Cara Melilit Kain Batik Model 1

Untuk model yang pertama ini, jika Minasan mempunyai tumpal (gambar 1) maka bisa digunakan. Jika tidak ada juga tidak masalah. Masukkan ujung kain pada alat tersebut dan letakkan di tengah perut (sekitar pusar). Lalu tarik kain di bagian kiri hingga terasa cukup kencang. Ikat kedua ujung kain sekali saja (agar tidak ada benjolan) dan sisa kain bisa dililit.
source: https://nurillairyani.wordpress.com/2010/06/28/cara-pakai-kain-batik/

Cara Melilit Kain Batik Model 2

Cara melilit kain model kedua ini cukup mudah dan sederhana. Untuk lebih jelasnya, Minasan bisa melihat video di bawah ini.
youtube:0qpFH9pDo2E
source: https://www.youtube.com/watch?v=0qpFH9pDo2E
Cara Memakai Kain Batik Gaya Draperi | Tips Busana Nova
source: http://thehartanto-chronicle.blogspot.com/2012/03/tutorial-cara-pakai-dan-lilit-kain_22.html

Cara Melilit Kain Batik Model 3

Cara melilit kain batik model terakhir ini disebut sebagai lilit galembong. Lilit galembong ini adalah cara lilit kain khas suku Madura. Caranya sangat mudah sekali. Pertama-tama, ikat ujung kain di belakang pinggang dan biarkan ujung lainnya tergerai di depan. Kemudian, ambil ujung kain yang tergerai di depan tersebut dan masukkan melalui sela di kaki ke arah belakang. Tarik kain hingga mencapai pinggang dan, terakhir, ikat kedua ujung kain.
source: http://www.pungkyprayitno.com/2014/01/gorgeous-with-kain-jarit.html
Jika tidak memiliki kain yang panjang, Minasan juga bisa menggunakan kain yang ukurannya lebih pendek.
source: http://www.pungkyprayitno.com/2014/01/gorgeous-with-kain-jarit.html
Tidak hanya kain batik saja, Minasan bisa menggunakan berbagai jenis kain lainnya seperti kain tenun ataupun kain jarit. Rok dari kain khas Indonesia ini bisa dipadankan dengan beragam atasan seperti kebaya, kemeja, hingga kaos polos. Satu kain dengan beragam gaya pun bisa didapat. Yuk, pakai kain nasional Indonesia di berbagai kesempatan! Bukankah sudah selayaknya kita bangga akan budaya bangsa sendiri?