Masuk ke PTS Cukup Mudah

Ketika tidak mendapatkan PTN mau tak mau kamu harus masuk PTS. Namun, jangan khawatir, karena masuk PTS tidak sesulit dan serumit masuk PTN kok. Jika harus melalui ujian pun, ujian penerimaan mahasiswa baru di PTS biasanya dibuka hampir tiap hari apalagi menjelang masa-masa penerimaan mahasiswa baru. Kuota penerimaan mahasiswa di PTS fakultas apapun juga hampir tidak dibatasi. Selain itu, kamu juga bisa memilih PTS ternama dan jurusan kuliah apapun yang kamu inginkan.

 

source: https://economy.okezone.com

Jam Kuliah Bisa Diatur

Kuliah sambil kerja? Bisa banget kalau kamu menjadi mahasiswa PTS. Hal ini dikarenakan PTS memiliki jam kuliah yang biasanya bisa diatur sesuai dengan jadwal mahasiswa. Memang biayanya lebih mahal dibanding PTN, namun tidak menutup kemungkinan kamu kuliah sambil kerja. Bahkan di PTS juga memiliki banyak kelas kuliah malam dan kelas karyawan untuk memfasilitasi mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Hal ini tentunya menjadi keuntungan bagi mahasiswa yang memilih bekerja sambil kuliah.

 

source: https://id.pinterest.com
baca juga

Banyak Beasiswa

PTS biasanya berdiri di bawah naungan yayasan atau lembaga tertentu, maka bisa dipastikan juga tersedia beasiswa bagi mahasiswanya. Beasiswa tersebut bisa dari pemerintah atau langsung dari yayasan. Inilah mengapa jika kamu kuliah di PTS, maka akan lebih banyak kesempatan untuk mendapat beasiswa. 

 

source: http://pontianak.tribunnews.com

Fasilitas Kuliah Lebih Baik

Dibandingkan PTN, PTS bisa jadi memiliki fasilitas kuliah yang lebih baik, terlebih jika itu adalah PTS ternama. Misalnya, gedung kuliah tiap-tiap fakultas, fasilitas gedung olah raga, perpustakaan yang lengkap, asrama, dsb. Hal ini tentunya untuk menarik mahasiswa baru dan persaingan diantara PTS lain karena kelengkapan fasilitas bisa menjadi daya tarik untuk mahasiswa baru. 

 

source: https://id.pinterest.com
baca juga

Dosen Berpengalaman

Tak hanya fasilitas yang baik, dosen-dosen yang mengajar di PTS biasanya juga para dosen yang sudah berpengalaman di bidangnya. Tak hanya jurusan kuliah tertentu, semua jurusan kuliah di PTS pastinya akan diberikan dosen yang expert di bidangnya karena PTS harus menjaga kualitas dan nama baik di mata masyarakat dan mahasiswanya sehingga tidak mungkin PTS akan merekrut tenaga pendidik yang tidak kompeten atau berpengalaman. Biasanya dosen yang mengajar di PTS juga sebagian besar adalah dosen PTN yang harus mengajar di tempat lain karena memang dibutuhkan atau karena mengejar jam mengajar untuk sertifikasi. 

 

source: https://id.pinterest.com

Kalau kamu membutuhkan saran tentang perguruan tinggi, kamu bisa tanya-tanya dan mendiskusikannya di beautynesia.id/forum lho. Di forum ini kamu bisa membuat thread, memberikan komentar dan berdiskusi dengan Beautynesia User lainnya. Jangan lupa sign up di http://beautynesia.id/signup kalau kamu belum punya akun Beautynesia ya.