1. Kunyit dan Penguat Hati

Jangan mengira bahwa 'hati' di sini maksudnya perasaan ya, Minasan. Untuk galau akibat patah hati, kunyit mungkin kurang ampuh dalam menyembuhkan luka, tetapi untuk organ hati alias lever, tanaman ini punya khasiat yang luar biasa!
Penelitian yang dilakukan untuk mengevaluasi efek kunyit pada kemampuan hati dalam detoksifikasi xenobiotik (beracun) bahan kimia membuktikan bahwa kadar 2 jenis enzim (UDP glucuronyl transferase dan glutathione-S-transferase) yang sangat penting dalam tindakan pembersihan racun tubuh secara signifikan meningkat setelah memakan kunyit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan sistem detoksifikasi selain memiliki sifat antioksidan.

2. Kunyit dan Perlindungan Alergi

Curcumin, kandungan utama yang ada dalam bubuk kunyit telah lama diketahui dapat mencegah pelepasan histamine yang menjadi penyebab alergi. Sebagaimana histamine memicu munculnya peradangan pada kulit akibat alergi, kunyit sendiri adalah makanan paling tepat yang dapat membantu para penderita. Histamine juga diketahui dapat menyebabkan pengerutan pada otot halus pada beberapa penderita asma, sehingga kunyit juga sering diyakini sebagai makanan terbaik untuk melawan asma. Khasiat kunyit dalam mengatasi alergi tidak hanya berguna dalam kasus radang gatal akibat alergi atau asma, tapi juga untuk jenis alergi lainnya. Radang sendi juga merupakan salah satu penyakit yang terbukti berkurang setelah penderita rutin mengonsumsi kunyit.
Sebagian besar kekuatan antihistamine dan antialergi dalam kunyit dihasilkan oleh kandungan antioksidannya yang tinggi. Namun demikian, sebuah studi yang diumumkan pada Agustus 2005 pada jurnal "Biological and Pharmaceutical Bulletin" menemukan bahwa ada faktor-faktor lain yang diduga berpengaruh pada kekuatan menyembuhkan alergi yang terdapat pada kunyit. Biasanya, perpaduan yang tepat untuk ramuan melawan alergi adalah dengan menambahkan lada hitam dan jahe.

3. Kunyit dan Pencegahan Kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyebab kematian tertinggi. Kunyit dan kandungan antioksidannya sangat berguna dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh yang merupakan pemicu kanker. Mekanisme yang dilakukan oleh curcumin (zat pembentuk kuning/orange pada kunyit) dapat melindungi tubuh dari perkembangan kanker dengan menghambat sintesis protein yang dianggap berperan dalam pembentukan tumor dan mencegah perkembangan suplai darah tambahan yang diperlukan untuk pertumbuhan sel kanker. Kunyit lebih ampuh dari pada manfaat daun serai dan mungkin sama baiknya dengan manfaat daun sirsak dalam membasmi kanker.

4. Kunyit dan Penyembuhan Depresi

Depresi juga berkaitan dengan menurunnya fungsi neurotropik yang diturunkan dari otak dan menyusutnya hippocampus, area otak yang berperan dalam belajar dan memori. Kandungan kunyit memiliki fungsi untuk membantu proses neurotropik sehingga membuatnya mampu memberikan efek anti depresi.

5. Kunyit dan Kelancaran Haid

Kandungan yang dimiliki kunyit seperti curcumin, minyak atsiri, dan berbagai mineral serta vitamin sangat membantu dalam mengatasi kram perut yang kerap dialami perempuan saat datang bulan. Nah, daripada minum ramuan kunyit asam yang dijual bebas, lebih baik Minasan membuat sendiri. Selain lebih higienis, hasilnya juga bisa lebih banyak! Caranya mudah kok, seperti yang ada di video berikut.
youtube:JDOTSP0GS2w
source: https://www.youtube.com/watch?v=JDOTSP0GS2w
Resep Membuat Jamu Kunyit Asam Sendiri
BAHAN MEMBUAT KUNYIT ASAM: 1/2 kg kunyit segar; 1/4 batok gula jawa atau gula pasir sesuai selera; 1/2 asam jawa; 2 liter air; 1/6 sendok teh garam (sedikit saja). CARA MEMBUAT: 1. Kunyit dibersihkan dari kotoran yang menempel kemudian di parut atau di blander hingga halus dan disaring untuk di ambil air atau sarinya saja.; 2. Selanjutnya air perasan kunyit di rebus dengan menambahkan air, gula jawa, asam, dan garam hingga mendidih (sambil di aduk-aduk); 3. Setelah mendidih matikan api dan biarkan hingga dingin.
source: http://manfaat-kunyit.blogspot.com/2015/01/manfaat-jamu-kunyit-asam.html

6. Kunyit dan Bebas Jerawat

Kandungan antioksidan kunyit sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas yang mengancam kulit. Bakteri penyebab jerawat pun dapat ditangkis dengan masker wajah alami berbahan kunyit ini.
SIAPKAN: 2 sdm tepung terigu, tepung beras atau oatmeal jika kulit benar-benar kering, 1 sdt kunyit, 3 sdm susu atau yogurt untuk yang berjerawat, dan beberapa tetes madu. CARA MEMBUAT DAN APLIKASI: Campurkan semua bahan hingga menjadi pasta. Oleskan tipis pada wajah dan biarkan mengering selama kurang lebih 20 menit. Bilas dengan air dan gosok dengan lembut untuk menghilangkan sisa masker. Tepuk-tepuk halus dengan handuk dan oleskan pelembab favorit Minasan.
source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/80548-kulit-putih-berseri-dengan-masker-kunyit-buatan-sendiri.html

7. Kunyit dan Kulit Cerah

Selain untuk wajah, kunyit juga bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Para putri keraton jaman dulu gemar membalurkan lulur kunyit ke tubuh mereka untuk merawat kulit. Pasti mau memiliki kulit cantik seperti putri raja, kan? Yuk simak cara membuat scrub alami dari kunyit ini!
youtube:TiTFi0C51Xg
source: https://www.youtube.com/watch?v=TiTFi0C51Xg
DIY: Turmeric Sugar Body Scrub - Skin Lightening
Nah, itulah manfaat-manfaat kunyit. Jangan remehkan bumbu dapur yang satu ini, ya! Dengan mengonsumsi kunyit, tubuh menjadi sehat dan kulit pun bebas dari radikal jahat!