Poin Terpenting Dalam Menjalani Diet

1. Meningkatkan metabolisme tubuh
2. Mengurangi lemak tubuh
3. Tindakan untuk meningkatkan pemecahan lemak dalam tubuh
4. Tindakan untuk meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh

Kebiasaan yang Harus Dilakukan Saat Menjalani Diet

Agar program dietmu dapat berjalan dengan lancar, ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu mulai dari sekarang.

1. Minuman Hangat di Pagi Hari

Ayo biasakan konsumsi minuman hangat di pagi hari! Tidak hanya minuman hangat, sup hangat juga bisa membantu. Tubuh manusia menyimpan energi yang digunakan sehari-hari pada saat tidur, sehingga tubuh berada pada energy-saving mode. Oleh karena itu, metabolisme tubuh akan mudah meningkat beberapa jam setelah bangun tidur.
source: http://weheartit.com/entry/186703590/search?context_type=search&context_user=Laura_Catalina_Sandoval&query=hot+cocoa
Minuman hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya penimbunan lemak dalam tubuh.

2. Tetapkan Target

Diet merupakan pertempuran dengan diri sendiri. Jika melakukan diet tanpa menentukan target, maka diri kita mudah lengah terhadap godaan yang muncul.
source: http://www.bodyfitnessltd.com/2014/11/how-to-set-weight-loss-goal.html
Agar tidak selalu memanjakkan diri kita, penting untuk Minasan menetapkan berat badan yang ingin dicapai dalam periode tertentu. Misalnya, target untuk 1 bulan adalah berat badan turun mencapai 2 kg.
Selain itu Minasan juga bisa deklarasikan progam diet pada orang-orang terdekat, sehingga lingkungan sekitar bisa mendukung tujuan yang ingin Minasan capai. Akan lebih baik lagi jika memiliki partner dalam berdiet, sehingga Minasan tidak berjuang sendirian selama program penurunan berat badan.

3. Konsumsi Asupan yang Dapat Membantu Membakar Lemak Tubuh

L-Carnitine
Berfungsi untuk menguraikan kandungan lemak yang kita konsumsi, serta membakar lemak dan mengubahnya menjadi energi
L-Carnitine adalah bagian dari makanan harian kita. Daging merah (mis. daging anak domba, venison dan sapi) khususnya kaya akan L-Carnitine.
source: http://www.carnipure-for-you.com/id/interesting-facts/where-does-l-carnitine-occur-in-our-diet.html
source: http://beauty-matome.net/diet/honkideyasetaihitoni.html
Yodium
Yodium berfungsi untuk meningkatkan metabolisme lipid dan karbohidrat, serta membakar lemak berlebih dalam tubuh. Selain itu, yodium juga berfungsi untuk meningkatkan metabolisme basal, fungsi pencernaan, serta penyerapan.
Kekurangan yodium dapat menyebabkan berkurangnya aktivitas tiroid sehingga memperlambat proses metabolisme dan menyebabkan peningkatan berat badan. Sedangkan Kromium diperlukan tubuh untuk membantu menangani karbohidrat dan lemak dalam makanan. Jika dikombinasikan dengan asam nikotinat vitamin B dan triptofan atau sejenis asam amino lainnya maka dapat menurunkan kadar insulin dan mendorong penyebaran glukosa darah ke jaringan tubuh.
Sumber yodium berasal dari rumput laut, ikan laut, tumbuhan laut dan makanan laut launnya, sedangkan kromium berada pada ragi birm tiram, daging sapi, produk gandum, kentang dan hati.
source: http://m.liputan6.com/health/read/720511/jenis-makanan-pembakar-lemak?p=4

4. Hentikan Kebiasaan Makan yang Dilakukan Bersamaan Dengan Kegiatan Lain

Pelepasan hormon dopamin, yang merupakan neotransmitter, terjadi sebelum dan saat makan berlangsung. Normalnya dopamin bekerja untuk memberikan rasa kepuasan atau kenyang saat sedang makan. Tetapi, saat kita makan dan melakukan kegiatan lain secara bersamaan, pelepasan dopamin akan mengalami penurunan, sehingga memicu kita untuk makan lebih banyak.
source: http://slism.jp/communication/improve-your-habits.html
Hal ini sering dikatakan sebagai salah satu penyebab naiknya berat badan yang terkait dengan peningkatan nafsu makan. Selain itu, visual sangat berpengaruh pada rasa kenyang. Oleh karena itu, jika kita makan sambil memandangi layar smartphone, kita tidak akan mendapat kepuasan, sehingga memicu makan dengan jumlah yang lebih banyak.

5. Jangan Lewatkan Protein

Protein merupakan elemen penting bagi metabolisme basal. Sebanyak 20% metabolisme basal digunakan dalam otot. Sedangkan energi yang digunakan untuk metabolisme basal minimal yang diperlukan dalam tubuh kurang lebih 60%.
source: http://laughy.jp/1409020000023187459
Jika masa otot mengalami penurunan, maka metabolisme basal juga mengalami penuruan. Hal ini menyebabkan lemak lebih mudah tertimbun dalam tubuh. Protein nabati, seperti yang terkandung dalam produk kedelai sangat efektif untuk diet.

6.Bercermin

source: http://weheartit.com/entry/187983820/search?context_type=search&context_user=buse_halac&query=mirror
Melihat perubahan diri melalui cermin setiap harinya merupakan hal yang penting. Dengan memperhatikan bentuk atau tipe tubuh kita sendiri dalam cermin, maka akan timbul perasaan untuk memperbaiki bagian yang dirasa kurang. Hal ini akan memotivasi kita untuk selalu mempercantik diri.