1. Biaya Produksi Selangit

Pemain drama Korea ternyata memiliki  bayaran fantastis dalam setiap episodenya. Memang tidak semua sih, hanya artis-artis tertentu yang memang sudah diakui aktingnya. Salah satu rekomendasi drama Korea yang bayarannya fantastis adalah Yongpal yang menghadirkan artis Kim Tae Hee. Sebagai pemeran utama wanita di drama Korea ini ia dibayar sekitar 400 juta rupiah per episode dengan total 16 episode. Bisa ditotal kan berapa bayaran Kim Tae Hee dalam satu drama? Sekitar Rp 6,4 milyar lho! Bahkan selain KIm Tae Hee, ada juga artis yang bayarannya Rp500 juta hingga Rp1 M per episode. So, wajar saja jika dalam sekali pembuatan sebuah drama Korea terbaik biaya yang dikeluarkan bisa mencapai ratusan juta rupiah bahkan bisa mencapai miliaran.

 

source: https://id.pinterest.com

2. Properti yang Dipakai Serba Mewah

Salah satu hal yang menarik dari drama Korea adalah fashion yang digunakan para pemainnya. Tak jarang drama Korea terbaik dengan rating bagus atau jumlah penonton banyak membuat trend fashion dari apa yang dikenakan pemeran utamanya. Entah itu tas, sepatu, mantel atau bahkan kosmetik dan gadget. Tahukah kamu, bahwa untuk totalitas sebuah drama Korea, barang-barang yang dipakai terkadang tidak sewa, melainkan hasil membeli dan sebagian dari sponsor. Ketika dalam drama Korea diceritakan pemainnya adalah orang kaya yang memiliki barang barang serba mewah juga akan disediakan rumah mewah lengkap dengan isinya, mobil mewah, dll. Meskipun demikian, kebanyakan akan menggunakan barang-barang dari sponsor dalam negeri karena orang Korea terkenal sangat mencintai produk dalam negeri. Sebut saja seperti Hyundai ataupun handphone Samsung yang sering muncul dalam drama Korea.

 
source: https://id.pinterest.com
baca juga

3. Latar Tempat Wisata

Syuting drama Korea selain dilakukan di studio, biaanya juga dilakuakn di luar studio dan mengambil latar tempat-tempat wisata di Korea. Sebut saja Pulau Jeju atau Nami Island yang sudah terkenal atau tempat-tempat baru yang belum terlalu terkenal. Namun, ketika dimunculkan dalam drama Korea, tempat wisata baru tersebut mendadak bisa jadi terkenal. Rekomendasi drama Korea yang memiliki latar tempat wisata antara lain, Secret Garden dan Princess Hours yang syuting di Pulau Jeju atau yang baru Descendants of The Sun yang syuting di Samtan Art Mine dan akhirnya membuat tempat ini terkenal. Selain mendukung cerita drama Korea tersebut, tujuannya memang sekaligus mempromosikan keindahan pariwisata di tempat-tempat tersebut.

 
source: https://id.pinterest.com

4. Cinderella atau Princess Story

Entah kenapa dalam drama Korea tema kebanyakan temanya semacam Cinderella or princess story gitu. Jadi, pemeran wanita yang miskin, bodoh tetapi mempunyai cinta sejati dan tegar pada akhirnya bersanding dengan pria kaya raya. Biasanya cerita pertemuannya dimulai dengan saling membenci tetapi seiring berjalannya waktu keduanya jatuh cinta. Kebanyakan drama Korea sih garis besar ceritanya seperti ini meskipun ada bumbu-bumbu lainnya. Tapi, bukannya membosankan, hal tersebut justru menjadi keunikan tersendiri dari sebuah drama Korea.

 
source: https://id.pinterest.com
baca juga

5. Makanan dan Adegan Khas Drama Korea

Kok makanan khas drama Korea? Iya, karena hampir di setiap drama Korea muncul beberapa makanan ini. Ada kimchi, kimbap, jjampong, jajamyeon dan yang paling sering muncul adalah ramyeon. Tak hanya makanan saja, drama Korea juga sering memperlihatkan adegan minum air putih, menyikat gigi atau berbelanja di minimarket. Makan makanan atau beradegan seperti yang disebutkan tadi hampir ada di sebagian besar drama Korea.

 
source: https://id.pinterest.com

6. Soundtrack = Image

Percaya atau tidak, sebuah soundtrack dari drama Korea adalah sebuah image bagi drama Korea itu sendiri. Setiap staff dari drama akan ambil bagian dalam pemilihan soundtrack. Bahkan tak jarang, pemain drama Korea juga menyumbangkan suara untuk mengisi soundtrack. Ketika sebuah drama memiliki soundtrack yang enak didengar dan alur cerita yang bagus, dapat dipastikan drama tersebut akan memiliki rating yang bagus juga. Bahkan pernah juga soundtrack. sebuah drama dicari-cari terlebih dahulu ketimbang dramanya. Jadi, para pembuat drama Korea benar-benar tidak main-main dalam memilih ost untuk drama mereka.

 
youtube:pcKR0LPwoYs
source: https://www.youtube.com/watch?v=pcKR0LPwoYs
[도깨비 OST Part 1] 찬열, 펀치 (CHANYEOL, PUNCH) - Stay With Me MV

7. Penentuan Pemeran Drama Korea

Pemeran utama dalam drama Korea seringkali sudah ditentukan oleh penulis atau produser tanpa casting. Namun, ketika artis yang dipilih menolak peran tersebut, maka akan dilakukan casting. Biasanya untuk pemeran utama dipilih artis yang sudah terkenal atau booming. Selain pemeran utama, tak jarang drama Korea juga menghadirkan cameo seorang artis yang tak kalah terkenalnya dari pemeran utama. Hal ini sebenarnya berfungsi sebagai penyegar  drama Korea tersebut agar tidak monoton. 

 
source: https://id.pinterest.com