1. Menekan-nekan Wajah Saat Menggunakan Pelembab

Ada beberapa jenis pelembab wajah, misalnya dengan tekstur cair, krim lembut, dan krim padat. Jika kamu menggunakan semua jenis pelembab ini, pakai dari yang bertekstur paling cair baru kemudian yang padat.
source: http://masi-maro.com/image/7505/no/225278
Gunakan pelembab cair, lalu tekan-tekan lembut wajahmu. Lanjutkan dengan pelembab berikutnya lalu tekan lagi wajahmu, begitu seterusnya. Hal ini akan membantu penyerapan pelembab wajah dengan baik, sehingga membantu make-up lebih tahan lama.

2. Gunakan Krim Wajah pada Area T-Zone Secukupnya

Pelembab wajah bertekstur krim sebaiknya digunakan lebih banyak pada area yang mudah kering seperti pipi. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang bertipe oily skin. Sedangkan untuk area T-zone yang mudah sekali berminyak, gunakan tipis-tipis saja agar produksi minyak tak berlebihan dan merusak make-up yang kamu pakai.
source: http://www.kuchikomi-beauty.com/?p=1822

3. Gunakan Make-Up Base yang Cocok dengan Jenis Kulit

Make-up base seperti primer atau BB bloomer sangat penting terutama bagi kamu yang harus menggunakan make-up seharian. Selain melapisi kulit agar tak menyentuh make-up secara langsung, produk ini meningkatkan daya tahan foundation di wajahmu.
source: http://www.kompasiana.com/entertainmentgeek/bermake-up-untuk-kulit-berjerawat_550e624fa33311bf2dba81c0
Jika kamu sudah menggunakan make-up base dan masih bermasalah dengan make-up luntur, mungkin kamu salah memilih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pilih oil-free jika kulitmu berminyak, dan sebaliknya, pilih produk yang mengandung oil jika wajahmu bertipe kering.

4. Stop Gunakan Foundation Terlalu Tebal!

Menggunakan foundation terlalu tebal untuk menutupi noda di wajah justru akan membawa petaka jika foundation tak menyatu sempurna dengan kulit. Sebisa mungkin gunakan foundation tipis-tipis saja.
source: http://olwomen.com/how-to-apply-face-makeup/
Sebagai gantinya, gunakan concelear jika kamu ingin menutupi bagian tertentu, misalnya kulit yang sedang berjerawat. Jika kamu memilih liquid foundation atau BB cream, gunakan bedak setelahnya agar terlihat natural.

5. Gunakan Powder Foundation atau Face Powder pada Area Bawah Mata

Jika make-up daerah mata seperti maskara atau eyeliner yang kamu pakai mudah luntur, mungkin kamu lupa menggunakan bedak sebelumnya. Mata adalah area yang rawan basah oleh air mata atau minyak wajah. Penggunaan bedak di area bawah mata akan membuat make-up di bagian mata menjadi lebih awet.
source: http://howcollect.jp/article/3432
Satu tips lagi, jika kamu memiliki wajah yang sangat berminyak, gunakan face paper atau oil control paper yang dapat mengangkat minyak di wajah tanpa merusak make-up. Jangan sekali-sekali menutupinya dengan bedak! Hal ini hanya akan membuat make-up menjadi tidak rata dan terlihat cakey.
source: http://blogs.odiario.com/cenafashion/2012/12/10/controle-de-oleosidade-blotting-papers/
Coba perhatikan hal-hal di atas agar make-up yang kamu pakai tak luntur lagi. Semoga bermanfaat, ya!