1. Keramas Setiap Hari? Lebih Baik Dihindari

source: http://www.naturallycurly.com/curlreading/curl-products/all-about-the-no-poo-routine-2/
Ternyata keramas tiap hari tidak berdampak baik untuk rambut Minasan, lho. Ketika keramas minyak alami rambut akan hilang, sehingga rambut keriting akan semakin keriting dan kusut. Kelembaban pun menjadi kunci utama menjaga bentuk rambut keriting, jadi lebih disarankan untuk keramas sebanyak 2 hingga 4 kali dalam seminggu.

2. Pilih Sampo yang Cocok

source: http://www.amazon.com/dp/B0013KYREQ?tag=wat002-20
Sampo tentu diperlukan untuk membersihkan rambut. Selain itu, tipe sampo akan berdampak besar bagi rambut. Temukan pilihan sampo yang paling cocok bagi Minasan. Misalnya, memilih sampo anti-kusut atau yang dikhususkan bagi rambut keriting. Kesesuaian sampo hanya bisa ditentukan oleh Minasan, tergantung pada kondisi rambut dan keperluannya.

3. Conditioner, Your New Bestfriend

Selalu ingat tahapan ini: menggunakan conditioner! Conditioner sangat diperlukan untuk membantu menjaga kelembaban dan bentuk alami rambut keriting.
source: http://tonicsforbeauty.blogspot.com/2013/06/healthy-beauty-tonics-hair-conditioners.html
Gunakan conditioner, diamkan selama 1-3 menit kemudian bilas. Bahkan, sebenarnya Minasan bisa membersihkan rambut hanya dengan menggunakan conditioner. Conditioner dikenal lebih 'ramah' terhadap rambut, sehingga bisa digunakan secara teratur. Namun, Minasan tak perlu memulasnya dari akar rambut, beri sedikit jarak antara akar rambut dengan bagian yang diberi conditioner.

4. Sisir Dengan Hair Detangle Brush atau Jari

Hindari langsung menyisir rambut dalam keadaan sangat basah, karena saat itu rambut kondisinya sangat rentan. Tunggu beberapa menit hingga tidak terlalu basah, lalu sisirlah dengan sisir bergigi jarang. Ini akan membantu menjaga bentuk keriting agar tidak semakin mengembang saat kering nanti.
source: http://www.moderngent.com/onlinesales/product.php?product_id=212
Jika rambut keriting kusut, jangan gunakan sisir biasa. Dengan cara tersebut Minasan bisa kesulitan dan kesakitan saat menyisirnya. Coba gunakan hair detangle brush untuk mengatasi rambut yang kusut atau tersangkut. Bila tak memilikinya, jari pun bisa menjadi pilihan yang tak kalah oke untuk memperoleh bentuk keriting yang alami.

5. Gunakan Hair Vitamin Serum

source: http://www.haircutshairstyles.com/how_to_use_shine_serum-102.html
Serum bermanfaat untuk menutrisi rambut keriting Minasan. Selain itu, ada juga serum yang dapat mengatasi rambut kering atau rambut kusut. Gunakanlah saat rambut masih dalam keadaan separuh basah, lalu diamkan agar serum menyerap secara maksimal.

6. Gunakan Produk Styling untuk Rambut Keriting

source: http://www.yourstylistaj.com/blog/2014/01/wavy-hair-tutorial
Jika kamu ingin rambut keriting semakin terjaga, cobalah untuk menggunakan produk styling khusus untuk rambut keriting. Minasan bisa memilih produk berbentuk mousse, spray, atau cream. Gunakan beberapa menit setelah menggunakan hair vitamin serum. Hasilnya pun beragam, tergantung jenis produk yang dipilih,yaitu wet look, dry look, atau shiny look.

7. Keringkan Rambut Secara Alami

Biarkan angin mengeringkan rambutmu. Cara ini dapat menghasilkan bentuk keriting alami dan tertata. Hindari penggunaan hair dyer terlalu sering, karena dapat memperparah kekusutan rambut dan mudah rusak, kecuali jika memang Minasan memerlukannya untuk kesempatan khusus.
source: http://fashion-eye.net/how-to-make-curly-hair-look-natural.html
Membiarkan kering dengan sendirinya memang butuh waktu, tetapi metode ini berdampak lebih baik bagi rambut, bentuk keriting lebih indah, sehat, alami, dan anti-kusut!