Rajin Mencuci Tangan

Biasakan mencuci tangan Minasan, karena aktivitas di luar ruangan memudahkan tangan terkontaminasi kuman.
source: http://septinas.blogspot.com/2012/06/prosedur-mencuci-tangan-bersih.html
Berada di tempat yang baru dengan cuaca yang berbeda bisa saja membuat tubuh terkena flu atau gejala alergi yang lainnya. Oleh karena itu, untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit jangan lupakan kebiasaan untuk mencuci tangan. Jika perlu, gunakan hand sanitizer sebelum makan atau setelah dari kamar mandi.
source: https://www.sahabatnestle.co.id/content/view/tetap-sehat-saat-travelling.html

Banyak Minum Air Putih

Air adalah kebutuhan utama tubuh. Saat melakukan perjalanan hendaknya Minasan selalu membawa sebotol air minum. Selain bisa diminum saat haus, air putih juga bisa mempertahankan kelembaban kulit Minasan.
source: http://panduanhidupsehat.com/tips-sehat/tips-menjaga-kesehatan-saat-travelling/3/
Air merupakan bagian penting dalam menjaga pola makan yang sehat. Air berfungsi untuk menambahkan cairan dalam tubuh, mencegah dehidrasi, serta sebagai penambah energi. Maka dari itu, siapkan sebotol air atau lebih ketika ingin melakukan perjalanan jauh.
source: http://situs-biasa.blogspot.com/2013/03/tips-menjaga-kesehatan-saat-travelling.html

Jaga Makanan

Jaga makanan yang Minasan konsumsi saat di perjalanan. Kebersihan makanan yang Minasan makan akan berpengaruh besar pada kesehatan Minasan.
source: http://www.maestrotourtravel.com/news6_tips_menjaga_kesehatan_saat_travelling.html
Cobalah untuk memilih makanan yang menyehatkan meski Anda dihadapkan dengan makanan-makanan baru yang menggugah selera. Atau setidaknya, cobalah untuk menggabungkan makanan sehat dengan makanan-makanan lain sesuai dengan kegemaran Anda. Cukup dengan cara sederhana, seperti mengemil buah segar bukan keripik atau minum satu gelas air putih daripada minuman lainnya.
source: http://lifestyle.analisadaily.com/read/tips-menjaga-kesehatan-selama-traveling/148936/2015/07/04

Jogging di Sekitar Hotel/Penginapan

Lakukan jogging di sekitar penginapan. Semakin Minasan banyak bergerak atau olahraga, maka tubuh Minasan akan tetap fit.
source: http://culturenesia.com/tips-agar-tetap-sehat-saat-traveling/
Hanya karena sedang traveling, Anda jadi tidak mempunyai waktu untuk berolahraga. Anda bisa bangun lebih pagi kemudian jogging di sekitar hotel atau penginapan selama 15 menit. Sebelumnya, Anda harus bertanya terlebih dahulu rute mana yang aman dan biasa untuk beraktivitas. Atau Anda juga bisa bersepeda jika terdapat penyewaan sepeda di sana.
source: http://qaidahrramadhani.blogspot.com/2015/03/tips-menjaga-kesehatan-saat-traveling-1.html

Tidur yang Cukup

Jaga pola tidur Minasan. Meskipun tidak bisa tidur sebanyak saat Minasan di rumah, setidaknya tidurlah yang cukup hingga hilang rasa lelah Minasan.
source: http://panduanhidupsehat.com/tips-sehat/tips-menjaga-kesehatan-saat-travelling/2/
Kalau sudah mendapatkan tempat menginap yang nyaman, atur waktu tidur Anda agar mendapatkan kapasitas tidur yang cukup. Badan yang lelah dan lesu bisa cepat pulih jika Anda mengambil waktu tidur yang cukup dan tepat.
source: http://panduanhidupsehat.com/tips-sehat/tips-menjaga-kesehatan-saat-travelling/2/

Perhatikan Kebutuhan Tubuh

Perhatikan juga kebutuhan tubuh Minasan saat di perjalanan. Jangan memaksakan diri melanjutkan perjalanan ketika badan Minasan merasa lelah. Jangan menunda untuk minum dan makan ketika merasa haus dan lapar.
source: http://lifestyle.analisadaily.com/read/tips-menjaga-kesehatan-selama-traveling/148936/2015/07/04
Kebanyakan dari kita tidak sadar kebutuhan tubuh sebelum semuanya terlambat. Pada akhirnya kita jadi sering marah karena lapar, haus dan kelelahan. Hal ini terjadi karena kita biasanya sering terburu-buru pindah dari satu tempat ke tempat lainnya saat traveling. Sebaiknya, perlambatlah sedikit gerak kita. Setelah mengunjungi museum atau ke pantai, berhenti sejenak dan perhatikan kebutuhan tubuh, apakah butuh minum atau istirahat. Baru setelah itu lanjut ke tempat berikutnya.
source: http://travel.kompas.com/read/2015/07/20/160800927/5.Cara.Menjaga.Kesehatan.Saat.Traveling.

Bawa Obat-obatan

Obat-obatan sangat penting untuk dipersiapkan saat travelling, terlebih jika Minasan memiliki riwayat penyakit tertentu.
source: http://panduanhidupsehat.com/tips-sehat/tips-menjaga-kesehatan-saat-travelling/3/
Bawa serta obat-obatan pribadi Anda. Biasanya penyakit yang menyerang traveler adalah maag, pusing atau sakit perut. Tapi mungkin masalah kesehatan lain seperti batuk dan flu, bisa menyerang Anda. Siapkan obat yang bisa menghilangkan gejala tersebut. Jika Anda punya preferensi obat merek tertentu, bawalah serta. Siapa tahu obat favorit Anda tidak dijual di tempat tujuan traveling.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/01/30/091417/1828922/859/tips-jaga-kesehatan-saat-travelling

Bersosialisasi

Bersosialisasi dengan masyarakat sekitar juga perlu. Selain bisa mempelajari budayanya, bersosialisai juga terbukti menghilangkan stres. Ketika Minasan melakukan perjalanan dan merasa lelah, maka stres akan mudah menyerang, bersosialisasi adalah salah satu obatnya.
source: http://panduanhidupsehat.com/tips-sehat/tips-menjaga-kesehatan-saat-travelling/4/
Tahukah Anda, bersosialisasi dapat menghilangkan stres? Cobalah berkenalan dan berkomunikasi di setiap tempat baru yang Anda kunjungi. Selain menambah teman, hal ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan stres. Sosialisasi dapat Anda lakukan dengan siapa saja, dari pemandu lokal, sesama traveler, atau bahkan dengan penjaga warung di dekat objek wisata.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/01/30/091417/1828922/859/tips-jaga-kesehatan-saat-travelling

Beli Pakaian Dalam Sekali Pakai atau Bawa Lebih

Bawalah pakaian dalam sekali pakai atau bawa lebih. Hal ini untuk menjaga daerah intim Minasan terjaga kebersihannya, karena saat kondisi lembab jamur akan mudah tumbuh.
source: http://panduanhidupsehat.com/tips-sehat/tips-menjaga-kesehatan-saat-travelling/4/
Pakaian dalam yang bersih adalah penting dalam menjaga kesehatan Anda saat masa perjalanan. Jamur akan cepat tumbuh pada lingkungan yang lembab dan basah seperti pada pakaian kotor. Belilah pakaian dalam sekali buang di supermarket atau bawalah dalam jumlah cukup untuk Anda pakai selama perjalanan.
source: http://panduanhidupsehat.com/tips-sehat/tips-menjaga-kesehatan-saat-travelling/4/

Sediakan Makanan Ringan

Ada kemungkinan Minasan harus menunggu selama di perjalanan. Mungkin ketika macet di jalan atau pesawat delay. Di saat menunggu, lapas bisa saja menghampiri Minasan. Bawalah makanan ringan untuk menunda lapar saat di perjalanan.
source: http://www.kompasiana.com/ben369/menjadikan-kritik-lebih-elegan-dengan-teknik-sandwich_54f80d68a33311a3738b5150
Jangan lupa bawa camilan sehat saat traveling. Makanan ringan seperti buah, kacang atau sandwich, perlu dimasukkan ke dalam daftar perjalanan Anda. Kegiatan liburan bisa saja membuat Anda tidak mempunyai cukup waktu berhenti terus-menerus hanya untuk membeli makan.
source: http://www.maestrotourtravel.com/news6_tips_menjaga_kesehatan_saat_travelling.html