Sebagai wanita, kita harus menjaga kesehatan tubuh baik luar maupun dalam. Apalagi kesehatan miss V kita, terutama pada saat sedang menstruasi, banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah mengganti pembalut secara teratur.
source: http://pondokibu.com/tips-memilih-pembalut-yang-sehat-dan-perawatan-diri-saat-haid.html

Mengapa Demikian?

Kalau wanita malas ganti pembalut nanti bisa jadi sumber penyakit. Karena media yang paling disenangi oleh bakteri, virus, dan kuman itu kan darah. Jadi kalau didiamkan saja nanti bisa jadi sarang bertumbuhnya bakteri dan virus. -dr Frizar Irmansyah SpOG (K) dari Rumah Sakit Pusat Pertamina
source: http://health.detik.com/read/2014/01/08/163204/2461917/775/malas-ganti-pembalut-saat-haid-ini-dampak-buruknya
Jika kita terkena bakteri, virus ataupun kuman tersebut, tentunya akan lebih mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan jika kita malas mengganti pembalut, apalagi saat sedang banyak-banyaknya, maka akan terasa lembab yang kemudian menimbulkan rasa gatal. Apabila tetap didiamkan bisa terkena keputihan, bahkan kanker leher rahim atau yang biasa disebut kanker serviks.
Dalam pembalut yang tidak diganti terdapat mikroorganisme yang biasa tumbuh yaitu Human Papiloma Virus (HPV) penyebab kanker serviks. Human Papilloma Virus atau HPV adalah virus yang menginfeksi area kulit dan organ kelamin.
source: https://dwipuji2769.wordpress.com/2012/11/23/kapan-waktu-yang-tepat-untuk-ganti-pembalut/

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Pembalut?

Pada dasarnya, waktuyang tepat untuk menganti pembalut adalah saat kita sudah merasa tidak nyaman dan lembab. Saat sedang banyak, Minasan bisa menggantinya 3-4 jam sekali.
dr Frizar Irmansyah SpOG (K) menambahkan frekuensi penggantian pembalut tergantung pada jumlah darah yang keluar. Kalau yang keluar sedang banyak-banyaknya ya sebaiknya sering ganti pembalut. Minimal pembalut diganti 2 kali dalam sehari.
source: http://health.detik.com/read/2014/01/08/163204/2461917/775/malas-ganti-pembalut-saat-haid-ini-dampak-buruknya
Menjaga kesehatan miss V terkadang menjadi hal yang merepotkan. Namun, hal tersebut tidak akan sia-sia karena tidak ada yang lebih penting daripada kesehatan. Cobalah luangkan waktu untuk mengganti pembalut dan coba cari tempat yang nyaman untuk menggantinya ya, Minasan.