnya dan biarkan kurang lebih 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih.
source: http://www.astaqauliyah.com/blog/read/3940/manfaat-madu-dan-lemon-untuk-jerawat.html
Bagaimana, Minasan? Mudah, bukan? Selamat mencoba!