Sinar Ultraviolet

Sebelum mengenal apa itu SPF dan PA sebagai perlindungan terhadap UV, ada baiknya Minasan tahu dulu makna sinar UV. Sinar ultraviolet atau UV merupakan sinar yang dipancarkan oleh matahari. Sinar ini memiliki panjang gelombang yang berbeda-beda. UVA memiliki panjang gelombang terpanjang yakni 320-400 nm, UVB 290-320 nm, dan UVC memiliki panjang gelombang terpendek.
source: http://www.skincancer.org/prevention/uva-and-uvb/understanding-uva-and-uvb
UVC yang memiliki panjang gelombang terpendek tidak akan sampai ke kulit kita karena terserap oleh lapisan ozon. UVB memiliki panjang gelombang yang cukup untuk sampai ke permukaan kulit kita. Sedangkan UVA dengan panjang gelombang tertinggi mampu menembus ke dalam kulit.
source: http://www.skincancer.org/prevention/uva-and-uvb/understanding-uva-and-uvb
UVB yang sampai ke permukaan kulit mampu menyebabkan kulit terbakar dan kanker. Sinar ini menerjang kulit paling kuat saat musim panas dan saat jam 10 pagi sampai 4 sore setiap harinya. Lain halnya dengan UVA yang selalu terpancar setiap saat dan sangat kuat hingga mampu menembus pakaian yang Minasan kenakan. Sinar ini memang tidak terlalu memberikan efek kulit terbakar, tapi karena mampu menembus kulit maka efek buruknya adalah penuaan dini.

SPF (Sun Protection Factor)

source: http://www.badgerbalm.com/s-30-what-is-spf-sunscreen-sun-protection-factor.aspx
SPF merupakan pelindung kulit kita dari sinar UVB. Semakin tinggi nilainya maka semakin besar juga daya lindungnya. SPF 15 mampu melindungi kulit sebanyak 93,3% dari UVB, SPF 30 sebanyak 97%, dan SPF 50 sebanyak 98%. Senyawa yang berfungsi sebagai pelindung matahari ini biasanya adalah titanium dioksida atau zink dioksida.

PA

Untuk melindungi kulit dari UVA gunakanlah kosmetik yang mengandung PA. Semakin besar tanda + di belakang PA, maka semakin tinggi daya lindungnya.
source: http://may3rdonline.com/baby-sunscreen-%E6%9C%89%E6%A9%9F%E5%AC%B0%E5%85%92%E9%98%B2%E6%9B%AC%E4%B9%B3-%E6%9C%89%E6%9C%BA%E5%A9%B4%E5%84%BF%E9%98%B2%E6%99%92%E4%B9%B3
Minasan harus ingat bahwa UVA ini mampu menembus pakaian, sedangkan biasanya sunscreen dikenakan pada bagian kulit yang terbuka. Bagian dalam tubuh yang tertutup pakaian tapi tidak diolesi dengan sunscreen akan tetap tertembus UVA ini. Oleh karena itu, walaupun mengenakan sunscreen dengan PA yang tinggi, tetap hindarilah berlama-lama di bawah sinar matahari.
source: http://www.timesofmalta.com/articles/view/20120226/health-fitness/Melanoma-drug-nearly-doubles-survival-time-study.408582
Jadi, enggak ada salahnya kan meskipun telah menggunakan sunscreen secukupnya tapi tetap berlindung dari sinar matahari. Ingat bahwa kulit sehat adalah investasi masa depan Minasan. Have a nice day!