1. Periksa Kondisi Mobil

Usahakan untuk melakukan pengecekan mobil di bengkel langganan Minasan beberapa hari sebelum mudik. Kondisi mobil sangat penting dalam menentukan perjalanan Minasan. Jangan sampai karena kondisi mobil yang kurang baik, Minasan harus mengulur waktu di tengah jalan untuk memperbaikinya. Bawa juga alat-alat untuk mobil Minasan (tools kit).
Sebelum dipakai 'bertempur' alias mudik, periksakan kondisi kendaraan anda di bengkel langganan (tune-up komplit, rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll).
source: http://bidanku.com/sp-584877579#ixzz3frYyafAJ
source: http://www.carmudi.co.id/journal/lakukan-lima-persiapan-dasar-jelang-mudik/

2. Persiapan Fisik dan Emosi

Persiapan fisik dan emosi pengendara juga tak kalah penting. Jangan sampai pengendara sedang dalam kondisi yang tidak fit atau dalam keadaan emosi yang tidak baik.
Pastikan agar Anda beristirahat secara cukup pada malam sebelum perjalanan. Rasa kantuk dan lelah akan membuat pengemudi lambat untuk bereaksi. Sebaiknya tidak menyetir dalam keadaan marah, terburu-buru atau sedang memiliki suasana hati yang kurang baik.
source: http://kumpulan.info/wisata/tips-wisata/221-perjalanan-aman-dengan-mobil.html
source: http://www.google.co.id/url?sa=i&source=imgres&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAcQjB0wAGoVChMInKyawu3cxgIVijqICh0dNQCW&url=http%3A%2F%2Fmalesbanget.com%2F2012%2F01%2Ftipe-tipe-pengendara-mobil-dan-tingkat-bahayanya%2F&ei=OCymVZywNIr1oASd6oCwCQ&psig=AFQjCNGdEyrSLk3IukBehfq6Zlqy_CWccQ&ust=1437040056967225

3. Barang Bawaan

Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan. Barang bawaan yang berlebihan tentunya akan membuat orang-orang di dalam mobil kurang nyaman. Selain itu, membawa banyak barang bawaan bisa membuat mobil menjadi lebih boros bensin.
Barang-barang yang ada di atas mobil meningkatkan tekanan angin, mengurangi aerodinamik pada mobil dan mengikis bahan bakar hingga 5%.
source: http://mensjourneyid.com/tips-menghemat-bahan-bakar-saat-mudik-dengan-mobil-pribadi/
source: http://www.mobil88.astra.co.id/info/berita/baca/1900/Persiapan-Mudik-Atur-Barang-Bawaan-Anda

4. Bawa Makanan dan Minuman

Membawa makanan dan minuman dalam perjalanan jauh menjadi hal yang lumrah. Selain untuk menghemat waktu perjalanan, membawa makanan dan minuman bisa menghemat pengeluaran serta dapat mengganjal perut yang lapar ditengah perjalanan jauh. Kotak P3K juga tidak kalah pentingnya. P3K berfungsi untuk mengantisipasi bila ada anggota keluarga yang sakit di tengah perjalanan.
Sediakan makanan dan minuman secukupnya agar tidak merasa kelaparan dan untuk menjaga kondisi tetap prima, terlebih lagi bila Anda melewati jalan yang sulit ditemukan penjual makanan. Kotak P3K berisi beberapa obat standar seperti obat demam, pusing, sakit perut serta obat luka luar dan plester sebaiknya dibawa.
source: http://kumpulan.info/wisata/tips-wisata/221-perjalanan-aman-dengan-mobil.html
source: http://www.google.co.id/url?sa=i&source=imgres&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAcQjB0wAGoVChMIpeacoe_cxgIVFS6ICh3aZQbT&url=http%3A%2F%2Finfojakarta.net%2Fkeuntungan-dari-membawa-bekal%2F&ei=DC6mVaWwIpXcoATay5mYDQ&psig=AFQjCNHtYWSp3G0WdVHQZ242u1Nfh8p0mg&ust=1437040524678686
Nah itulah persiapan yang harus dilakukan sebelum mudik agar perjalanan Minasan lebih aman dan nyaman. Selamat menempuh perjalanan, Minasan!