1. Berjalan Kaki Melewati Deoksugung Stonewall Walkway

Jalan ini berada di sisi kanan Istana Deoksugung dan dibatasi oleh tembok cantik setinggi tiga meter. Bagi sepasang kekasih dianjurkan agar tidak melewati jalan ini karena mitos yang beredar adalah hubungan kasih mereka akan putus.
source: http://candrirahma.blogspot.com/2014/05/seharian-menelusuri-budaya-korea.html
Pengadilan Keluarga Seoul berada di ujung jalan ini, sehingga untuk bercerai, pasangan yang sudah menikah harus mengikuti jalan ini bersama-sama. Mungkin inilah mengapa pasangan yang melewati jalan ini dikatakan akan berakhir dengan kata putus.

2. Memberikan Sepatu Sebagai Hadiah

Orang Korea Selatan percaya bahwa dengan memberikan sepatu sebagai hadiah kepada orang yang dia sayangi berarti orang tersebut akan pergi darinya.
source: http://jessicashoesonline.blogspot.com/2013/02/online-store-sepatu-import-berkualitas.html
Kita coba positif thinking saja, Minasan. Mungkin dulu sepatu yang diberikan sebagai hadiah ukurannya tidak pas atau merupakan jenis sepatu yang tidak disukai si penerima hadiah. Oleh karena itu, si penerima hadiah tersinggung dan kemudian pergi, lalu beredarlah mitos ini.

3. Membentuk Kue Songpyeon Secantik Mungkin Saat Hari Chuseok

Chuseok adalah hari libur resmi di Korea yang dirayakan secara besar-besaran pada bulan ke-8, hari ke-15 kalender lunar. Perayaan ini berupa pesta makan untuk mengucapkan terima kasih atas keberhasilan panen. Salah satu kue yang dibuat saat perayaan ini adalah kue Songpyeon.
source: http://www.koreaherald.com/view.php?ud=20130913000842
Bagi anggota keluarga yang belum menikah dianjurkan membentuk kue Songpyeon secantik mungkin karena dipercaya jodohnya nanti akan secantik bentuk kue Songpyeon yang dibuat.

4. Angka 4 Adalah Angka Kematian

Biasanya penulisan lantai empat di gedung-gedung, apartemen, hotel dan rumah sakit digantikan dengan angka F (four). Pada beberapa tempat, lift bahkan melewati lantai empat dan langsung ke lantai lima.
source: http://intisari-online.com/read/mitos-seputar-angka-4
Usut punya usut, ternyata di Korea kata empat memiliki suara vokal yang sama dengan kata mati. Karena memiliki arti yang buruk itulah maka angka empat dianggap sebagai lambang kesialan.

5. Love Locks Namsan Tower

source: http://withlove-fromkorea.blogspot.com/2012/04/namsan-tower-love-locks.html
Sebagian besar warga Korea Selatan mempercayai bila sepasang kekasih datang dan memasang gembok yang bertuliskan nama dari sepasang kekasih, kemudian dikaitkan di pagar menara dan kuncinya dibuang dari atas menara sejauh-jauhnya, pasangan kekasih itu akan abadi dan tidak akan pernah putus cinta. Minasan mau coba?

6. Tamu Undangan Pernikahan Dilarang Bergaun Putih

Di Korea Selatan dianggap pamali jika tamu undangan pernikahan memakai gaun berwarna putih. Hanya pengantin wanita saja yang berhak memakai gaun putih saat itu.
source: http://www.tabloidbintang.com/articles/asia/korea/16110-artis-sm-entertainment-bicara-tentang-pernikahan-sungmin
Namun, mungkin mitos itu sudah mulai memudar saat ini. Walaupun begitu jika Minasan nanti menghadiri pernikahan di Korea Selatan, sebaiknya hindari saja mengenakan gaun berwarna putih karena bisa jadi keluarga sang mempelai masih mempercayai mitos tersebut.

7. Menulis Nama Seseorang Dengan Tinta Merah

Jangan sekali-kali menulis dengan tinta berwarna merah apalagi menulis nama orang Korea. Di negeri ginseng ini, tinta warna merah sangat berkaitan dengan kematian.
source: http://www.bintang.com/lifestyle/read/2239228/mitos-mitos-aneh-dari-seluruh-dunia
Di beberapa negara Asia, khususnya Asia Timur dan Asia Tenggara, menulis dengan warna merah juga dianggap tidak sopan. Jadi, Minasan sebaiknya lebih berhati-hati tentang hal ini, ya.