Almond oil bisa juga disebut sebagai massage oil, karena bisa digunakan pada wajah, tubuh, hingga kulit. Namun, almond oil yang dijual dalam kemasan berlabel massage oil ini biasanya telah melewati penyulingan bersuhu tinggi dan melalui proses ekstraksi seperti obat sehingga telah kehilangan kandungan gizinya. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, lebih baik gunakan pure almond oil yang masih asli. Yuk, kita simak khasiat almond oil.
source: http://blog.doctoroz.com/oz-experts/reboot-your-body-and-mind-with-panchakarma

1. Memiliki Efek "Emollient"

Almond oil memiliki efek "emollient" yang dapat mengunci kelembaban dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, sehingga membuat kulit terasa lebih lembut dan berkilau. Jika kulit terasa kering, maka permukaan kulit juga akan terasa kasar, namun almond oil dapat mencegah terjadinya hal ini. Cocok digunakan untuk Minasan yang berkulit kering!
source: http://www.mirror.co.uk/lifestyle/health/9-ways-keep-your-collagen-4185058
Biasa ditemukan pada lotion atau pelembab, emollient juga biasa dikenal dengan "moisturizer" Fungsi emollient pada suatu produk adalah untuk mengurangi kehilangan cairan pada permukaan kulit yang menyebabkan kulit kering. Selain itu keberadaan kandungan ini juga dapat melembutkan dan menghaluskan kulit.
source: http://www.tipswanita.net/kosakata-kecantikan-yang-perlu-anda-ketahui-part-2/

2. Cocok untuk Memutihkan Kulit

Selain melembabkan kulit, almond oil juga ikut berperan dalam memutihkan kulit dan melindungi agar kulit tidak menghitam!
source: http://mery.jp/24510
Produksi melanin yang dihasilkan oleh sel melanosit dapat menyebabkan terjadinya flek-flek hitam. Almond oi dapat mengontrol pergerakan sel melanosit yang menjadi sumber flek-flek hitam. Selain itu juga dapat mengontrol enzim tyrosinase yang menyebabkan pigmen melanin semakin menghitam saat terkena sinar ultraviolet, sehingga cocok untuk perawatan kulit.
source: http://trilltrill.jp/beauty/articles/23323

3. Mendinginkan Peradangan Kulit

Saat kulit terbakar permukaan kulit akan memerah dan terjadi peradangan. Minasan bisa mengoleskan almond oil pada kulit yang bermasalah untuk mendinginkannya.
source: http://www.philly.com/philly/health/cancer/HealthDay687603_20140608_Use_Your__ABCDE__to_Spot_Deadly_Skin_Cancer.html
Minyak almond membantu mengurangi peradangan, gatal, dan kemerahan pada kulit. Buat campuran dengan menambahkan 2 sdm minyak almond, 5 tetes minyak Chamomile, 5 tetes minyak lavender dan 3 tetes minyak vitamin E. Oleskan campuran tersebut ke kulit beberapa kali sehari untuk meringankan gejala dan menyingkirkan kulit pecah-pecah dan masalah kulit lainnya.
source: http://www.sobatcantik.com/manfaat-minyak-almond-untuk-kulit-rambut-dan-kesehatan/

4. Menjaga Keindahan Kulit

Keistimewaan almond oil dibandingkan minyak alami lainnya adalah daya serapnya yang mampu menembus lapisan kulit yang paling dalam. Sehingga, manfaat almond oil juga akan terasa hingga ke bagian kulit terdalam.
source: http://beauty.yahoo.co.jp/beauty/articles/125433
Minyak almond kaya akan vitamin A, B dan E, yang berguna untuk kesehatan kulit. Bahkan, sebagian besar produk perawatan kulit mengandung vitamin ini. Minyak almon membantu menjaga tingkat kelembaban kulit dan terserap dalam sekejap tanpa menutupi pori-pori.
source: http://www.sobatcantik.com/manfaat-minyak-almond-untuk-kulit-rambut-dan-kesehatan/

5. Mengurangi Lingkaran Hitam

Minasan memiliki masalah dengan lingkaran hitam di bawah mata? Segera oleskan almond oil untuk menghilangkannya!
source: http://www.topinspired.com/top-10-amazing-benefits-and-uses-of-almond-oil/
Aplikasi sehari-hari minyak almond di bawah mata setiap malam dan pijatan ringan dapat memperbaik kulit di bawah mata. Massage dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat membuat kulit di bawah dan di sekitar mata terlihat dan terasa terhidrasi dan lembab. Campur sedikit madu dengan minyak almond dan pijat area lingkaran dibawah mata yang gelap. Tidak hanya akan mengurangi bengkak, tapi juga dapat membuat kulit di bawah mata lebih terang dan cerah.
source: http://www.jendelasarjana.com/2013/08/manfaat-minyak-almond-untuk-kecantikan.html
Perlu diperhatikan bahwa Minasan harus menggunakan sweet almond oil, atau minyak almond manis untuk mendapatkan khasiat terbaik. Jangan salah pilih minyak almond pahit ya, karena justru akan berakibat buruk untuk kulitmu.