Hallstatt, Austria

Kampung Hallstat yang terletak di Austria ini sangat menawan layaknya negeri dongeng. Pemandangan alam yang sejuk dikelilingi pegunungan Alpen membuat desa ini banyak dikunjungi wisatawan luar untuk berlibur. Yang menarik dari kampung ini adalah wisata danaunya yang dinamakan Hallstattersee. Suasananya yang tenang ternyata telah menarik perhatian UNESCO dan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.
source: http://www.puzzlewarehouse.com/Hallstatt-Austria-1413bg.html
Untuk menuju kampungnya kita harus menggunakan kapal ferry berukuran sedang dengan harga €8 (Rp 111 ribu) pulang pergi, yang bisa kita temui dengan hanya berjalan sedikit saja ke arah belakang stasiun.
source: http://travel.detik.com/read/2015/03/14/123500/2831334/1025/3/#menu_stop

Gasadalur, Faroe Island, Denmark

Desa Gasadalur adalah satu-satunya desa di Pulau Faroe, Denmark. Desa ini tidak memiliki jalur penghubung dengan desa lainnya. Pada tahun 2004, sebuah terowongan berhasil dibangun untuk mempermudah penduduk yang populasinya tak lebih dari 20 jiwa ini bepergian ke desa lain. Meskipun telah dibangun terowongan, keindahan desa yang dikelilingi pegunungan ini tidak hilang. Pengambilan gambar yang diambil dari atas Pulau Mykines di seberang Pulau Faroe sangat cantik dengan keberadaan air terjun kecil yang menambah kesan layaknya negeri dongeng.
source: http://www.dpreview.com/galleries/1181733719/photos/556705/

Garmisch-Partenkirchen, Bavaria, Jerman

Garmisch- Partenkirchen adalah dua tempat berbeda di pegunungan Alpen, Jerman selatan. Selain bisa bermain ski di musim dingin, wisatawan juga bisa melakukan hiking di musim panas. Padang rumput yang hijau dan luas dengan rumah penduduk yang jaraknya cukup jauh, membuat lokasi ini benar-benar mirip dengan negeri dongeng. Selain berkunjung di kota kecil ini, Minasan juga bisa mengunjungi kastil Neuschwanstein yang terletak di lereng pegunungan Alpen, loh. Kastil ini berada di atas tebing di tempat terpencil yang konon menjadi tempat Raja Ludwig II untuk menjauh dari keramaian.
source: http://www.supervices.com/lifestyle/travel/photos-bavaria-beautiful-impressions/
Karena kota ini memiliki danau, berperahu di danau Alpine juga seru lho! Disini nggak susah kok untuk nemuin tempat rental sepeda dan perahu. Tapi kalo masih belum puas mengeksplor kotanya yang indah? Masih ada lagi trip yang nggak kalah seru, yaitu menaiki kereta cogwheel untuk naik ke puncak Gunung Zugspitze, atau duduk di dalam cable car (perjalanan kira-kira 10 menit) with amazing views!
source: http://www.gogirlmagz.com/blog/detail/garmisch-partenkirchen.html

Albarracin, Spanyol

Ingin menikmati kota kecil dengan suasana Abad Pertengahan? Datang saja di Albarrachin di Provinsi Teruel, Spanyol. Di sini Minasan akan disuguhi bangunan-bangunan yang terbuat dari material ringan yang berdiri di atas bukit. Bahkan hingga saat ini belum diketahui ada penduduk yang membangun rumah bergaya modern.
source: http://oletourspain.com/en/package/albarracin-teruel-valencia/
Rumah-rumah dari masa itu dibangun dengan kayu yang diplester, bahan-bahan yang bobotnya jauh lebih ringan ketimbang batu—faktor yang penting jika kita membangun di atas puncak bukit. Jendela-jendelanya yang kecil dengan gorden berenda serta teralis besi (4) juga menarik perhatian pengunjung. Pinggiran atap rumah yang tumpang-tindih, balkon kayu berukir, dan pengetuk pintu yang lain dari yang lain, yang sering kali berbentuk binatang, menambah keunikannya.
source: http://wol.jw.org/en/wol/d/r25/lp-in/102009247#h=3

Grindelwald, Swiss

Sepertinya keindahan kota kecil di sekitar Pegunungan Alpen tidak pernah habis, ya? Di Swiss, terdapat beberapa desa yang rupanya menjadi sumber inspirasi bagi JRR Tolkien menulis Trilogi Lord of The Rings. Salah satunya adalah Grindelwald. Keindahannya tampak melalui padang rumput yang luas nan hijau dan lekukan jalan menyerupai kota Shire, tempat tinggal Frodo. Grindelwald sendiri adalah salah satu kota tertua di antara kota kecil lain di kaki Pegunungan Alpen di Swiss dan menjadi tujuan wisata para turis asing. Tempat ini juga menyuguhkan tempat bermain ski.
source: http://www.allposters.com/-sp/Traditional-Houses-Wetterhorn-and-Grindelwald-Berner-Oberland-Switzerland-Posters_i6221074_.htm
Kota Grindelwald merupakan basis dari stasiun kereta bergigi. Stasiun ini menyediakan kereta gantung yang mengarah ke Murren, yang merupakan stasiun terakhir dari kereta gantung.
source: http://www.anneahira.com/swiss.htm

Colmar, Perancis

Setelah menikmati pemandangan bangunan masa abad pertengahan, Minasan juga bisa menikmati keindahan kota dengan bangunan era Tudor di Colmar, Perancis. Keindahan tempat ini terlihat pada warna-warni bangunan khas Tudor dan tampilan bunga-bunga di depan rumah-rumah kayu. Selain itu, Minasan juga bisa menikmati suasana kota ini di atas perahu yang mengelilingi kanal-kanal sungai di Colmar layaknya di Venice.
source: http://beautifulimages.co/colmar-france/

Bibury, Inggris

Ingin menikmati suasana desa di film Stardust? Minasan bisa mampir di Bibury, Inggris. Desa ini menampilkan keindahan bangunan abad ke-17 yang terbuat dari bebatuan. Tempat wisata yang cukup populer di Bibury ini adalah Arlington Row, yaitu jalanan kecil dengan deretan rumah-rumah batu yang dijadikan penginapan untuk wisatawan. Selain menikmati bangunan batu, Minasan juga bisa menikmati pemandangan Sungai Coln yang sangat jernih dan menjadi sumber pengairan untuk tambak ikan trout.
source: http://www.places-to-go.org.uk/Bibury_ArlingtonRow.htm
Arlington Row juga sering muncul di acara Televisi dan juga film, dua di antaranya film Stardust dan Bridget Jones’s Diary. Selain Arlington Row, masih ada banyak cottage-cottage tradisional yang bisa Anda lihat di Bibury, termasuk bangunan terbesar di Bibury yaitu Bibury Court yang sekarang menjadi hotel.
source: http://eropa.panduanwisata.id/inggris/sejarah/bibury-desa-paling-indah-di-inggris/http://eropa.panduanwisata.id/inggris/sejarah/bibury-desa-paling-indah-di-inggris/

Bled, Slovenia

Pemandangan unik di tengah Danau Bled, Slovenia adalah sebuah pulau yang terbentuk secara alami dengan bangunan gereja yang tampak seperti kastil. Dalam cuaca yang berkabut, pemandangan ini semakin terkesan mistis karena suasana yang tenang dan sunyi di sekitar danau. Gereja tersebut dipakai untuk melangsungkan pernikahan berdasarkan legenda yang dipercaya oleh warga setempat. Keindahan pulau ini yang tampak seperti negeri dongeng sering disebut pulau peri oleh para wisatawan.
source: https://www.pinterest.com/pin/498210777505520350/
Gereja bergaya Baroque ini menjadi destinasi pernikahan yang populer. Kabarnya, bila mempelai pria menggendong mempelai wanita menaiki 99 anak tangga gereja, maka akan membawa keberuntungan bagi pasangan tersebut. Ada juga legenda yang mengatakan bahwa bila Anda membunyikan lonceng bel gereja tersebut sebanyak tiga kali, maka permintaan Anda akan terkabul.
source: http://lifestyle.okezone.com/read/2014/03/12/544/954091/pulau-cantik-penuh-legenda-romantis

Hobbiton, Selandia Baru

Penasaran dengan lokasi syuting film The Hobbit dan The Lord of The Rings? Kota Shire yang menjadi tempat tinggal kaum Hobbit rupanya benar-benar ada di Desa Hobbiton, Selandia baru. Mulanya, tempat ini adalah sebuah peternakan bernama Alexander Farm yang menarik Peter Jackson, sang sutradara untuk dirombak menjadi negeri para Hobbit, Shire. Sejak film tersebut sukses, lokasi ini pun akhirnya dijadikan desa wisata untuk menarik banyak wisatawan.
source: http://www.travelistamarketing.com/blog/hobbiton-new-zealand-gears-surge-tourism
Untuk bisa mengikuti tur Hobbiton ini, kamu akan dikenakan biaya mulai dari NZ$ 200 (sekitar Rp 1,7 juta). Dengan harga itu kamu bisa berkeliling dan menginap satu malam di dalam rumah Hobbit. Pemandu Wisata akan mengajak kamu berkeliling lokasi Hobbiton dan memasuki rumah bawah tanah para Hobbit. Semuanya persis sama seperti yang kamu lihat di film Lord of the Rings!
source: http://www.jalanjajanmurah.com/ini-dia-obyek-wisata-hobbiton-negeri-para-hobbit/