Ketupat

Makanan berbahan dasar beras dan dibungkus anyaman daun kelapa yang masih muda ini sudah seperti ikon Idul Fitri. Ketika Idul Fitri tiba, maka banyak rumah menyajikan hidangan yang satu ini. Selain itu, dekorasi pusat-pusat perbelanjaan atau perkantoran juga sering dihiasi dengan gambar.
source: http://blog.lakupon.com/makanan-yang-wajib-dihidangkan-dihari-raya/
Makanan yang satu ini memang sudah sangat melekat sekali dengan Idul Fitri. Suasana lebaran tidak lengkap dengan adanya hidangan yang berbahan dasar beras ini.
source: http://dangdutberisik.com/lifestyle/kuliner/makanan-hidangan-khas-lebaran-2015.html

Opor Ayam

Hidangan kuah santan yang satu ini cocok dihidangkan bersama dengan ketupat. Ketupat berbahan dasar beras berpadu dengan gurihnya kuah santan dan empuknya daging ayam. Sungguh perpaduan yang sempurna.
source: http://dinasuciwahyuni.blogspot.com/2015/07/resep-opor-ayam-spesial.html
Sajian hari raya memang tak lengkap tanpa opor ayam, opor ayam seolah menjadi menu wajib untuk di santap. Selain rasa nya yang enak, juga membuat kenyang tentunya. Opor ayam memang tak selalu untuk hidangan hari raya saja, kapan saja kita bisa menikmati nya. Hanya saja opor ayam ini pelengkap ketupat lebaran yang sudah pasti menjadi menu yang selalu dirindukan keberadaannya.
source: http://dinasuciwahyuni.blogspot.com/2015/07/resep-opor-ayam-spesial.html

Rendang

Kenikmatan rendang sudah diakui dunia, lho! Bahkan rendang menempati urutan pertama dalam daftar 50 makanan terenak di dunia. Berbanggalah Minasan yang bisa memasak hidangan satu ini. Selain bisa dihidangkan saat Idul Fitri di rumah, saat Minasan di luar negeri pun rendang juga biasanya dinikmati oleh semua orang.
source: https://zonaresepenak.wordpress.com/2015/07/08/resep-daging-rendang-sapi-empuk-spesial-lebaran/
Salah satu hidangan temannya ketupat ini biasanya terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak bersama santan kental yang kaya akan kandungan bumbu rempah. Namun saat ini juga banyak variasi rendang dengan menggunakan bahan lain selain daging sapi, seperti daging ayam, bebek, hati, paru dan sebagainya.
source: https://blog.tokopedia.com/2014/07/5-makanan-ini-wajib-ada-saat-lebaran/

Sambal Goreng Kentang

Masakan ini berupa potongan kentang berbentuk dadu yang diolah dengan berbagai rempah lalu dicampur dengan hati sapi, ampela, petai atau bisa juga ditambahkan wortel. Sambal goreng kentang ini bisa menemani makan Minasan bersama ketupat dan opor ayam.
source: http://ceritaperut.com/blog/2015/06/pecinta-kuliner-ini-dia-5-kuliner-wajib-saat-lebaran
Sambal goreng kentang merupakan makanan wajib lebaran yang berikutnya. Untuk makanan ini akan lebih cocok dipadukan dengan rasa gurih dan kental kaldu dari opor ayam. Oleh karena itu ketika lebaran tiba, kombinasi antara ketupat, opor ayam, dan sambal goreng kentang tidak bisa dipisahkan mengingat jika digabungkan makanan ini memiliki berbagai cita rasa mulai dari pedas dari sambal goreng kentang, gurih dari opor ayam dan ketupat.
source: http://dbagus.com/inilah-5-makanan-wajib-saat-lebaran

Sayur Labu

Sayur labu ini juga pas untuk menemani acara makan ketupat Minasan. Mungkin bisa jadi alternatif selain opor atau bisa juga dicampur dalam satu piring. Tentunya sesuai selera Minasan, ya.
source: http://sedangakucopas.blogspot.com/2011/08/aneka-hidangan-makanan-khas-hari-raya.html
Makan ketupat tanpa sayur labu, seperti make celana tapi nggak make baju. Ya iya, soalnya ketupat dan sayur labu itu merupakan pasangan sejati. Sayur labu bersantan yang dicampur berbagai macam bumbu dan rempah-rempah ini memang pasangan yang cocok untuk ketupat.
source: http://sedangakucopas.blogspot.com/2011/08/aneka-hidangan-makanan-khas-hari-raya.html

Semur

Semur biasanya bisa berbahan dasar ayam atau daging kemudian ditambahkan irisan kentang. Apabila Minasan kurang menyukai sayur bersantan, Minasan bisa memilih semur sebagai alternatif.
source: http://sedangakucopas.blogspot.com/2011/08/aneka-hidangan-makanan-khas-hari-raya.html
Semur juga biasa dijadikan sebagai lauk untuk nasi uduk. Semur bisa berbahan dasar ayam, kentang, tempe ataupun tahu yang di beri kecap dan dicampur dengan beberapa rempah-rempah. Hmm.. kalo gak ada rendang, semurpun jadi
source: http://sedangakucopas.blogspot.com/2011/08/aneka-hidangan-makanan-khas-hari-raya.html

Rengginang

Hidangan satu ini mungkin termasuk dalam cemilan. Mungkin untuk sekarang tidak banyak yang menghidangkan cemilan satu ini, akan tetapi rengginang ini sudah seperti layaknya ketupat. Jika ketupat adalah ikon dari masakan, maka rengginang adalah ikon dari cemilan. Satu lagi yang unik, bahan dari keduanya masih berupa beras. Bedanya, jika ketupat beras biasa, maka rengginang berbahan beras ketan yang dibumbui, dijemur, lalu digoreng.
source: http://menubukapuasa.net/resep-membuat-rengginang-enak-renyah-makyus.html
Rengginang adalah salah satu jenis kerupuk yang memiliki bentuk yang khas, yaitu masih dalam bentuk butiran beras ketan. Rengginang ini diolah dan dibentuk dari beras ketan yang dijemur serta dikeringkan di bawah sinar matahari, lalu digoreng. Ada berbagai macam varian rasa, seperti asin, manis atau pun ebi. Namun, biasanya pada saat Lebaran rengginang disajikan dengan rasa asin.
source: http://7twist.com/satu-dari-7-makanan-ini-dijamin-pernah-kamu-cicipi-di-hari-lebaran/

Kue Kering

Nah, cemilan yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan meghiasi meja tamu Minasan. Aneka kue kering seperti nastar dan putri salju biasanya banyak dijumpai di rumah-rumah. Bahkan sekarang Minasan bisa dengan mudah membeli di toko-toko tanpa susah payah membuatnya.
source: http://www.hariandepok.com/39985/fakta-unik-5-cemilan-yang-pasti-ada-saat-lebaran
Berbagai jenis makanan yang ada di meja makan kurang komplit jika tidak ada kue kering yang memiliki rasa manis, gurih dengan berbagai macam jenisnya.
source: http://postaktual.com/makanan-khas-saat-lebaran-yang-wajib-ada-di-meja-makan/343/
Nah, Minasan, kira-kira apakah semua makanan tersebut sudah siap Minasan hadirkan saat Idul Fitri nanti?