1. Dream High 1

Dari hasil voting di jejaring sosial, drama ini adalah drama terbaik di tahun 2011. Pemerannya adalah Bae Suzy dari Miss A, IU, Taecyeon dari 2PM, Wooyoung dari 2PM, dan Kim Soo Hyun. Drama ini juga yang akhirnya menjadikan Suzy sebagai salah satu aktris yang ditunggu kehadirannya dalam drama Korea.
source: http://filmromantiskorea.blogspot.com/2014/10/daftar-drama-korea-tentang-musik.html
Drama ini mengisahkan tentang para murid spesial dalam sekolah Kirin. Dibintangi oleh Suzy (Goo Hye Mi) dan Kim Soo Hyun (Song Sam Dong), drama ini menarik perhatian banyak orang. Dalam drama ini, IU menyumbangkan suara indahnya, bersama Taecyeon 2PM. Drama ini menjadi pelopor drama Korea bertema musik lainnya karena mengusung suara asli para pemeran aslinya. Bahkan saat dibuat sekuel, Dream High 2 pun kembali menjadi hits.
source: http://k-pophits.com/drama-korea-bertema-musik-romantis-dan-bikin-kecanduan/

2. Dream High 2

Drama ini mengulang sukses dari Dream High season 1, tapi dengan jalan cerita dan pemainnya berbeda. Dream High season 2 dibintangi oleh Park Jiyeon dari girlband T-ara, Kang Sora, JB, Jr, Jinwoon, Hyorin dari girlband Sistar, Ailee,Park Seo Joon, Yoo So Young, Kim Ji Soo, dan Jung Yeon Joo.
source: http://filmromantiskorea.blogspot.com/2014/10/daftar-drama-korea-tentang-musik.html
Setelah mengalami kebangkrutan, Sekolah Kirin kini diambil alih oleh Oz Entertainment. Perusahaan kemudian mentransfer pelatih muda sendiri untuk menghindari hukum penghibur di bawah umur untuk belajar. Kemudian, persaingan antara siswa di Kirin dan siswa baru transferan pelatihan Oz Entertainment.
source: http://www.portalsinopsis.com/2015/01/sinopsis-drama-korea-dream-high-2.html

3. What's Up

What's Up tayang pada tahun 2012. Drama ini dibintangi oleh member boyband Big Bang, yaitu Daesung. Masih berkisah tentang musik dan alurnya mirip dengan drama Dream High.
source: http://chasyagoresanhati.blogspot.com/2012/03/drama-korea-terbaru-whats-up-2011.html
What's Up ini merupakan Drama Korea yang diperuntukkan buat remaja. Di dalamnya terdapat tiga unsur penting yang menjadi tema cerita ini, musik, romantisme dan kehidupan Kampus. Ya, ini adalah sebuah drama seputar musik dan asmara antara mahasiswa yang terdaftar di departemen teater dari sebuah universitas.
source: http://dramakorea.gen22.net/2011/12/sinopsis-drama-korea-whats-up.html

4. Heartstring

Drama Korea bertema musik selanjutnya adalah Heartstring. Mengisahkan tentang para mahasiswa jurusan musik tradisional dan musik modern yang diperankan oleh Park Shin Hye dan Jung Yonghwa. Meskipun diawali dengan cinta segitiga, namun berakhir dengan happy ending. OST dari drama ini kebanyakan dinyanyikan sendiri oleh Park Shin Hye dan Jung Yonghwa.
source: http://k-pophits.com/drama-korea-bertema-musik-romantis-dan-bikin-kecanduan/
Dalam drama ini diceritakan dalam suatu universitas ada seorang lelaki bernama Lee Shin yang menyukai gurunya, namun cintanya bertepuk sebelah tangan, pada saat yang bersamaan dari kelas musik tradisional Gyu Won mulai dekat dengannya ayah walaupun awalnya dijadikan pesuruh. Nah, bagaimana kisah selanjutnya?
source: http://yolandafricillia.blogspot.com/2014/04/7-drama-korea-yang-bertemakan-remaja.html

5. You Are Beautiful

Drama ini sempat menjadi favorit di Indonesia. Dibintangi oleh idol K-pop, drama ini beberapa kali diputar di televisi swasta di Indonesia.
source: http://asinopsis.blogspot.com/2015/03/sinopsis-youre-beautiful-full-episode-1.html
Go Mi-nyeo (Park Shin-hye) sejak lama telah tinggal di sebuah panti asuhan bersama dengan saudara kembarnya, Go Mi-nam (Park Shin-hye) semenjak ayah mereka meninggal. Bertahun-tahun kemudian, kakaknya menjadi idola musik, dan Mi-nyeo tinggal di asrama biarawati untuk mencapai impiannya menjadi seorang biarawati.
source: http://asinopsis.blogspot.com/2015/03/sinopsis-youre-beautiful-full-episode-1.html

6. Tomorrow Contabile

Drama ini diadaptasi dari manga Jepang 'Nodame Cantabile' oleh Tomoko Ninomiya dan merupakan remake dari drama Jepang 'Nodame Cantabile' yang dibintangi oleh Ueno Juri dan Tamaki Hiroshi yang disiarkan dari tahun 16 Oktober - 25 Desember 2006 di Fuji TV. Drama ini menampilkan Shim Eun Kyung dan Joo Won sebaga pemeran utama.
source: http://k-pophits.com/drama-korea-bertema-musik-romantis-dan-bikin-kecanduan/
Drama ini mengisahkan tentang seorang jenius musik dan seorang gadis berantakan yang tinggal di sebelah apartemennya. Drama yang merupakan adaptasi dari drama dan komik Jepang ini memang tak sesukses versi Jepangnya. Meski begitu, Joo Won dianggap mampu memerankan karakternya dengan baik. Bagi para pecinta piano, Anda akan menemukan permainan piano yang cantik dalam drama ini.
source: http://k-pophits.com/drama-korea-bertema-musik-romantis-dan-bikin-kecanduan/

7. Beethoven Virus

Drama 18 episode ini tayang di stasiun televisi MBC. Beethoven Virus dibintangi oleh Kim Myung Min, Lee Ji Ah, dan Jang Geun Suk yang mengisahkan tentang seorang maestro musik orkestra yang perfeksionis.
source: http://shalalahani.blogspot.com/2012/12/drama-musikal-korea-terpopuler-dan.html
Singkat cerita, dikisahkan ada seorang pemain biola yang bernama Du Ru Mi. Dia bekerja sebagai pegawai negeri bidang seni dan budaya. Suatu ketika, Ru Mi mengajukan proposal agar kota tempat tinggalnya dijadikan sebagai kota musik. Proposalnya disetujui oleh walikota yang entah kenapa tiba-tiba menyukai musik klasik. Untuk itulah, maka akan diadakan pertunjukan orkestra musik kota.
source: http://enhasnote.blogspot.com/2013/01/beethoven-virus-musik-klasik-musiknya.html