Es krim memang bukan makanan utama sehingga sering kali luput dari perhatianmu, terutama saat diet. Cuaca panas memang bisa menjadi sarana berkurangnya lemak-lemak di tubuhmu, tapi sekaligus ancaman jika kamu justru tergoda menikmati es krim untuk mengusir panas.

Mengenal Jenis Es Krim

Secara garis besar, es krim dibagi menjadi 4 kategori yaitu Ice Cream, Ice Milk, Lacto Ice, dan Frozen Dessert.
source: http://rebloggy.com/post/pink-ice-cream-pastel-yum-desert-sorbet/24735572364
1. Ice Cream
Milk solid 15% lebih, milk fat 8% lebih. Dari 4 jenis ice cream, ini adalah tipe yang paling banyak mengandung milk solid dan milk fat.
2. Ice Milk
Milk solid 10% lebih, milk fat 3% lebih. Kandungan susu di dalamnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan ice cream. Tapi untuk menekan lemak di dalamnya, ada beberapa jenis yang menggunakan vegetable fat jadi belum tentu kalorinya lebih rendah daripada ice cream.
3. Lacto Ice
Milk solid 3% lebih, dan hanya sedikit menggunakan komposisi dari susu. Namun kamu tetap harus hati-hati karena es krim jenis ini banyak mengandung vegetable fat, jadi belum tentu kalorinya lebih rendah daripada ice cream.
4. Frozen Dessert
Milk solid kurang lebih 3%. Yang termasuk jenis ini misalnya sorbet atau es krim dengan rasa buah tanpa ada rasa susu di dalamnya.
source: http://www.marksdailyapple.com/strange-fat-free-food/#axzz3fM4wIFcc
Penting untuk melihat kandungan kalori dalam es krim di balik kemasan. Semakin rendah kalori, maka akan semakin baik untuk dietmu. Dalam hal ini, es krim jenis frozen dessert yang mengandung lemak paling sedikit adalah pilihan terbaik. Kalau kamu ingin makan 3 jenis es krim yang lain, pilih cup yang kecil, ya.

Perhatikan Waktu yang Tepat

Ada 2 waktu terbaik untuk menikmati es krim, yaitu setelah makan dan jam 3 sore. Ada juga orang yang menikmati es krim sebagai camilan, tapi sebenarnya menyantap es krim setelah makan akan membuatmu tak mudah gemuk, lho!
source: http://thebigmangolife.com/2013/04/06/food-friday-beating-the-heat-in-bangkok-with-ice-cream/
Tubuh manusia secara berurutan akan menyerap makanan yang masuk terlebih dahulu. Jadi waktu terbaik untuk makan es krim adalah saat tubuh sulit menyerap makanan, yaitu setelah makan.
source: http://uniqpost.com/28814/7-kebiasaan-bikin-cepat-pikun/
Tahukah kamu kapan waktu yang tepat untuk menikmati camilan? Secara umum waktu terbaik adalah jam 3~6 sore, karena pada jam-jam ini tubuh paling sedikit menyerap lemak. Jadi usahakan untuk makan camilan termasuk es krim sebelum jam 4 sore, ya.

Cara Makan Es Krim Saat Diet

Jika kamu sedang diet, coba perhatikan cara makan makanan manis berikut ini agar tak gagal diet.
source: http://www.thedailymeal.com/travel/9-foods-you-probably-shouldnt-eat-when-traveling
1. Makan dengan sendok kecil
Makan es krim dengan melahapnya langsung memang menjadi kenikmatan tersendiri. Tapi ini adalah cara yang kurang baik, lho! Sebaiknya biasakan makan es krim perlahan dengan menggunakan sendok kecil. Dengan cara ini, kamu akan menikmati es krim sekaligus merasa mudah kenyang setelahnya.
source: http://www.thomasmatty.com/how-to-teach-your-kids-about-taxes-using-ice-cream/
2. Fokus makan es krim
Makan apapun terutama camilan sambil melakukan kegiatan lain sangat tidak disarankan. Kamu secara tak sadar akan makan lebih banyak karena cara ini akan membuatmu sulit merasa kenyang. Jadi usahakan kamu hanya fokus makan dan menikmati es krim di depanmu untuk menghindari hal ini. Sebaiknya kamu pilih es krim bertipe cup daripada cone. Makan es krim dengan sendok akan membuatmu sibuk dan fokus pada es krim yang kamu makan.

Tips Menekan Penyerapan Lemak

Makan satu cup es krim ditemani secangkir teh hijau hangat bisa menjadi pilihan baik untuk menekan penyerapan lemak dari es krim.
source: http://4travel.jp/travelogue/10583033
Zat katekin dalam teh hijau dapat bekerja menekan penyerapan lemak dan gula dalam tubuh. Minum segelas teh hijau hangat sambil menikmati es krim sangat disarankan jika kamu ingin membakar lemak berlebih dalam tubuhmu, terutama lemak yang terkandung dalam es krim. Hal ini juga berlaku jika kamu terlanjur makan es krim terlalu banyak.
Walaupun sedang diet, es krim itu adalah pengecualian! Dengan memperhatikan hal-hal di atas, kamu bisa makan es krim kesukaan tanpa rasa khawatir lagi :D