1. Sebelum dan Sesudah Olahraga

source: http://lighthouse-indonesia.com/tummy-talk-blog-d168-olahraga-bisa-bahayakan-tulang-penderita-obesitas-ini-faktanya
Saat perut kosong, zat-zat di dalam tubuh pun ikut turun. Hal ini menyebabkan pembentukan otot tidak dapat terjadi secara maksimal. Bahkan metabolisme tubuh pun menurun. Selain itu, 30 menit setelah berolahraga, gula dan protein akan mudah menempel di otot dan dicerna oleh tubuh.
source: http://mery.jp/3497
Hmm, kalau begini jadi tidak ragu untuk ngemil ya.
source: http://www.efektips.com/tips-cemilan-sehat-untuk-anda-yang-super-sibuk/

2. Jam 15.00

Pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan dalam porsi yang wajar. Ngemil di jam-jam ini memang tidak mudah membuat kita gemuk, tapi kita juga harus memastikan bahwa apa yang kita konsumsi bisa diserap baik oleh tubuh dan tentunya menyehatkan.
source: http://marilangsingalami.blogspot.com/2015/06/cemilan-sehat-untuk-sukseskan-diet.html
Makanan yang dikonsumsi pada jam 15.00 dipercaya sulit untuk menjadi tumpukan lemak. Pada jam 15.00 jumlah sekresi dari BMAL1 pada saat proses penyimpanan lemak paling sedikit dilakukan. Oleh karena itu apa yang dimakan pada jam-jam tersebut hampir tidak bisa menjadi lemak.
source: http://www.diet-kotu.com/syokuji-hou/kansyoku.html

3. 20 Menit Sebelum Makan

Dalam tubuh manusia, terdapat mekanisme dimana otak akan dirangsang untuk merasa kenyang saat gula darah naik. Jika Minasan mengkonsumsi makanan manis 20 menit sebelum makan utama, otak akan segera dirangsang untuk merasa kenyang dalam 20 menit sesudahnya. Hal ini akan membuat Minasan merasa kenyang dan mengurangi asupan makanan pada saat mengkonsumsi makan utama.
source: http://quickchicken.co.id/index.php/read/7-Rasa-Coklat-Unik-di-Dunia
Jika Minasan sudah mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk ngemil, jangan takut lagi ya. Konsumsilah camilan sehat yang bisa menahan lapar lebih lama. Dan hindari untuk ngemil di pagi hari karena kebiasaan ini akan membuat Minasan semakin cepat lapar saat siang dan sore hari.