Topaz (Tourmaline/Mirah)

Batu topaz memiliki beraneka ragam warna. Beberapa warna yang cocok digunakan wanita adalah warna yang lembut seperti warna biru, kuning, ungu, atau pink. Ada juga dalam satu batu terdapat dua jenis warna (bi-color). Warna ini sangat lembut dan membuat wanita lebih anggun ketika memakainya. Selebriti Hollywood yang menggunakan jenis batu ini adalah Zoey Deschanel, Jennifer Aniston dan Allison William
source: http://www.wixonjewelers.com/2013/09/2013-emmy-awards-jewelry/
Cincin permata batu topaz yang berkualitas super biasanya mengeluarkan kilauan yang sangat terang, kristalnya pun bening, dan apabila batu topaz ini disentuh akan terasa licin. Uniknya dari batu ini adalah, jika Anda coba gosok-gosok batu ini dengan keras, maka akan bisa mengeluarkan percikan api atau listrik statis di batunya.
source: http://www.mauorder.com/mengenal-batu-topaz/

Ruby (Merah Delima)

Batu ruby atau disebut juga merah delima, hanya memiliki dua jenis warna, yaitu warna merah tua dan merah muda. Namun tidak dipastikan juga apakah batu ini memiliki warna lain karena belum ditemukan. Tingkat kekerasan batu ini satu tingkat lebih rendah dari berlian, yaitu sekitar 9.0 pada skala mohl. Selebriti yang menggunakan jenis batu ini adalah Jessica Simpson, Penelope Cruz, Victoria Beckham, dan Scarlett Johanson.
source: https://www.ritani.com/blog/celebrity-engagement-rings/victoria-beckhams-engagement-rings/
Batu permata ruby dengan warna merahnya yang mendarah melambangkan ke perwiraan, kewibawaan, dan rasa percaya diri yang tinggi.
source: http://www.baturuby.com/

Diamond (Berlian/Intan)

Batu berlian memang sangat populer karena harga dan kualitasnya yang sangat baik. Diantara jenis batu akik, batu jenis ini cukup banyak dikagumi dan dicari. Umumnya, batu ini memiliki warna putih kekuningan atau kecokelatan. Ada pula berlian hitam (black diamond), namun warnanya tidak benar-benar hitam, melainkan ada satu sudut berwarna gelap yang menyebabkan sudut yang lain ikut menjadi gelap. Para selebriti Hollywood terkadang menambahkan berlian sebagai halo pada cincin dengan jenis batu yang lain, sehingga menambah kesan elegan dan mewah. Para selebriti yang menggunakan batu berlian sebagai cincin antara lain: Lady Gaga, Kim Kardashian, Britney Spears, dan Mila Kunis.
source: http://www.popsugar.com/celebrity/Celebrity-Engagement-Ring-Pictures-22456794#photo-22676957
Sementara itu, tes kabut dapat dilakukan dengan cara menghembuskan nafas mulut pada berlian yang berkaitan. Jika kabut bisa cepat hilang kurang dari 2 detik maka anda bisa yakin bahwa berlian tersebut merupakan berlian asli. Hal ini karena berlian asli memiliki kemampuan menyebarkan panas sangat cepat sehingga kabut akan hilang secara singkat sedangkan berlian palsu akan membutuhkan waktu lebih dari 2 detik untuk menghilangkan kabut.
source: http://www.majalahbatu.com/2015/04/batu-berlian.html

Emerald (Zamrud)

Batu emerald atau zamrud ini khas dengan warna hijau yang menawan. Jenisnya pun bermacam-macam dengan warna hijau yang berbeda pula. Batu emerald Zambia memiliki warna hijau yang keruh dibanding batu emerald Brazil yang jernih, namun emerald Columbia lebih banyak diminati. Angelina Jolie tidak hanya menjadikannya cincin, selebriti ini menggunakan batu emerald untuk kalung dan anting-anting. Selebriti lainnya yang menggunakan batu ini adalah Halle Berry, Victoria Beckam, dan Beyonce.
source: http://en.paperblog.com/celebs-love-aquamarine-jewelry-844177/
Manfaat lain dari batu akik emerald ini adalah bisa dijadikan symbol kekuasaan karena batu dipercaya membuat penggunanya lebih disegani banyak orang. Tak heran jika para pembesar yang memilih batu zamrud sebagai batu akiknya.
source: http://www.batucincinakik.com/2015/ciri-jenis-dan-manfaat-batu-akik-emerald/

Sapphire (Safir)

Batu safir merupakan batu akik yang paling diminati oleh para perempuan berkelas. Batu safir terdiri dari beragam warna, namun yang paling banyak dicari dan paling mahal adalah blue sapphire. Blue sapphire sendiri juga digunakan oleh Lady Diana dan Kate Middleton.
source: https://www.pinterest.com/pin/498210777505689705/
Adapun khasiat batu blue Safir ini adalah bisa memberikan kedamaian pada hati, menjernihkan pikiran, memberikan kebahagiaan, bisa meredam sakit hati dan lain sebagainya.
source: http://www.idjoel.com/batu-akik-safir/