6. Biji Wijen

Bagi yang suka onde-onde, pasti tak asing dengan biji wijen yang melapisi jajanan ini. Ternyata biji kecil-kecil ini memiliki khasiat untuk Minasan yang sedang menjalankan diet. Biji wijen mengandung sesamin dan sesamoin yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah kolesterol. Biji wijen juga biasa diolah menjadi minyak untuk menumis.
source: http://www.nutrientrich.com/1/the-12-health-benefits-of-sesame-seeds.html
Minyak wijen memang lebih sering dipakai oleh masyarakat Barat. Minyak ini juga digemari oleh orang-orang yang dalam sedang diet. Mereka menyadari kegunaan minyak wijen bagi kesehatan
source: https://www.deherba.com/kegunaan-minyak-wijen-untuk-kesehatan-tubuh.html

7. Biji Pome (Delima)

Biji delima atau dikenal juga dengan pomegranate seed ini cukup mudah ditemukan di Indonesia. Biji ini mengandung asam linoleat, asam omega-3, polifenol, serta serat kasar yang baik untuk pencernaan. Para ahli gizi juga menyarankan untuk mengkonsumsi buah ini ketika sedang melakukan program diet.
source: http://www.gimmesomeoven.com/how-to-open-and-de-seed-a-pomegranate/
Kadar gula yang terkandung dalam buah delima mungkin melebihi kadar gula maksimum untuk jatah harian, maka mungkin kurang cocok bagi penderita diabetes yang harus diet rendah gula.
source: http://www.caramakan.com/2015/03/Cara-Makan-Buah-Delima.html

8. Biji Anggur

Sama seperti biji pepaya, biji anggur yang seringkali dibuang begitu saja ternyata juga memiliki manfaat untuk penurunan berat badan. Melalui penelitian di Universitas Flinder, Australia, yang dipimpin oleh Dr. Zhao, kandungan polifenol dalam biji anggur mampu mencegah tikus mengalami alzheimer, kerusakan mata, dan kerusakan pembuluh darah yang disebabkan oleh diabetes. Biji anggur dapat dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk bubuk.
source: http://www.medicaldaily.com/compound-grape-seed-extract-causes-prostate-cancer-cell-death-264683
Sebelumnya, cuci biji anggur yang telah disiapkan, lalu keringkan di bawah sinar matahari. Apabila sudah kering betul, tumbuk biji anggur tersebut lalu masukkan ke dalam kapsul kosong. Kapsul kosong bisa Anda dapatkan di toko obat herbal atau apotek.
source: http://segiempat.com/sehat/obat-herbal/khasiat-biji-anggur-untuk-kesehatan/

9. Flaxseeds

Flaxseed adalah sejenis biji rami yang manfaatnya luar biasa dan tergolong dalam super food. Kandungan flaxseed menurut sebuah studi diyakini dapat mencegah serangan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker kolon, dan depresi. Sedangkan kandungan omega-3 nya mampu mengatasi masalah pencernaan.
source: http://theheartysoul.com/flax-seed-health-benefits/
Untuk mengkonsumsinya, anda dapat menggilingnya dengan blender biji / coffee grinder anda sesuai kebutuhan sehari-hari. Pindahkan bijian utuh maupun biji flaxseeds yg telah digiling ke dalam toples kedap udara dan simpanlah dalam refrigerator.
source: http://royaldeerplacenta.com/flaxseeds/

10. Chia Seeds

Biji chia yang menyerupai biji selasih ini berasal dari Mexico dan memiliki lemak omega-3 yang lebih tinggi dibandingkan flaxseed. Biji chia juga mengandung serat, karbohidrat, protein, antioksidan, kalsium, serta vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk tubuh. Tidak seperti flaxseed, biji chia bisa diserap oleh tubuh walaupun dimakan secara utuh.
source: http://www.healthfitnessrevolution.com/top-10-health-benefits-chia-seeds/
Gunakan setengah cangkir air untuk satu sendok makan Chia seed - atau sendok besar jika Anda ingin konsistensi lebih kental, maka Chia seed dapat digunakan sebagai pengganti telur dalam kue; Ketika dicampur dengan air, Chia seed akan berubah jadi seperti konsistensi telur yang bagus untuk bahan pengikat.
source: http://sehatindonesia.com/kolum/2/makan--diet/84/-chia-seed-bijibijian-kecil-bermanfaat-besar
Kesepuluh biji-bijian tersebut mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk membantu penurunan berat badan. Cara mengkonsumsinya beragam, bisa dikonsumsi langsung, untuk campuran makanan atau minuman, atau diproses menjadi bubuk atau minyak.