Satu Keluarga Dengan Mint

Tanaman yang tergolong keluarga mint ini tumbuh layaknya semak belukar dan sangat mudah berkembang biak. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih, ada juga yang berwarna ungu namun berbeda jenis.
source: http://fullnews.in/12-easy-to-grow-plants-that-will-repel-mosquitoes-naturally/
Daun-daun catnip juga sudah banyak dijual di petshop dengan kondisi yang sudah dikeringkan, atau diletakkan dalam boneka kain sehingga bisa langsung dijadikan mainan oleh kucing. Jika Minasan ingin menanamnya sendiri, benihnya juga sangat mudah diperoleh. Akan tetapi, benih catnip sangatlah kecil, jadi berhati-hati saat membawanya agar tidak terjatuh.

Membuat Kucing Teler

Catnip memiliki senyawa kimia yang disebut nepetalactone. Senyawa inilah yang bertanggung jawab terhadap perubahan perilaku pada kucing. Senyawa ini terletak pada batang dan daun pada tanaman ini.
source: http://www.quizlet.nl/quiz/400330/catnip/results.php?page=2
Kucing biasanya akan menggosokkan dagu, pipi, dan muka ke dalam semak tanaman ini. Ada pula yang mengendus kemudian menjilat dan mengunyahnya. Kucing akan memastikan tubuh mereka terkena minyak yang dikeluarkan oleh catnip. Kemudian kucing akan bereaksi lebih agresif dan tidak membuat kucing ketergantungan. Efek catnip berlangsung selama kurang lebih 15 menit, setelah itu kucing akan kembali ke perilaku sebelumnya.

Manfaat Catnip untuk Manusia

Catnip yang bisa memabukkan kucing ini ternyata bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk membuat teh, lho. Efek penenang yang ada di dalam tanaman ini tidak berbahaya untuk manusia. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh antara lain: mengobati insomnia, mengurangi kecemasan, mengurangi gangguan pernapasan, meredakan nyeri perut, menghentikan pendarahan akibat luka, dan untuk obat sakit gigi.
source: http://www.herbs-info.com/catnip.html
Catnip membantu melepaskan gas yang terperangkap dalam usus. Mengambil teh catnip setelah makan juga dapat membantu meningkatkan kinerja pencernaan.
source: http://www.amazine.co/39157/7-manfaat-kesehatan-catnip-cara-membuat-teh-catnip/

Cara Membuat Teh Catnip

Cara membuat teh catnip adalah dengan menggunakan 1-3 sendok teh catnip kering yang diseduh dengan air panas. Tidak disarankan menggunakan air mendidih karena dapat merusak senyawa dalam catnip. Ibu hamil juga tidak disarankan mengkonsumsi ini karena dapat memicu keguguran.
source: http://www.naturalliving.tk/2012/10/natural-herb-catnip.html
Rendam catnip dalam air mendidih selama 10 menit, aduk beberapa kali. Saring, tambahkan susu tanpa laktosa aduk dan sajikan. (drh. Neno WS)
source: http://www.kucingkita.com/fakta-kucing/catnip-si-pembuat-kucing-fly

Jenis Kucing yang Terpengaruh

Hampir semua jenis kucing dewasa bisa terkena pengaruh catnip. Namun hanya 20% kucing yang kebal dengan efek halusinogennya. Tidak hanya kucing rumahan saja, ternyata jenis kucing besar seperti harimau dan singa pun juga bisa terkena efek halusinogen catnip. Cek video penelitian dari Big Cat Rescue dan lihat tingkah lucu hewan buas ini.
youtube:_OPA1bZwOWc
source: https://www.youtube.com/watch?v=_OPA1bZwOWc
Do BIG Cats Like Catnip? *PART 2 - The "Science"...