Mencari Informasi

Sebelum Minasan datang ke rumah calon mertua, ada baiknya kamu mencari informasi tentang calon mertua dan kultur keluarga pasangan kamu. Misalnya, apa yang calon mertua kamu suka dan tidak suka dan apa tradisi-tradisi keluarga pasangan yang biasa dilakukan. Minasan bisa bertanya langsung kepada pasangan atau kakak-adik pasangan jika memang Minasan sudah dekat dengan mereka terlebih dahulu.
source: http://caricintatrans7.blogspot.com/2013_01_02_archive.html

Datang Tepat Waktu

Saat Minasan diajak pasangan untuk menemui orangtuanya, datang tepat waktu sesuai janji itu wajib hukumnya. Walaupun Minasan dijemput terlebih dahulu oleh pasangan kamu, katakan kepadanya untuk datang tepat waktu juga karena kamu ingin dinilai sebagai orang yang tepat waktu.
source: http://articles.lovingyou.com/love/5-office-strategies-that-will-help-you-succeed-in-dating/

Berpenampilan Sopan

Berpenampilan sopan adalah termasuk cara berpakaian dan berdandan. Pilihlah pakaian yang tertutup dan sederhana namun tidak meninggalkan kesan elegan dan anggun. Hindari memakai banyak perhiasan ya, Minasan. Setelah itu, pastikan juga dandanan kamu tidak terlalu menor. Tapi, bukan berarti tidak memakai makeup sama sekali ya Minasan, karena muka kita akan terkesan layu dan tidak bersemangat.
source: http://kelapamuda.com/inspirasi-gaya-stylish-saat-kuliah-dan-hangout-dengan-sahabat/

Membawa Oleh-Oleh

Sempatkanlah untuk membeli buah tangan jika hendak bertemu dengan calo mertua. Ada baiknya jika kamu sudah mencari tahu terlebih dahulu apa makanan atau barang kesukaan calon mertua. Mungkin buah tangan buatan Minasan sendiri akan lebih berharga karena itu hasil kerja keras Minasan sendiri.
source: http://www.e-campusradio.com/2012/08/tips-kenalan-dengan-calon-mertua.html

Bersikap Sopan

Tunjukkanlah antusiasmu di depan calon mertua. Tapi jangan berlebihan, karena kamu akan terkesan pecicilan atau lebay. Bersikaplah sopan dengan duduk yang manis, menjaga tutur kata tapi tetap dengan semangat. Hindari juga memegang gadget terlalu lama, jika tidak perlu, lebih baik gadget Minasan tersimpan baik di dalam tas.
source: http://relationship4rum.blogspot.com

Jadilah Diri Sendiri

Walaupun kita harus bersikap manis dan sopan di depan calon mertua, namun Minasan harus tetap jadi diri sendiri, ya. Berkata jujur itu penting. Ingat, bahwa ini calon mertua kamu. Penting adanya bahwa mereka tahu bagaimana Minasan yang sebenarnya.
source: http://www.mamashealth.com/inlaws/mother.asp

Jangan Terlalu Sibuk dengan Si Dia

Saat berhadapan dengan calon mertua, pastikan kita jangan sibuk berduaan dengan pasangan kita. Berilah perhatian penuh kepada calon mertua agar mereka tidak merasa ditinggalkan.
source: http://www.huffingtonpost.com/2014/03/13/parenting-and-in-laws-_n_4905933.html

Bersikap Inisiatif Tanpa Agresif

Minasan perlu menumbuhkan sikap inisiatif saat bertemu dengan calon mertua. Namun, jangan berlebihan karena akan terkesan agresif. Minasan bisa membantu ibu calon mertua saat sedang mempersiakpkan makanan di dapur. Saat setelah makan, penting jika Minasan menawarkan diri untuk membereskan meja makan dan mencuci piring.
source: http://singaporebrides.com/articles/2012/03/dealing-with-the-mother-in-law/