1. Biji Labu Kuning

Biji labu atau waluh mengandung vitamin B kompleks, E, A, dan K yang cukup tinggi. Selain itu juga mengandung zat besi dan asam lemak tak jenuh. Biji labu ini bermanfaat untuk penderita diabetes karena kandungan asam folatnya yang dapat membantu mengembalikan fungsi endotel.
source: http://blog.fooducate.com/2014/10/13/the-other-pumpkin-product-youre-probably-not-eating/
Apakah labu baik untuk penderita diabetes? Ya, tentu sangat baik untuk pasien diabetes untuk alasan yang disebutkan di atas. Tapi, apa pun dalam jumlah besar bisa berdampak buruk. Biji labu telah dikatakan menyebabkan gangguan pencernaan bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Ada kasus-kasus alergi dilaporkan juga. Pasien diabetes dianjurkan untuk memasukkan labu dalam jumlah moderat dalam diet harian Anda untuk menuai manfaatnya untuk lebih baik.
source: http://www.ahlinyadiabetes.com/manfaat-labu-kuning-untuk-penderita-diabetes/

2. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari sering dijadikan camilan yang disebut kuaci. Biji ini mengandung vitamin E, C, dan B kompleks yang baik untuk kulit. Selain itu, kandungan kaliumnya yang sangat tinggi baik untuk diet. Bahkan kulit bijinya apabila dikonsumsi sebagai teh dapat mengobati usus buntu, lho.
source: http://www.marksdailyapple.com/quick-guide-edible-seeds/#axzz3fAkm9CF1
Bahan makanan ini dapat mempercepat pembakaran kalori dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh karena folat yang terkandung di dalamnya. Selain itu, kuaci juga mengandung vitamin B yang bisa memperbaiki sel yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.
source: http://segiempat.com/sehat/makanan-sehat/berbagai-manfaat-kuaci-untuk-kesehatan-wanita/

3. Biji Pepaya

Jika Minasan selama ini membuang biji buah pepaya, mulai sekarang jangan dibuang karena biji pepaya ini bisa menurunkan berat badan. Biji pepaya memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponi anthraquinones, dan anthocyanosides yang memberikan efek antioksidan yang luar biasa.
source: http://vegonline.org/vegetable-nutrition-facts/nutrition-facts-papaya/
Lalu, bagaimana cara untuk bisa mengkonsumsi biji pepaya yang menyehatkan itu? Ada dua cara. Pertama, biji pepaya itu diblender dan disajikan seperti kita membuat jus. Kedua, dengan mengeringkannya, dan meblendernya, sebelum kemudian menyeduhnya seperti kita menyeduh kopi.
source: http://www.beritaatjeh.net/2015/04/berita-atjeh-banyak-yang-tahu-bahwa.html

4. Biji Jintan

Biji jintan kaya akan zat besi yang sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan. Penelitian juga sudah dilakukan oleh ahli kesehatan dari Shahid Sadoughi University of Medical Sciences di Iran yang membentuk 2 kelompok untuk meneliti pengaruh jintan terhadap penurunan berat badan. Hasilnya, kelompok yang menggunakan jintan dalam menu makanan mereka mengalami penurunan berat badan daripada yang tidak menggunakan jintan.
source: https://www.organicfacts.net/health-benefits/seed-and-nut/health-benefits-of-cumin.html
Pada akhir percobaan 3 bulan, namun untuk kelompok yang sering mengkonsumsi rutin bubuk jintan mengalami berat badan yang turun hingga 3 kg lebih dibandingkan kelompok yang hanya mengurangi takaran makanan tanpa jintan, dan yang paling mengesankan adalah prosentase lemak menurun 14,64 % dan ampir 3x lipat dibanding yang non jintan.
source: http://www.apotekmaxs.com/diet-dengan-bubuk-jintan-yuk.html

5. Biji Fumayin (Hemp Seeds)

Hemp seed atau biji fumayin di Indonesia lebih dikenal sebagai makanan untuk burung kenari. Kandungan nutrisi yang tinggi pada biji ini seperti vitamin E, omega 3, omega 6, dan asam lemak baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati sembelit, melembabkan kulit kering, menjaga kesehatan mental, dan mencegah penyakit Alzheimer.
source: http://dazeyhemp.com/about-hemp-seed-oil/
Tak hanya itu, biji hemp juga bisa dikonsumsi dalam bentuk apapun, mulai dicampur dengan salad, dijadikan makanan penutup, sereal, yogurt, roti, dan lainnya. Biji hemp bahkan bisa digunakan sebagai bahan dasar minyak, susu, butter, dan sabun, seperti dilansir oleh Care2 (17/08).
source: http://article.wn.com/view/2013/09/11/Hemp_bijibijian_sejenis_ganja_yang_kaya_manfaat/