1. Wajah Sehat & Bersih, Kunci Utamanya

Sebelum mengaplikasikan produk makeup, pastikan wajah telah bersih dari kotoran. Cucilah wajah dengan face cleanser andalan Minasan, lalu keringkan secara lembut dengan handuk.
source: https://www.truthinaging.com/ingredients/polyglyceryl-3-diisostearate
Setelah itu, aplikasikan moisturizer untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Namun bila hendak menggunakan tint moisturizer, tidak perlu memulas moisturizer yang berbeda sebelumnya.

2. Pilih Alas Bedak yang Ringan

Agar riasan "no makeup" tampak natural, gunakan alas bedak dengan coverage ringan. Tujuan utama dari penggunaan alas bedak ringan ini adalah meratakan warna kulit dan membantu Minasan memperoleh hasil riasan sederhana yang diharapkan.
source: http://contentinjection.com/getting-the-best-foundation-brush-to-have-the-best-look/
Contohnya yaitu foundation dengan coverage sheer to medium, BB cream, CC cream, atau tinted moisturizer. Bila memulas alas bedak yang terlalu tebal, riasan justru tidak terlihat alami.

3. Samarkan Dengan Concealer

Jika Minasan sedang memiliki jerawat atau noda hitam, concealer dapat menjadi opsi terbaik untuk menutupinya. Kantung mata pun juga bisa ditangani. Namun perlu diperhatikan saat pemakaiannya.
source: http://www.makeupandbeautyblog.com/makeup-tipshow-to/how-to-cover-pimples-and-scars-with-a-combination-of-concealers/
Pilihlah warna concealer yang cocok dengan tone kulit. Dengan begitu, kulit Minasan akan tampak lebih rata. Pulaskan concealer pada bagian yang diinginkan, lalu diratakan menggunakan brush khusus concealer. Apabila tidak memiliki brush tersebut, tepuk concealer pada wajah menggunakan jari secara lembut.

4. Set Wajah Dengan Bedak

source: http://petrotimes.vn/bi-quyet-lam-dep-tu-11-chuyen-gia-the-gioi-178845.html
Setelah usai memberikan alas bedak dan concealer rapi pada wajah, Minasan dihadapi dengan dua pilihan. Pertama, jika ingin memiliki tampilan matte dan riasan lebih awet, disarankan untuk memulas bedak pada wajah. Bedak yang digunakan bisa berupa pressed powder atau loose powder. Namun, agar mendapat hasil "no makeup" look yang maksimal, gunakan bedak transparan (translucent powder). Manfaat lainnya yakni bedak ini dapat membantu mengontrol minyak pada wajah.
source: http://lxedit.com/2013/12/31/korean-beauty-guide/
Kedua, Minasan bisa memilih untuk tidak menggunakan bedak jika menginginkan riasan yang terlihat dewy atau glowy. Riasan ala wanita Korea dapat menjadi contohnya.

5. Bentuk & Rapikan Alis

source: http://www.oprah.com/style/How-to-Fill-in-Eyebrows-Eyebrow-Pencils-and-Makeup/2
Agar terlihat lebih natural, cukup dibentuk tanpa mengisi seluruh alis, lalu rapikan dengan sisir alis.

6. Hiasi Pipi Dengan Blush On

source: http://howtouseorogold.com/secrets-to-natural-looking-makeup-orogold-reviews/
Blush on warna natural dapat memberikan kesan segar pada wajah. Oleh karena itu, pilihlah blush on berwarna pink atau peach. Cukup sapukan pada apple cheek dengan tipis agar memperoleh rona wajah yang lebih segar dan alami.

7. Percantik Warna Bibir

Memilih pewarna untuk bibir tentunya menjadi hal yang menyenangkan sekaligus membingungkan. Warna pink atau nude seringkali menjadi pilihan untuk menyempurnakan tampilan riasan "no makeup". Tentunya Minasan bisa memilih jenis produk seperti lipstick atau lip tint. Jika menginginkan hasil yang lebih minimalis, cukup memulas lip gloss atau lip balm pada bibir.
source: http://makeupandbeauty.com/urban-decay-liar-sheer-revolution-lipstick-review-swatches/
Sebagai tambahan, cobalah untuk memilah warna lipstick atau lipt tint yang bisa Minasan sebut sebagai My Lips But Better (MLBB). Dengan begitu, kesan natural dari riasan "no makeup" pun bisa tercapai.

8. Tambahan Lainnya: Maskara atau Eye Shadow (Opsional)

Jika Minasan masih ingin melengkapi riasannya dengan maskara atau eye shadow, tidak ada salahnya untuk dilakukan. Pulas maskara untuk mendapat bulu mata yang lebih lentik.
source: http://favim.com/image/307739/
Kemudian, eyeshadow yang dapat digunakan bisa berupa warna dengan tone natural atau nude seperti cokelat muda atau krem. Dalam pemilihan tipenya, silakan mencoba matte eyeshadow karena terlihat lebih sederhana dan alami bila dibandingkan dengan shimmer eyeshadow.