1. Gerakan Sun Salutation (Surya Namaskar)

Surya Namaskar terdiri dari 12 gerakan atau posisi yang setiap gerakannya memiliki manfaat bagi tubuh. Tidak hanya mengecilkan paha saja, melakukan Surya Namaskar juga dapat mengecilkan perut dan lengan, memperlancar sirkulasi darah, dan juga memperkuat tulang khususnya di bagian leher, punggung, serta kaki.
source: http://ladieszone13.blogspot.com/2014/03/best-yoga-poses-for-reduce-belly-fat.html
Lakukan Surya Namaskar sebanyak lima kali pengulangan di minggu pertama dan naikkan angka pengulangan di minggu berikutnya. Minumlah air di sela-sela pengulangan dan beristirahat selama 15 detik sebelum mengulang gerakan.
source: http://ladieszone13.blogspot.com/2014/03/best-yoga-poses-for-reduce-belly-fat.html

2. Posisi Warrior Pose (Virabhadrasana I)

Dikatakan Warrior Pose karena gerakan ini dapat meningkatkan stamina layaknya seorang pejuang yang kuat. Melakukan gerakan ini secara rutin dapat mengecilkan paha, memperkuat sendi bahu, tangan, dan punggung, serta meningkatkan keseimbangan dan konsentrasi.
source: http://www.sexyyogaschool.com/yoga/yoga-poses/virabhadrasana-warrior-pose/
Angkat kedua tangan ke atas dan tempelkan telapak tangan. Sambil menarik napas, rentangkan kaki dengan cara melompat kecil atau melangkah. Hembuskan napas dan perlahan hadapkan tubuh ke arah kiri. Tekuk sedikit lutut kaki kiri. Kepala menghadap ke atas. Tahan posisi selama empat tarikan napas dan lakukan dengan arah sebaliknya.
source: https://en.wikipedia.org/wiki/Virabhadrasana_I

3. Posisi Cobbler's Pose (Baddha Konasana)

Selain mengecilkan paha, Baddha Konasana yang biasa juga disebut sebagai Cobbler's Pose atau Butterfly Pose ini juga dapat memperkuat tulang belakang dan lutut. Gerakan ini juga dapat meredakan nyeri saat menstruasi dan melancarkan pencernaan.
source: http://infertility.answers.com/alternative-treatments/8-yoga-poses-for-fertility
Duduklah di atas matras. Lipat kedua kaki dengan telapaknya saling menempel. Jaga agar punggung tetap tegak. Dengan tangan, tarik kedua kaki hingga kedua tumit bertemu. Sambil tetap memegang kaki, angkat dan turunkan paha seperti layaknya sayap kupu-kupu. Lakukan gerakan ini beberapa kali sebanyak yang Minasan sanggup.
source: http://www.thehealthsite.com/fitness/12-yoga-poses-asanas-for-weight-loss/

4. Posisi Reverse Warrior (Viparita Virabhadrasana)

Gerakan Reverse Warrior ini diyakini dapat memperkuat tubuh bagian bawah, memberikan kelenturan pada tulang belakang, kaki, dan dada. Selain itu juga dapat mengecilkan paha, memperlancar sirkulasi darah, serta meredakan sakit pada tulang belakang atau punggung.
source: http://www.yogaoutlet.com/guides/how-to-do-reverse-warrior-pose-in-yoga/
Mulailah dengan melakukan posisi Warrior I. Kemudian rentangkan tangan sehingga sejajar dengan bahu. Taruh tangan kiri pada kaki kiri dan angkat tangan kanan ke atas sambil menarik napas. Pastikan kepala menghadap ke atas. Tahan posisi ini sebanyak empat hingga enam tarikan napas. Lalu rentangkan tangan kembali dan Minasan bisa melakukan posisi ini ke sisi satunya.
source: http://www.yogabasics.com/asana/reverse-warrior/

5. Posisi Yogi Squat (Malasana)

Posisi jongkok ini terkadang kita lakukan tanpa kita sadari. Yogi Squat atau Deeper Squat bermanfaat untuk mengecilkan paha, membantu menjaga keseimbangan, memberikan kekuatan pada tubuh bagian bawah, dan juga meningkatkan konsentrasi.
source: http://www.fitbodyhq.com/yoga/7-yoga-poses-improve-posture/
Renggangkan kedua kaki selebar bahu. Tekukkan lutut dan tekan pinggul ke bawah. Tekan ke bawah semampu yang Minasan bisa dengan tumit tetap tertumpu pada lantai. Usahakan agar punggung tetap tegak dan tumit tidak terangkat dari lantai. Atur pernasapan saat melakukan posisi ini.
source: http://www.active.com/health/articles/pose-of-the-month-squat-pose
Gerakan-gerakan yoga di atas sangat mudah dilakukan, bukan? Selain berolahraga, jangan lupa untuk mengatur asupan makanan agar hasil yang didapat lebih maksimal.