Packaging

Tamanu oil adalah salah satu jenis essential oil yang dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Seperti essential oil lainnya, skincare ini juga banyak dikeluarkan oleh banyak brand skincare. Ada Alucia Organics, Life Flo, Aurora Cacia, Cammile Q, Majestic Pure dan masih banyak lagi. Untuk kemasannya tentunya juga bermacam-macam, namun kebanyakan sih berupa botol plastik atau kaca dan dilengkapi dengan pipet untuk mengambil produk. Isinya atau besar kecilnya tentunya juga bermacam-macam, ada yang kecil dan ada yang besar. Namun, jika kamu memerlukan tanamu oil untuk dibawa bepergian bisa memilih kemasan yang kecil saja.

 

source: https://www.onlynaturals.co.uk

Tekstur dan Formula

Tamanu oil ini teksturnya seperti minyak dengan konsistensi lebih berat dari rosehip oil, akan tetapi lebih ringan daripada coconut oil. Warnanya hijau tua, pekat dan aromanya seperti aroma herbal atau jamu. Meskipun teksturnya oil, namun cepat meresap di kulit dan aman untuk kulit berminyak.

 

source: https://www.indiamart.com
baca juga

Kandungan dan Manfaat

Tanamu oil adalah skincare terbaik yang dibuat dari ekstrak biji atau kacang pohon tamanu. Selain di Indonesia, pohon tanamu juga banyak tumbuh di Thailand, Vietnam dan Malaysia. Selain bisa dipakai untuk semua jenis kulit, tamanu oil juga memiliki fungsi antibacterial, antimicrobial, dan juga antioksidan. Manfaat lainnya adalah:

  • Mengatasi masalah jerawat
Tanamu oil merupakan skincare yang bagus untuk mengatasi masalah jerawat karena mengandung antimicrobial, antibakteri, antiinflamasi dan kaya akan fatty acid seperti linoleic acidpalmitic acidstearic acid serta linolenic yang dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.
  • Menyamarkan stretch marks
Kandungan fatty acid dalam tanamu oil mampu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tampilan stretch mark
  • Mencegah penuaan dini
Radikal bebas dapat mengurangi elastisitas kulit, memicu munculnya kerutan serta mengurangi kemampuan kulit untuk beregenerasi. Sementara kandungan lemak dalam tamanu oil dapat bertindak sebagai antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas. 
  • Mempercepat penyembuhan luka
Tamanu oil memiliki kemampuan unik yang disebut dengan cicatrization atau “wound healing”. Hal ini dikarenakan kandungan dalam tanamu oil mampu memicu pertumbuhan jaringan kulit baru, mempercepat proses penyembuhan luka, menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru dan meminimalisir tampilan bekas luka.
  • Serum mata alami
Selain untuk kulit wajah, tamanu oil juga bisa digunakan sebagai serum mata alami, mengatasi masalah dark circles dan kantung mata yang bisa didapat karena adanya kandungan fatty acid dari tanamu oil.

 
source: https://www.thealternativedaily.com

Cara Pemakaian

Pemakaian tamanu oil meskipun bisa dimanfaatkan sebagai face oil namun lebih dianjurkan sebagai spot treatment saja di area tertentu, seperti luka atau bekas jerawat. Selain digunakan langsung, kamu juga bisa mencampurnya dengan jojoba oil atau carrier oil ringan lainnya. Selain itu bisa juga dipadukan dengan essential oil lainnya seperti lavender, rose dan frankincense. Kamu bisa gunakan tanamu oil 2 - 3x pada minggu pertama, jika kulit sudah terbiasa dan tidak ada reaksi negatif, bisa ditambahkan intensitasnya sesuai yang diinginkan.

 

source: https://journal.sociolla.com